Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 05 Maret 2018

Cara Memilih Windows untuk Komputer & Laptop yang Cocok

Memilih Windows untuk komputer atau laptop sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu memastikan spesifikasi kita cocok untuk di install salah satu versi Windows. Hingga saat ini, kita pasti mengenal berbagai versi Windows mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Masing-masing sistem operasi tentu memiliki fitur dan ciri khas yang berbeda-beda.

Cara Memilih Windows untuk Komputer atau Laptop

Pada beberapa komputer atau laptop, mungkin saja ada OS yang tidak kompatibel atau kurang lancar saat digunakan. Ini tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan karena pastinya kita tidak mau komputer/laptop kita tiba-tiba ngelag karena sistem operasi yang tidak cocok.

1. Pastikan Spesfikasi Komputer/Laptop Bisa Mendukung OS Windows

Coba perhatikan seberapa bagus spesifikasi komputer/laptop yang kamu miliki. Kamu harus tahu tipe, versi dan kapasitas hardware pada perangkat yang kamu gunakan.

Untuk mengeceknya, kamu bisa mengeceknya melalui DirectX atau dengan cara manual. Carilah opsi “This PC” lalu klik kanan dan pilih properties. Setelah itu, maka akan tampil informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptop yang kita gunakan.

Setelah  mengetahui spesifikasi kita, selanjutnya kita cari informasi mengenai standar requirement sebuah sistem operasi. Misalnya apa saja yang dibutuhkan dengan versi apa saja yang cocok untuk digunakan. Dalam hal ini, kamu bisa mencari informasi di situs resmi Microsoft atau web lain yang membahas hal serupa.

Dengan memahami spesifikasi yang dibutuhkan komputer dan sistem operasinya, kita bisa meminimalisir kondisi hang, lag dan hal-hal yang tidak diinginkan. Nantinya, komputer atau laptopmu akan bekerja dengan lebih maksimal.

Tidak kalah pentingnya, kamu juga harus mengecek ketersediaan driver komputermu. Jangan sampai sudah install Windows malah banyak driver yang tidak bisa diinstall. Untuk itu, kamu benar-benar harus memastikan antara driver, hardware dan OS bisa saling bekerjasama alias kompatibel.

2. Pilih Sesuai Kebutuhan

Agar komputer atau laptop bisa bekerja dengan lebih optimal, pilihlah versi Windows yang memang benar-benar kamu butuhkan. Kalau kamu ingin memakai komputer untuk hal-hal yang biasa seperti menulis, browsing dan streaming, kamu bisa menggunakan Windows 7. Selain karena tampilannya yang simple, Windows versi ini juga sangat userfriendly bagi pengguna awam sekalipun.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Windows 8 dan Windows 10 untuk keperluan bisnis dan professional. Alasannya karena fitur-fitur yang digunakan sudah diperbarui dan sangat cocok untuk urusan pekerjaan kantor. Belum lagi desain metro news yang benar-benar membawa ciri khas tersendiri bagi para business man dan manager.

Untuk Windows XP, Windows Vista atau Windows Server, kamu bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan jaringan. Sistem operasi ini cocok digunakan untuk Warnet, billing jaringan dan hal-hal terkait installasi jaringan.

3. Kalau Spek Komputer Minim, Pilihlah Windows 7 ke Bawah

Kalau spesfikasi komputernya gahar, maka versi Windows apapun masih bisa digunakan dengan baik. Lain halnya kalau spek komputernya minim dan mengenaskan. Mau tidak mau harus menggunakan versi Windows yang tidak membutuhkan resource tinggi dan kinerjanya relatif stabil. Hal ini ditujukan agar komputer tidak berat saat bekerja dan meminimalisir ngelag atau hang saat digunakan.

Rekomendasi terbaik untuk spek low-end yaitu Windows XP dan Windows 7. Kalau Windows 7 masih terlalu berat, maka pilihlah Windows XP saja.

Seperti yang kita tahu, Windows XP ini merupakan versi Windows keluaran jaman dulu. Komputer yang menggunakannya pun tentu saja memiliki spek yang tidak se-gagah zaman sekarang. Dulu prosesornya saja mungkin masih mengandalkan Intel Pentium dan RAM masih 1 GB bahkan kurang.

Maka dari itu, saya rasa menggunakan Windows XP merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan.

Sementara itu, kalau laptopmu sudah menggunakan Intel Core Duo atau Intel Celeron dan RAM 1GB maka gunakanlah Windows 7. Saya rasa, untuk spesifikasi komputer ukuran seperti itu masih bisa menggunakan Windows 7 tanpa ngelag.

