Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 13 Juni 2017

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dengan Mudah

Cara atasi laptop tidak bisa connect wifi - Kemajuan zaman dan juga teknologi kini semakin berkembang dengan sangat pesatnya. Bahkan sudah banyak sekali penemuan-penemuan baru yang ditemukan seperti adanya alat-alat teknologi, kemudian adanya perkembangan dunia internet, dan lain sebagainya.

Keadaan yang seperti ini tentu saja membuat banyaknya kegiatan masyarakat akan menjadi lebih mudah dan juga lebih ringan, salah satunya dengan adanya laptop.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dengan Mudah
Seperti yang kita tahu, laptop adalah sebuah benda yang bisa dibawa kemana saja dan memiliki cukup banyak fungsi diantaranya untuk mengetik, kemudian untuk bermain game, lalu membuat laporan, dan lain sebagainya.
Dengan adanya laptop ini juga bisa mempermudah pekerjaan seseorang apalagi ditambah dengan adanya internet. Internet inilah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam hal misalkan mencari bahan-bahan pelajaran, kemudian mencari berbagai macam informasi, dan lain sebagainya. 

Namun dengan memiliki sebuah laptop tentu saja Anda tidak akan mungkin jika tidak memiliki kendala. Ada beberapa kendala saat connect dengan sambungan internet. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi dengan mudah, mau tahu apa sajakah caranya?

Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dengan Mudah


Sebelum membahas bagaimanakah cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi dengan mudah, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apa sajakah penyebab laptop tidak bisa connect dengan wifi, beberapa penyebabnya adalah:

1. Tombol wireless network wifi pada laptop belum diaktifkan atau belum on, pertanda apakah wireless ini sudah menyala atau belum adalah lampu yang akan menyala pada bagian tombol yang ada di keyboard laptop Anda (tergantung laptop Anda merk apa dan keluaran berapa, masing-masing laptop berbeda-beda).

2. Memastikan apakah modem atau access point internet yang ada di sekitar Anda menyala atau tidak. Biasanya jika Anda memiliki modem sendiri, maka modem yang Anda miliki jika sudah menyala maka lampunya akan berwarna kuning.

3. Driver ethernet control atau wifi yang ada di laptop Anda belum terinstal, maka sebaiknya install lterlebih dahulu Ethernet control ini.

4. Setting network connection yang ada di laptop Anda itu salah. Pada umumnya setting yang digunakan untuk connect dengan internet atau dengan wifi yaitu dengan mengubah setting ss atau proxy sehingga nantinya akan connect dengan wifi.

5. Salah dalam memilih internet access yang ada. Bagi seseorang yang mungkin baru saja memiliki laptop lalu akan menyambungkannya dengan internet khususnya dengan wifi maka akan memilih jaringan wifi.id memang wifi ini sering muncul di berbagai tempat. Namun dengan memilih jaringan tersebut tentu saja Anda tidak akan bisa tersambung pada jaringan internet Anda.

6. Salah password. Penyebab komputer tidak bisa connect dengan wifi yang lainnya yaitu Anda lupa untuk memasukan password. Jika Anda pergi ke beberapa tempat dengan adanya wifi yang disediakan tentu saja tempat tersebut akan memberikan password agar tidak semua orang mengetahuinya.

Maka dari itu jika Anda tidak menuliskan password nya dengan benar maka laptop Anda tidak akan connect pada jaringan internet khususnya wifi.

7. Memastikan airplane mode dalam posisi off. Namun hal ini hanya berlaku jika Anda memiliki laptop dengan spesifikasi Windows 8 atau yang tingkatannya lebih tinggi dari Windows 8.

8. Lampu indikator yang terus menyala. Jika lampu indikator yang ada di laptop Anda akan terus menerus menyala, maka biasanya hal ini adalah kerusakan yang terjadi ada hardware komputer Anda yang otomatis tidak akan membuat jaringan wifi ini akan terdeteksi di laptop Anda.

Di atas merupakan beberapa contoh penyebab yang membuat laptop Anda tidak bisa connect dengan internet khususnya dengan wifi. Kemudian bagaimanakah cara setting wifi di laptop?

Berikut beberapa cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect ke wifi:
  • Pertama, pilih menu start yang ada di laptop Anda, kemudian pilihlah control panel, lalu Anda bisa pilih lagi network dan internet jangan lupa untuk Anda klik, kemudian selanjutnya klik network and sharing center, kemudian pilih dan klik lagi change adapter setting.
  • Kedua, klik kanan pada wireless connection, kemudian Anda pilih properties.
  • Ketiga, jika sudah Anda pilih properties maka selanjutnya yaitu dengan double klik pada internet protocol version 4.
  • Keempat, selanjutnya yaitu Anda memilih obtain an IP address automatically dan juga memilih obtain DNS.
  • Kelima, jika sudah, maka Anda bisa menekan klik ok. Dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah notification area yang ada di laptop Anda yang terdapat simbol segitiga kuning yang ada tanda seru nya sudah hilang atau belum. Jika sudah, maka Anda bisa dengan mudahnya untuk mengakses internet.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa connect dengan sambungan internet khususnya wifi.

Namun apa yang terjadi jika laptop masih saja tidak bisa connect dengan wifi? Hal tersebut biasanya disebabkan oleh masalah yang ada pada driver network nya. Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini:
  1. Pertama, klik kanan pada My computer, kemudian Anda pilih lagi manage.
  2. Kedua, Anda klik lagi yaitu device manager.
  3. Ketiga, jika sudah Anda klik, maka selanjutnya klik lagi pada network adapters. Jika Anda melihat ada sebuah tanda tanya dengan warna kuning, maka memang terdapat masalah pada driver atau Anda belum menginstalnya. Install dulu driver tersebut agar bisa terkoneksi ke internet.
  4. Keempat, jika Anda sudah menginstal drivernya, maka tidak akan ada lagi gambar tanda tanya dengan warna kuning. Dan wifi pun sudah bisa Anda gunakan di laptop Anda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi dengan mudah dan juga di atas sudah disebutkan hal-hal yang menyebabkan laptop tidak bisa connect ke internet menggunakan wifi.

Jika Anda mengikuti beberapa langkah-langkah di atas untuk connect laptop dengan wifi, maka tentu saja Anda sudah bisa menggunakan laptop dengan sambungan internet yang bisa Anda gunakan untuk menonton video, download film, download lagu, dan lain sebagainya. 

Apabila beberapa cara di atas masih tidak bisa membuat komputer Anda connect dengan internet khususnya dengan wifi, ada kemungkinan bahwa LAN card (hardware akses internet) di laptop Anda rusak.

Maka dari itu, ada baiknya Anda pergi ke toko resmi dimana tempat Anda membeli laptop atau Anda bisa mengunjungi Service Center khusus laptop yang ada di kota Anda. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu dan juga dapat bermanfaat.
 
Back To Top