Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 01 Maret 2018

Cara Format Flashdisk dan Harddisk di Mac, Super Mudah!

Flashdisk seperti yang kita tahu merupakan penyimpanan eksternal yang digunakan untuk memindahkan dan menyimpan file-file yang kita miliki. Dalam penggunaannya, kita juga sering mengalami permasalahan seperti terkena virus, tidak terbaca dan berbagai masalah lainnya.


Ujung-ujungnya, kita memformat flashdisk tersebut agar bisa digunakan kembali. Bagi pengguna Windows mungkin sudah sangat mudah, tinggal klik kanan dan format disk. Lalu bagaimana dengan Mac?

Bagi yang sudah mengenal Mac mungkin memformat flashdisk tidak mengalami kendala yang berarti. Namun bagi yang baru pertama kali menggunakan Mac, pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara format flashdisk dan harddisk eksternal di Mac.

Penyebab dan Alasan Kenapa Harus Format Flashdisk

Setelah mengetahui jenis file sistem, mari kita lanjut kenapa orang-orang ingin melakukan format flashdisk. Beberapa hal ini mungkin yang menjadi penyebabnya:
  • Flashdisk terinfeksi virus dan susah dihapus meski sudah menggunakan antivirus
  • File dan dokumen pada flashdisk sudah terlalu banyak
  • Ingin melakukan install ulang sistem operasi
  • Flashdisk tidak terbaca
  • Dan gangguan lainnya
Kalau flash disk sudah mengalami gangguan seperti itu, maka salah satu langkah terbaiknya adalah dengan memformatnya. Dengan begitu, setidaknya kita sudah berusaha untuk mengatasi sebuah permasalahan.

Kamu harus mengatasinya sekarang juga, jangan ditunda-tunda.

Jenis File Sistem yang Sering digunakan Mac

Sebelum kita membahas bagaimana cara format flashdisk di Mac, alangkah lebih baik jika mengetahui jenis file sistem yang digunakan. Karena nantinya, kita juga akan membutuhkan informasi terkait file sistem ini.

Masing-masing sistem operasi tentu mempunyai file system yang berbeda-beda. Saat ini, mayoritas harddisk eksternal ataupun flashdisk biasanya menggunakan 2 jenis file system yaitu NTFS dan FAT32.

Apa itu NTFS dan FAT32? NTFS merupakan jenis file system pada disk yang sering digunakan pada sistem operasi Windows dan tidak support dengan Mac OS. Sedangkan FAT32 biasanya digunakan oleh Mac OS.

Kalau kamu punya flasdisk atau harddisk eksternal namun tidak tahu jenis file systemnya, kamu bisa mengeceknya melalui fitur properties. Kalau di Windows, kamu bisa klik kanan pada local disk lalu pilih properties. Setelah itu, perhatikan pada Tab General dan lihat file sistemnya.

Sedangkan apabila kamu menggunakan komputer atau laptop Macbook, cobalah untuk memerhatikan desktop lalu jalankan program Disk Utility. Perangkat flashdisk mungkin bisa ditemukan di kolom sebelah kiri dan akan ada tab Partition. Setelah itu, lihat saja apa file sistem yang digunakan.
  • Mac OS Extended (Journaled) : Sistem File Default dari Mac OS
Kalau flasdisk atau media penyimpanan lain diformat menggunakan jenis file sistem ini maka hasilnya akan bisa kompatibel dengan Mac. Dengan memakai sistem file ini, kamu bisa menggunakan hampir seluruh Mac OS. 

Kerennya lagi, kamu juga bisa mengatur OS X sebagai startup drive bila kamu tahu cara melakukannya. Nantinya, kamu bisa melakukan booting Mac dengan flashdisk yang kamu miliki.

Di sisi lain, sistem file ini memiliki beberapa kekurangan. Meski OS Windows dan OS lainnya bisa membaca file yang disimpan pada flashdisk, namun jenis file ini tidak bisa menulis data ke dalam flash disk.

