Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Sabtu, 03 Februari 2018

Cara Mengambil Screenshot di Laptop/PC Windows 7,8 dan 10

Screenshot, screen capture atau tangkapan layar adalah kegiatan mengambil gambar dari layar suatu perangkat seperti komputer, laptop, notebook, tablet dan smartphone. Dengan adanya fitur screenshot, kita bisa menangkap informasi yang ada pada layar, baik itu berupa foto maupun tulisan.


1. Mengambil Screenshot dengan Menekan Tombol Print Screen


Untuk mengambil screenshot di laptop, mari kita mulai dari cara yang paling mudah terlebih dahulu. Cara ini juga paling sering digunakan karena sangat simple, kamu hanya perlu menekan tombol Print Screen. Meski banyak yang sudah menggunakan cara ini, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa menjadi beberapa pilihanmu misalnya yaitu :
  • Mengambil screenshot tanpa menyimpan file secara otomatis dan hanya disimpan ke clipboard
  • Mengambil screenshot dan otomatis disimpan menjadi file
  • Mengambil screenshot hanya satu jendela yang aktif dan bukan full screen
Mari kita bahas cara menangkap layar laptop satu per satu.

a.) Mengambil Screenshot Tanpa Menyimpan File Secara Otomatis (PrtScn)

Untuk menggunakan cara ini, carilah tombol Print Screen yang biasanya diberi nama PrtScn, PrntScrn, PrintScr atau PrtSc pada keyboard. Letak tombol ini biasanya berada pojok kanan atas keyboard. Kalau sudah ketemu, tekan tombol tersebut.

Setelah kamu menekan tombol tadi, tidak akan terlihat muncul apa-apa namun layar tersimpan dalam clipboard (menyalin gambar layar). Untuk menuimpannya, kamu hanya perlu melakukan Paste saja pada program edit gambar seperti Paint atau Photoshop. Kamu bisa menekan tombol CTRL + V di keyboard atau melakukan klik pada icon paste di program editor tersebut.

Setelah itu, kamu bisa Save As untuk menyimpan gambar ke harddisk internal.

Cara ini memang sangat mudah dilakukan, namun kita belum bisa memotret gambar layar secara keseluruhan. Kalau kamu ingin memotret bagian tertentu, kamu harus melakukan crop pada gambar yang kamu jepret tadi.

Kalau ingin lebih lengkap, mari kita lanjut ke poin pembahasan selanjutnya…

b.) Mengambil Screenshot dan Menyimpan File Secara Otomatis (Win + PrtScn)

Cara yang satu ini sebenarnya hanya bisa digunakan untuk Windows 8.1 dan Windows 10 karena memang fitur ini termasuk keluaran baru. Caranya cuma tekan tombol Windows key + Print screen lalu layar akan berkedip/flash seketika.
Kalau sudah begitu, artinya screenshot sudah tersimpan di folder Pictures > Screenshot. Kamu bisa melakukan screenshot berkali-kali dengan lancar tanpa secara otomatis tanpa perlu ribet masuk ke image editor.

c.) Mengambil Screenshot Hanya Aplikasi Aktif (ALT + Prnt scrn)

Sebenarnya cara ini mirip dengan cara pertama, bedanya hasil screenshot yang akan tampil hanya jendela program atau aplikasi yang sedang digunakan saja, bukan layar penuh. Caranya kamu cukup tekan ALT + Prnt scrn, lalu buka program editor paint atau photoshop. Setelah itu klik kanan > Paste atau tekan CTRL + V. Hasil jepretannya hanya akan memunculkan jendela aplikasinya saja tanpa background layar.

Kekurangan cara ini sebenarnya sama dengan cara pertama, kita belum bisa mengatur area screen shot dengan leluasa. Namun cara ini lebih efektif jika menginginkan hasil gambar yang ada pada program berjalan.

2. Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Snipping Tool


Pada poin sebelumnya kita mengambil screenshot tanpa aplikasi, namun sekarang kita akan membahas cara screenshot dengan aplikasi bernama Snipping Tool. Sebenarnya aplikasi ini merupakan bawaan dari sistem operasi Windows, jadi kamu bisa langsung menggunakannya tanpa install terlebih dulu.

Kalau kamu tertarik menggunakan cara ini, simak langkah berikut:

Pertama, buka menu Start lalu ketik Snipping Tool di kolom pencarian. Kalau sudah ketemu, buka aplikasi tersebut sesegera mungkin.

Setelah aplikasi terbuka, coba atur terlebih dahulu posisi aplikasinya dimana agar tidak menutupi gambar yang ingin di screenshot. Kamu bisa klik New dan pilih salah satu opsi berikut ini:
  • Free-form Snip : Mengambil screenshot untuk menyeleksi secara bebas dan tidak beraturan.
  • Rectangular Snip : Mengambil screenshot untuk menyeleksi layar secara kotak persegi.
  • Window Snip :  Mengambil screenshot untuk bagian tertentu saja (program yang aktif) sama seperti metode ALT + Prnt scrn.
  • Full-screen Snip : Mengambil screenshot untuk satu layar penuh sama seperti cara yang pertama.
Kalau kamu memilih full-screen biasanya sudah akan masuk ke mode editor, jadi kamu tinggal menyimpannya saja. Sedangkan kalau screenshot beberapa bagian saja, maka kamu harus menentukan area gambar terlebih dahulu dengan cara drag menggunakan kursor.

Terakhir, kamu bisa menyimpannya dengan menekan CTRL + S pada tombol keyboard.

3. Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Lightshot


Aplikasi gratis yang satu ini bisa memotret layar dengan sangat baik da nada fitur edit seperti menambah coretan, tulisan dan sebagainya. Sebelum menggunakannya, kamu harus mendownlod aplikasi lightshot terlebih dahulu.

Cara menggunakan lighsot juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut:
  • Tekan tombol Prnt Scrn pada keyboard laptop/komputermu.
  • Selanjutnya, tentukan area yang hendak di simpan gambarnya (screenshot). Saat proses pengambilan gambar ini, kamu bisa mengedit gambar sesuka hati dengan menambah garis petunjuk, menambah warna, menambah tulisan dan masih banyak lagi. Ada beberapa varian editing yang layak kamu coba.
Akhirnya, kita sudah berada pada penghujung artikel. Dengan adanya artikel ini, kamu bisa melakukan menangkap tampilan layar dengan sangat mudah dan cepat. Berbagai tulisan atau gambar yang penting bisa kita screenshot dengan sangat mudah dan cepat kalau kita tahu caranya. Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan cara yang pertama, soalnya sudah jadi kebiasaan saya saja. Nah, menurutmu mana yang paling mudah untuk dicoba?

Yakin gak mau komentar? Ntar nyesel loh. Tapi ingat, jangan menaruh link aktif, OOT dan SPAM ya guys! Komentar seperti itu akan kami hapus peredarannya. Seperti menghapus bayangan mantan di dalam hati yang rapuh ini.

 
Back To Top