Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 09 November 2018

Pengertian Repeater dan Fungsinya Pada Jaringan

Pada saat internetan menggunakan Wi-Fi, ada moment dimana koneksi internet tidak lancar dan sering request time out. Setiap pengguna yang langganan paket data tentu merasa sebal terkait hal tersebut. Meski jaraknya tidak terlalu jauh, koneksi internet juga kerap terganggu. Apalagi kalau kita menaruh laptop atau komputer jauh dari transmitter Wi-Fi, pasti ada saja kendala pada koneksinya

Semisal ada beberapa ruangan yang membatasi jangkauan, maka pancaran sinyal dari Wi-Fi tidaklah maksimal. Belum lagi adanya noise seperti dinding tembok yang akan mengakibatkan koneksi semakin tidak lancar.

Untuk mengatasi sinyal lemah karena berbagai gangguan, kita memerlukan perangkat yang dinamai “Repeater”. Bentuk perangkat ini menyerupai box dengan antena sebagai pemancar. Antena yang dipasang biasanya ada 2 dan pada beberapa model bahkan tidak menggunakan antena sama sekali.
Pengertian Repeater
Repeater - nesabamedia.com
Lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Repeater

Repeater adalah sebuah perangkat yang fungsinya untuk menerima dan menguatkan sinyal di dalam jaringan. Dengan perangkat ini, sinyal yang lemah bisa menjadi lebih kuat karena jangkauan koneksinya menjadi lebih luas.

Repeater akan menerima sebuah sinyal lalu memancarkan kembali sinyal yang mirip dengan sinyal awal namun menggunakan metode berbeda. Pada banyak kasus, repeater ini akan memancarkan kembali sinyal dalam frekuensi yang berbeda dari frekuensi asal. Sesuai dengan fungsinya (menguatkan sinyal), perangkat ini juga sering dikenal sebagai Wi-Fi Booster atau Wi-Fi Extender.

Repeater yang ada di pasaran memiliki berbagai tipe seperti:
  • Radio Repeater
  • Telephone Repeater
  • Optical Communications Repeater
Masing-masing jenis memiliki peranan dan fungsi yang berbeda. Radio Repeater tentu ditujukan untuk memperkuat sinyal radio. Perangkat ini kebanyakan memiliki 1 antena dengan kemampuan sebagai transmitter maupun receiver. Repeater jenis ini umumnya mengubah frekuensi sinyal yang diterima sebelum dipancarkan kembali ke jangkauan yang lebih luas.

Radio repeater memiliki beberapa jenis seperti passive repater, relay station, microwave relay, digipeater, dan cellular repeater. Contoh dari radio repeater yaitu Wifi Repeater. Sinyal Wi-fi yang ada pada jaringan komputer biasanya menggunakan jenis repeater ini.

Selanjutnya, ada telephone repeater. Repeater jenis ini digunakan pada saluran telepon untuk memaksimalkan jangkauan sinyal. Umumnya, sinyal akan tergradasi karena jangkauan yang luas dan jauh.

Maka dari itu, penggunaan repeater memiliki peranan penting. Karena kalau tidak, sinyal yang ditangkap ponsel menjadi buruk dan kurang stabil. Karena sinyal yang dikirim melalui 2 arah, maka repeater jenis ini jauh lebih kompleks dibanding repeater jenis lain.

Sistem kerja yang digunakan juga tidak boleh ada gangguan antara gelombang sinyal satu dengan lainnya. Kalau ada yang bertabrakan, maka jalur komunikasi akan terganggu. Selain penggunaan sinyal di darat, repeater jenis ini juga dimanfaatkan untuk komunikasi di bawah laut. Dikenal dengan istilah Submarine Cable Repeater.

Jenis repeater terakhir yaitu OCR (Optical Communications Repeater). Fungsi repeater ini yaitu untuk memperkuat jangkauan sinyal di dalam kabel fiber optik. OCR mampu menguatkan sinyal dengan fototransistor yang fungsinya untuk mengubah pulsa cahaya ke dalam sinyal elektrik. Nantinya, sinyal akan diperkuat lagi oleh amplifier dan diubah kembali menjadi pulsa cahaya berkat sinar laser.

Kendati demikian, model fiber optic zaman sekarang sudah tidak perlu melakukan transformasi pulsa dan sinyal. Alur kerjanya jadi lebih sederhana dan lebih baik dibanding jenis fiber optic sebelumnya.

Fungsi Repeater

Fungsi repeater digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan. Perangkat repeater sudah dirancang untuk menerima sinyal dari transmitter yang selanjutnya diperkuat. Jika sinyal sudah diperkuat, maka repeater akan menyebarkan kembali sinyal. Jadi, jangkauan Wi-fi bisa lebih kuat dan menyebar luas.

Kesimpulan

Pada dasarnya repeater sangat berguna untuk penguatan sinyal dalam jaringan. Saat sinyal melemah, kita bisa memanfaatkan perangkat ini agar sinyal menjadi lebih kuat.

Sumber: nesabamedia.com

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top