Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 28 November 2017

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara/Mati

Cara memperbaiki speaker laptop yang mati atau tidak bersuara sebenarnya gampang-gampang susah. Kamu perlu mencoba beberapa kali hingga menemukan problem solving yang sesuai.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara/Mati

Ada kalanya speaker laptop menjadi tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Dalam hal ini, kita sebagai pemiliki laptop biasanya akan langsung berpikiran untuk membawanya ke service senter terdekat. Padahal, sebenarnya kita mungkin masih bisa mengatasinya.

Beberapa penyebab speaker laptop tidak bersuara itu bervariasi, namun biasanya dikarenakan gangguan pada softwarenya saja.

Cara Memperbaiki/Mengatasi Speaker Laptop yang Tidak Bersuara atau Mati


Sebelum Anda mencoba memberbaikinya, coba pastikan beberapa hal berikut ini:
  • Speaker laptop Anda tidak dimute atau dinonaktifkan.
  • Volume speaker sudah berada pada 50% atau lebih.
Jika sudah dipastikan namun ternyata masih belum jadi, kamu harus mencoba hal-hal lain seperti berikut ini…

Memperbaiki Speaker Laptop Mati dengan Mengecek Software

1. Atur Settingan Speaker Sebagai Default

Untuk mengatasi permasalahan ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari icon ‘sound’ atau ‘speaker’ pada taskbar. Bila laptop kamu muncul logo headset, maka laptop kamu sudah disetting ke mode headphone atau headset. Hal inilah yang menyebabkan laptop kamu tidak bisa bunyi sama sekali.

Logo yang sebenarnya harus muncul yaitu logo speaker. Nah cara manualnya adalah sebagai berikut:
  • Klik kanan pada icon speaker pada taskbar (biasanya pojok kanan bawah), lalu muncul berbagai opsi. Pilihlah playback device.
  • Saat ikon speaker yang sebenarnya sudah ada, klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih set as Default Device.
  • Bila gambar speaker pada langkah di atas belum muncul di layar, coba klik kanan pada bagian yang kosong. Setelah itu, beri centang (cek list) pada opsi Show Disabled Devices.
  • Biasanya gambar speakers akan tertera tulisan Disabled. Maka dari itu, coba klik kanan lagi pada gambar speakers lalu pilih enabled. Setelah itu, jadikan speakers menjadi Default.
  • Sampai di sini seharusnya laptop Anda sudah berbunyi lagi.
Tambahan:
Setelah menginstall ulang sistem operasi Windows, speaker tiba-tiba tidak bersuara sama sekali padahal sebelumnya ada suara, bagaimana cara mengatasinya?
Sebenarnya simpel, coba ikuti langkah berikut ini…
Setelah install ulang windows, jangan coba menginstall driver apa pun apalagi dengan menggunakan kumpulan driver seperti driver pack solution. Biarkan saja driver tetap seperti itu terlebih dahulu.

Coba cek suara speaker dari laptop kamu, seharusnya laptop masih bisa bersuara. Hal ini dikarenakan semua installer windows baik itu windows 7, 8, 8.1, atau 10 sudah memiliki driver sound standard. Lakukan pengecekan sambil memutar music bawaan bila ada.

2. Periksa atau Update Driver

Jika ternyata laptop masih bisa bersuara, maka kemungkinan ada masalah pada drivernya. Mungkin ada beberapa driver yang menyebabkan crash, corrupt atau tidak cocok dengan driver sound. Kemungkinan lainnya, kartu grafis yang kamu miliki tidak sesuai dengan driver. Hal ini mungkin bisa menyebabkan laptop kamu tidak bersuara.

Pastikan selalu seluruh driver yang ada pada laptop kamu sudah terinstall semua. Coba buka device manager, lalu lihat pada bagian sound driver. Bila ternyata ada ikon segitiga disertai tanda pentung, itu berarti driver laptop kamu belum terpasang.