Artinya, kamu bisa berbagi data dari flashdisk ke komputer (dengan OS berbeda). Namun tidak bisa transfer file dari komputer (dengan OS berbeda) ke dalam flashdisk. Jadi dalam hal ini, kamu masih bisa transfer file dengan komputer Mac namun akan mengalami kendala saat transfer file dengan komputer non-Mac.
  • MS-DOS FAT32
MS-DOS ini merupakan nama jenis sistem file yang diberiklan oleh disk ulitity untuk sistem file FAT32. Sistem file yang satu ini menawarkan support secara menyeluruh dengan semua jenis sistem komputasi yang ada.

Penyimpanan yang memakai sistem file ini mampu berbagi data secara penuh antara Mac dengan jenis komputer lainnya. Kamu juga bisa memindahkan video konsol seperti XBOX, Playstation atau Wii.

Kalau bisa dikatakan, format jenis ini tentu menarik banyak pihak makanya mayoritas jenis flashdisk saat ini telah mengadopsi sistem file ini secara default.

Di balik keunggulannya itu, ternyata FAT32 jug amemiliki kekurangan. FAT32 ini memiliki keterbatasan dimana tidak bisa mendukung jenis file sistem di atas 4GB. Selain itu, kamu juga tidak bisa membuat startup drive untuk Mac dan tidak mendukung fitur OSX Lions Version.
  • EXFAT
exFAT ini juga mirip dengan FAT32 dimana menawarkan support untuk Mac dan PC Windows. Format exFAT juga mendukung file dengan ukuran lebih besar dari 4GB, tidak seperti FAT32 yang memiliki keterbatasan dalam hal ini. Sementara itu, format ini juga sudah didukung pada OS Mac Snow Leopard, OS X Luon, Windows SP2, Windows Vista SP1 dan Windows 7 ke atas.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, exFAT belum didukung oleh OS Mac versi lama (10.6.5) atau yang lebih tua dari Windows XP SP2. Versi jadul ini tentu berhubungan langsung dengan perangkat elektronik seperti kamera, video game, camcorder dan lain sebagainya karena tidak mendukung format exFAT.

Kalau tidak berhubungan dengan versi sistem operasi jadul dan tidak berurusan dengan perangkat elektronik, maka exFAT menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Sebaliknya, kalau masih ada sangkut pautnya dengan itu maka gunakanlah FAT32 atau NTFS.

Jika kamu sudah tahu beberapa jenis file yang digunakan, cobalah ikuti panduan berikut ini.

Cara Format Flashdisk atau Harddisk Eksternal di Mac


  1. Pertama, sambungkan flash disk yang ingin di format pada komputer atau laptop Mac yang kamu gunakan. Kalau flashdisk masih bisa dibuka dan ada data penting di dalamnya, sebaiknya dibackup terlebih dahulu di media penyimpanan lain.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Disk Utility dengan cara mencari folder Applications > Utilities atau gunakan fitur spotlight untuk mempercepat pencarian.
  3. Setelah jendela terbuka, tentukan flashdisk yang ingin diformat.
  4. Pilih menuerase yang berada di menu bagian atas
  5. Kalau kamu ingin, kamu juga bisa memberi nama pada flashdisk sebelum proses pemformatan dimulai.
  6. Berikutnya, tentukan format sistem file yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  7. Pada opsi scheme biarkan saja seperti pengaturan default yaitu GUID Partition MAP.
  8. Setelah itu, klik tombol erase untuk menjalankan format flashdisk di Mac. Selain flashdisk, kamu juga bisa melakukan pemformatan untuk media lain seperti harddisk eksternal.
  9. Tunggulah sampai proses selesai dan biasanya memakan waktu sesuai dengan jumlah kapasitas flash disk yang dimiliki. Makin besar kapasitasnya, makin lama prosesnya. Sabar brother, ini tidak selama menanti kekasih yang akan menemanimu kelak.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, klik Doneuntuk menyelesaikan proses format flashdisk.

Nah itulah cara format flashdisk di Mac yang bisa kamu lakukan sekarang juga. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa memformat flash disk di Macbook/komputer Mac dengan lebih mudah dan cepat.

Selain untuk format flashdisk, cara ini juga bisa digunakan untuk format harddisk eksternal di Mac dengan cukup mudah.

Kalau kamu belum begitu paham mengenai fitur Mac alias masih pemula, kamu juga bisa membaca panduan menggunakan Mac agar bisa lancar dalam mengoperasikannya.

Oke sekian saja. Good luck brother!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top