Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 26 Februari 2018

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC, Praktis!

Hai brother, pernah ngalamin bootloop di hp android gak? Kalau iya, tenang saja. Banyak kok temen-temen lain yang mengalami hal serupa, wajar juga kalau kamu baru pertama kali mengalami kejadian ini.

Bagi yang belum tahu, istilah bootloop ini juga sama artinya dengan softbrick loh bro. Kerusakan ini identik dengan kondisi android yang tidak dapat masuk ke desktop atau halaman utama, seringkali hanya memunculkan logo atau boot animasi saja.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Lantas, apa yang menjadi penyebab hp android bootloop? Sebenarnya cukup banyak dan tidak pasti-pasti amat sih, beberapa diantaranya yaitu:
  • Merubah file permission file secara sembarangan
  • Mengubah sistem file tanpa aturan yang benar, misalnya Build.prop.
  • Mematikan hp android saat sedang boot secara paksa
  • Menggagalkan proses update firmware
  • Rusaknya salah satu komponen android
  • Storage internal corrupt
  • Menginstall aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan dan merusak
  • Flashing sembarangan yang menyebabkan kegagalan, corrupt dan error
  • Flashing custom ROM yang tidak sesuai dengan firmware, umumnya terjadi karena berbeda model
Bagi yang memang ingin melakukan eksperimen pada android, beberapa penyebab di atas mungkin sudah pernah kamu lakukan. Hasrat ‘ngoprek’ android memang menyenangkan, namun dibalik itu ada risiko yang mengintai. Kalau gagal, ya mungkin bootloop ini salah satu akibatnya.

Meski berisiko, namun jangan patah semangat brother. Semua ini hanya masalah waktu dan semesta pasti akan mendukungmu. Permasalahan ini juga masih bisa diatasi bahkan tanpa bantuan PC, tergantung dari tingkat keruwetan masalahnya.

Macam-macam Bootloop Android

Sebelum membahas cara mengatasi android bootloop tanpa PC, sebaiknya kita mengetahui macam-macam bootloop android berikut ini:

1. Light Bootloop (Ringan)

Tipe bootloop yang satu ini masih sangat mudah untuk diakali karena kerusakannya tidak parah. Biasanya, light bootloop terjadi saat memainkan game atau membuka program yang berat sehingga membuat hp android tiba-tiba ngefreeze atau bluescreen secara otomatis. Kerusakan ini biasanya terjadi bukan saat booting namun lebih sering di desktop (halaman utama).

Cara mengatasi android bootloop yang satu ini bisa dilakukan dengan merestart android. Seandainya masih belum berhasil, coba lepas baterainya dan menunggu sampai 5 menitan. Setelah itu, pasang baterai dan hidupkan ulang hp androidmu.

2. Medium Bootloop (Sedang)

Kerusakan yang satu ini masih berada di level medium dan masih bisa masuk ke recovery mode. Medium bootloop biasanya terjadi karena hp android sering diutak-atik sistemnya setelah flashing ROM baru, edit build.prop, salah flash ataupun install tweaks.

Kamu bisa memperbaiki android bootloop jenis ini dengan melakukan flashing ROM ulang atau melakukan restore stockroom/custom recovery. Perlu diingat juga, sebelumnya kamu harus  mencadangkannya/backup (pastikan semua file aman) terlebih dahulu dalam SDCARD atau memori eksternal (bikin foled lalu tempatkan file custom ROM yang siap flashing.

3. Hard Bootloop (Berat)

Jenis bootloop yang satu ini bisa dikatakan sudah cukup ‘parah’. Kerusakan semacam ini seringkali terjadi pada hp android yang OS dan script-nya dimodifikasi terlalu dalam. Imbasnya, android tidak bisa masuk custom recovery dan terkadang susah untuk tersambung ke USB komputer/laptop.

Kalau kamu tidak berani menggunakan fitur factory reset, maka langkah perbaikan yang terbaik adalah membawanya ke service center terdekat. Saran kami, jangan katakan bahwa hp androidmu rusak karena habis di oprek sistemnya (lebih baik diam). Namun kalau ditanya teknisi, ya jujur saja apa yang sebenarnya terjadi.

Mungkin itu saja perkenalan singkat mengenai macam-macam bootloop pada android beserta solusinya. Sekarang, mari kita bongkar lebih dalam bagaimana cara mengatasi android bootloop tanpa PC, komputer atau laptop. Mari simak uraiannya…

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

1. Tunggu Selama 2-3 Jam atau Sampai HP Android Benar-benar Mati

Sebelum mencoba cara yang lebih rumit, sebaiknya kamu menunggu hp Androidmu selama 2-3 jam atau sampai benar-benar mati dengan sendirinya. Hal ini sangat kami rekomendasikan karena metode berikutnya mungkin akan lebih kompleks pembahasannya.

Dalam proses penantian ini, biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama sesudah melakukan modifikasi android karena sistem akan melakukan update terlebih dahulu.

2. Restart dan Lepas Baterai HP Androidmu

Cara memperbaiki android bootloop yang selanjutnya adalah dengan merestart dan melepas baterai hp androidmu. Coba tunggu sekitar 5-10 menit lalu pasang dan hidupkan kembali. Biasanya sampai tahap ini hp androidmu sudah normal kembali.

3. Masuk ke Recovery Mode

Kalau cara-cara sebelumnya dirasa belum mengatasi masalah bootloop, cobalah untuk masuk ke recovery mode. Matikan dulu smartphone kesayanganmu itu lalu tekan tekan tombol Volume bawah dan tombol power secara bersamaan.