Kamu harus mendownload driver nya dari situs resmi laptop kamu. Setelah itu, install drivernya dengan baik. Jika kamu tidak menginstallnya dengan benar atau keliru, maka soundcard dan speaker laptop tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara dengan Menginstall Codec

Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebab tidak keluarnya suara pada laptopmu yaitu belum adanya codec atau pemutar file suara. Saat ingin memutar music laptop kamu tentu akan mengalami kesulitan saat membaca suara yang ingin diputar.

Bagi yang belum tahu, codec adalah semacam driver yang diperlukan oleh program yang dijalankan untuk membaca data-data suara yang telah ditulis dalam beberapa format seperti 3gp, mp3, mp4, MKV dan lain sebagainya.

Meski kamu sudah menginstall semua driver dengan baik, namun bila tidak ada codec maka suara dari laptopmu tidak akan bisa keluar. Mungkin bisa keluar, tapi mungkin tidak akan bisa maksimal.

Kamu bisa menginstall aplikasi codec seperti K-Lite Cocec Pack, VLC Media Player atau GNOMP.

4. Cara Mengatasi Laptop Tidak Bersuara/Mati dengan Antivirus

Selain beberapa hal di atas, penyebab lain yang bisa mengakibatkan speaker mati adalah serangan virus. Bisa saja ada virus berbahaya yang menyerang local disk drive sehingga menyebabkan laptop tidak bisa bersuara.

Untuk itu, selalu gunakan antivirus yang terpercaya untuk melindungi berbagai ancaman. Bukan hanya speaker saja, bagian lain juga bisa terkena dampaknya.

Bila semua cara di atas belum berhasil juga, kemungkinan ada permasalahan pada sisi hardware. Komponen speakers bisa saja rusak sewaktu-waktu tanpa kita duga sebelumnya.

Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bersuara dengan Mengecek Hardware

1. Memperbaiki Speaker Laptop yang Mati dengan Mengganti Kartu Suara (Sound Card)

Berbagai suara yang keluar dari laptop kamu, baik itu melalui program atau game yang kamu jalankan sejatinya dihasilkan dari sound card. Perangkat ini mampu menerima intruksi dari prosesor untuk mengeluarkan suara atau bunyi tertentu. Dengan begitu, perangkat ini mampu melakukan konversi input data menjadi output yang menghasilkan suara melalui speaker.

Jika perangkat ini rusak, tentu saja suara yang akan diproses speaker menjadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan kondisi laptopmu tidak mau mengeluarkan suara.

Nah, bila kamu mengalami kerusakan pada perangkat ini, kamu tentu harus menggantinya dengan yang baru. Letak dan jenis soundcard tentu berbeda-beda sesuai dengan model dan vendor dari laptop itu sendiri. Sebelum kamu menggantinya, coba periksa spesifikasi kartu suaranya. Selain itu, kamu juga harus melakukan installasi driver agar bisa berjalan dengan optimal.

2. Mengatasi Laptop Tidak Bersuara dengan Mengganti Speaker

Tugas utama dari speaker adalah mengeluarkan bunyi atau suara sesudah diproses oleh sound card yang ada pada laptop. Selain sound card yang rusak, penyebab lain kenapa laptop tidak bisa bersuara mungkin dikarenakan speaker yang rusak.

Dalam hal ini, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah permasalahannya ada pada speaker. Jika memang letak masalahnya di situ, cobalah untuk menggantinya. Bila kamu tidak bisa menggantinya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan tukang service di kota terdekat.

3. Membawa ke Service Center Terkedat

Seperti biasa, bila laptop kamu belum bisa diperbaiki juga, maka langkah terakhir adalah dengan membawanya ke tukang service. Meski memerlukan biaya tambahan, namun mungkin cara ini adalah yang terbaik.

Baca juga:
Nah, mungkin itu saja beberapa cara memperbaiki speaker laptop yang mati atau tidak bersuara. Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptop kamu.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top