Lebih dari spesifkasi komputer di atas, maka jenis Windows apapun bisa digunakan. Entah itu Windows 8, 8.1 atau 10, kinerjanya pasti masih sangat-sangat lancar apabila tidak ada hal-hal yang membuat ngelag seperti virus, game berat dan penyebab lainnya.

4. Untuk Gamer, disarankan Pilih Windows 7 dan Windows 10

Saya rasa, Windows 8 performanya tidak begitu bagus untuk bermain game dibandingkan dengan Windows 7. Karena selain kurang stabil untuk gaming, OS ini ternyata kurang cocok untuk memainkan game-game berat. Konon katanya, banyak gamers yang mengalami crash dan hang saat bermain game dengan OS Windows 8.

Untuk Windows 10 sendiri, sepertinya saat ini sudah semakin bagus dan terus diperbarui. Komputer atau laptop gamers seperti Asus ROG juga banyak yang sudah menggunakan OS terbaru ini. Jadi, saya rasa menggunakan Windows 10 bukanlah masalah yang berarti. Namun yang jelas, menggunakan Windows 7 masih menjadi yang paling ciamik untuk aktivitas gaming.

Lalu bagaimana dengan XP dan Vista? Kalau kamu ingin lebih mulus saat gaming, dua varian Windows ini juga bisa bagus untuk digunakan. Sayangnya, mungkin tampilannya kurang userfriendly dibanding Windows 7. Ya, sebenarnya ini masalah selera dan kebutuhan saja sih.
Windows 8 kurang cocok, Windows 10 not bad, Windows 7 mantap, Windows XP/Vista alternatif.
Sampai sini, saya rasa kamu sudah sedikit mengerti.

5. Pilih OS Terbaru

Kalau spesifikasi komputer sudah mengikuti perkembangan zaman sekarang, maka memilih Windows untuk komputer yang paling cocok adalah jenis Windows terbaru.

Perlu kamu tahu, sistem operasi terbaru tentu memiliki fitur yang paling up-to-date dibanding versi-versi sebelumnya. Dukungan dari vendor pun sangat maksimal, terlebih karena ada fitur Windows Update pada setiap versi Windows.

Desain, warna, fitur dan program dari Windows yang terbaru juga lebih bagus dari berbagai sisi. Meskipun begitu,

Kesimpulan

Demikianlah cara memilih Windows untuk komputer atau laptop. Sebenarnya pemilihan ini didasarkan pada kebutuhan dan selera. Kita bisa memilih mana yang cocok dan layak kita gunakan untuk berbagai keperluan. Mari kita simpulkan kembali secara singkat.
  • Windows XP : Cocok digunakan untuk komputer atau laptop yang minim spesifikasi (low-end). Bisa juga untuk aktivitas gaming berat agar kinerja komputer semakin lancar jaya. Kelemahannya OS ini sudah didukung lagi oleh Microsoft, jadi mungkin saja OS ini rawan hack dan kena virus.
  • Windows Vista : Penggunaannya mirip dengan Windows XP, dukungan dari pengembang juga sepertinya sudah tidak ada lagi. Keunggulan OS ini yaitu tampilannya yang lebih user friendly dibanding XP karena menyerupai Windows 7.
  • Windows 7 : Cocok digunakan untuk segala kebutuhan. Windows 7 juga termasuk salah satu yang paling stabil dan paling mudah digunakan bagi pengguna. Wajar jika OS ini termasuk yang paling laris digunakan oleh pengguna sepanjang sejarah karir Microsoft.
  • Windows 8 dan Windows 8.1 : Jujur saja, saya sangat SEBAL dengan versi Windows yang satu ini. Entah kenapa, saat melihatnya saja saya langsung males menggunakannya. Menurut saya, OS versi ini cukup ribet dan sangat tidak cocok digunakan untuk pengguna yang ingin efisien. Penggunaan yang paling cocok untuk Windows 8 mungkin untuk kalangan bisnis dan laptop dengan layar touchscreen.
  • Windows 10 : Meski tidak semudah Windows 7, namun saya rasa Windows 10 merupakan OS terbaik Microsoft saat ini. Dari segi tampilan, sepertinya Microsoft ingin menggabungkan kepraktisan Windows 7 dan tampilan metro dari Windows 8. Untuk berbagai keperluan, saya rasa OS ini sudah sangat membantu. Namun, untuk komputer dengan spesifikasi rendah bisa saja akan ngelag saat menggunakan OS ini. Jadi, pertimbangkan baik-baik ya.
Yaps, itulah perbandingan berbagai versi Windows yang cocok untuk digunakan oleh komputer atau laptopmu. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Kalau saya disuruh memilih, saya akan memilih Windows 7 dan Windows 10. Dua versi Windows ini merupakan yang paling bagus menurut saya. Terus, kamu pilih yang mana?

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top