Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Sabtu, 03 Maret 2018

Cara Setting GPS pada Android Agar Akurat

Bagi yang masih pemula, menggunakan GPS (Global Positioning System) pada smartphone Android mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Terlebih kalau mereka ingin mendapat titik koordinat GPS secara akurat dan benar. Hal ini tentu perlu perhatian khusus dan cara setting yang tepat.

Cara Setting GPS pada Android

Seperti yang kita tahu, GPS merupakan aplikasi yang digunakan untuk menunjukkan arah atau posisi suatu objek dalam lingkup tertentu. Dengan fitur GPS pada smartphone, kita bisa sangat mudah dalam melakukan hal yang berkaitan dengan peta lokasi seperti mengetahui lokasi kemacetan, menemukan Android hilang atau mengetahui rute perjalanan yang terbaik.
“GPS bisa menyuguhkan informasi tentang kecepatan, waktu lokasi secara mudah, cepat, murah, akurat dimana saja tanpa melihat kondisi cuaca. Dengan kata lain, GPS ini bisa dikatan sebagai sistem navigasi untuk menentukan lokasi berdasarkan titik koordinat tertentu.”
Dengan kemudahan ini, banyak produsen mobil yang menambahkan perangkat seperti GPS tracker untuk memudahkan penggunanya.

Aplikasi GPS HP Android bisa kita bedakan menjadi dua jenis berdasarkan pengambilan data. Mari kita bahas.
  • GPS Android Online : Aplikasi GPS akan mengambil data-data navigasi dari sebuah server di internet. Setelah itu akan menampilkan peta lokasi kepada penggunanya. Maka dari itu, pengguna diharuskan memiliki koneksi internet untuk menggunakan aplikasi GPS Android ini.
  • GPS Android Offline : Bagi yang ingin gratisan, GPS offline mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu koneksi internet karena hampir semua data navigasi sudah di unduh terlebih dahulu. Biasanya file unduhan akan tersimpan di memori handpone, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai data.
Sampai sini, saya rasa kamu sudah cukup paham betapa membantunya aplikasi ini. Kalau kamu belum menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah yang akan kami sajikan kali ini. Yuk simak!

Cara Mengaktifkan GPS pada Android

Berikut adalah cara mengaktifkan GPS pada smartphone Android yang perlu kamu coba:

Pertama, coba tekan saja tombol menu.

Selanjutnya pilih Setting > Location.

Kemudian pada tampilan My Location, kamu akan diberi 2 opsi yang harus dipilih. Pertama Use Wireless Networkdan kedua Use GPS Satellite
  • Untuk Use Wireless Network, kamu akan menggunakan GPS berdasarkan jaringan BTS dam Wi-Fi sedangkan Use GPS Satellite akan menggunakan GPS berdasarkan sinyal dari sebuah satellite. 
  • Opsi kedua sebenarnya menjadi pilihan yang terbaik karena lebih akurat dibanding opsi pertama, namun kekurangannya yaitu lebih menguras daya sehingga baterai akan cepat habis.
Pilih sesuai keinginanmu saja, keduanya sama-sama baik.

Jika pada cara di atas tidak bisa atau tidak cocok digunakan pada Androidmu, coba download dan install GPS Status & Toolbox lalu jalankan. (aplikasi GPS lain juga boleh)

Kemudian, masuk ke Menu > Setting > GPS & Sensor lalu pilih Auto-download data AGPS dan atur aplikasi agar bisa download secara otomatis saat startUp.

Selanjutnya, Anda bisa mereset atau mendownload lagi secara manual dengan masuk ke bagian Tools > Manage Negara A- GPS.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih Reset, hapus semua data GPS dan download sehingga  mendapat data bantuan GPS melalui internet.

Penggunaan GPS pada Android sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Misalnya kalau kita sedang melakukan perjalanan ke luar kota yang belum pernah dikunjungi, kita biasanya akan bingung mencari tempat tujuan karena banyak jalan yang belum kita kenali. 

Kita harus bertanya ke orang-orang sekitar agar bisa sampai ke tujuan. Hal ini tentu cukup merepotkan. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan GPS sebagai penunjuk jalan.

Selain itu, GPS juga bisa kita manfaatkan untuk menemukan smartphone Android yang hilang tetapi kartu SIM tidak aktif. Dengan begitu, kita bisa melacak keberadaan hp Android jika sewaktu-waktu hilang atau dicuri orang.

Kalau tadi kita sudah mengaktifkan GPS, sekarang kita lanjut ke cara menggunakannya.
  1. Langkah awal, pilihlah Pengaturan > Layanan lokasi. Pilih opsi Gunakan Satelit GPS dan Pencarian Lokasi agar sistem GPS di hp menjadi aktif.
  2. Kalau sistem GPS Android sudah aktif, buka saja aplikasi Maps. Kalau kamu ingin menentukan titik koordinat lokasi saat ini, coba pilih icon kecil dengan garis 4 di sekelilingnya (bisa saja berubah). Pada saat itu, pastikan kamu berada di daerah terbuka dan jangan berada di bawah pepohonan atau di dalam ruangan seperti di rumah.
  3. Setelah itu, biasanya akan ada titik lingkaran biru kecil yang menandakan posisimu saat ini. Kalau titik tersebut besar, maka lokasinya kurang tepat. Perlu kamu tahu, titik biru ini akan mengikutimu kalau kamu berjalan. Dari sini, kamu bisa menelusuri rute perjalanannya.
  4. Jika kurang jelas, kamu bisa memilih icon seperti kaca pembesar lalu ketik lokasi tujuan di kotak pencarian.
  5. Seandainya kamu membutuhkan ini untuk beberapa jam mendatang, kamu bisa menyimpannya secara offline. Cara menyimpannya, coba pilih button left pada Androidmu lalu pilih Make Available Offline. Kamu bisa memperbesar atau memperkecil hingga kotaknya merah lagi. Lalu, pilih saja ‘Done’.
Baca juga: Cara Atasi Android Bootloop, Mudah Banget!

Nah, itulah cara setting GPS pada Android agar akurat dan cara menggunakannya secara singkat. Semoga artikel ini bisa membantumu brother, sukses ya!
 
Back To Top