Namun tidak semua smartphone menggunakan cara masuk yang sama, setiap merek tentu berbeda-beda. Untuk mengetahui cara masuk recovery mode yang lebih lengkap, kamu bisa mencari referensinya di Google. Pastikan bahwa model, tipe dan merk yang kamu cari benar-benar sesuai agar bisa langsung dipraktikkan. Berikut beberapa kombinasinya
  • Bootloop ASUS Zenfone
Saat androidmu mati, tekan saja tombol volume atas dan tombol power. Tahan selama beberapa detik sampai android masuk ke fastboot mode.

Setelah itu, pakai tombol volume untuk mengarahkan opsi dan tombol power untuk enter/OK. Sekanjutnya kamu akan masuk mode recovery ASUS Zenfone.
  • Bootloop HP Samsung
Pastikan androidmu mati lalu tekan tombol volume atas, tombol power dan tombol home secara bersamaan. Tunggulah hingga beberapa detik sampai hp samsungmu masuk ke recovery mode.

Sama seperti merk lainnya, tekan tombol volume untuk mengarahkan dan tombol power untuk enter/OK.
  • Atasi Bootloop Sony (Xperia)
Untuk masuk ke recovery mode, pastikan kondisi android sudah mati.

Nyalakan androidmu dan sewaktu LED hidup, tekan tombol volume atas terus menerus hingga masuk mode recovery Sony Experia. Kamu bisa gunakan tombol volume untuk mengarahkan dan tombol power untuk OK/enter saat berada dalam mode recovery.
  • Bootloop OPPO
Saat android mati, coba gunakan tombol volume down dan tombol power untuk masuk ke recovery mode lalu tahan selama detik. Kamu bisa melakukan navigasi dengan tombol volume dan melakukan Enter/OK dengan tombol home.
  • Bootloop HTC
Saat android HTC mati, coba tekan tombol volume bawah dan tombol power. Saat masuk ke mode recovery, kamu bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk enter.
  • Bootloop ACER
Dalam kondisi mati, tekanlah tombol volume bawah dan tombol power secara bersama-sama. Seandainya memungkinkan, kamu juga bisa tekan tombol volume bawah, camera dan tombol power.

Kamu bisa mengarahkan opsi dengan tombol navigasi dan enter/OK dengan menekan tombol power.
  • Bootloop LG
Saat hp android LG mati, gunakan tombol volume atas, tombol home dan tombol power dengan menawhannya secara bersama-sama.

Saat berada di recovery mode, gunakan saja tombol power untuk enter/OK dan tombol volume untuk mengarahkan opsi.
  • Bootloop Lenovo
Kalau hp Lenovo mati, coba gunakan tombol volume bawah, volume atas dan tombol power secara bersamaan. Tahan hingga beberapa detik untuk bisa masuk ke recovery mode.

Seperti biasa, kamu bisa tekan tombol volume untuk memilih opsi (navigasi) dan tombol power untuk enter/OK.
  • Bagaimana untuk merk HP Android yang lain?
Mungkin saja hp androidmu belum kami sebutkan. Untuk itu, silahkan cari referensi lainnya di internet siapa tahu ada yang menyajikan lebih lengkap. Namun sebenarnya, cara di atas tidak jauh berbeda dengan merk lain, malah bisa jadi sama persis. So, dicoba aja dulu ya brother…

Kalau kamu sudah masuk ke mode recovery, selanjutnya coba lakukan wipe cache, wipe data dan factory reset untuk mereset semua sistem OS androidmu agar bisa berjalan normal kembali. Untuk tampilannya sendiri tentu berbeda-beda tergantung dari merk dan recovery yang digunakan.

4. Factory Reset atau Wipe Data

Untuk mencoba cara ini, kamu harus memerhatikan beberapa hal yang cukup penting. Hal ini tentu saja agar kamu bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sekiranya, kamu bisa perhatikan dan lakukan beberapa hal berikut ini:
  • Pertama, jangan lakukan wipe sistem karena dapat mengakibatkan penghapusan sistem. Jika sistem sudah terhapus maka hp androidmu tidak bisa melakukan booting dan akhirnya blank. Akhirnya, kamu harus melakukan flashing agar bisa normal kembali.
  • Pastikan data-data penting sudah dibackup dan disimpan di tempat yang aman. Cabut dulu kartu memorinya atau lakukan backup data pada recovery. Hal ini sangat penting dilakukan agar data-data tidak terhapus.
  • Seandainya hp androidmu belum ada recovery, kamu bisa menggunakan recovery pihak ketiga seperti  TWRP atau CWM. Uniknya, recovery ini dapat dipasang saat hp android sedang dalam keadaan bootloop.
  • Charger smartphone androidmu minimal sampai 80% untuk meminimalisir hal-hal tidak terduga.
  • Ingat catatan di atas ya! Soalnya buat kebaikanmu juga brother. Selanjutnya, kamu bisa mencoba cara berikut ini:
  • Matikan daya smartphone, lalu masuk ke recovery mode seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Biasanya, tombol volume atas bisa digunakan untuk mengarahkan kursor ke atas dan tombol volume bawah untuk mengarahkan kursor ke bawah pilihan.
  • Coba arahkan kursor ke wipe data/factory reset lalu tekan tombol power. Selanjutnya, kamu bisa klik OK.
  • Kalau tahap ini sudah dilakukan, coba pilih Yes – delete all user data. Mayoritas hp android bisanya akan merestart otomatis atau memberi informasi selesai.
  • Sampai sini mungkin hp androidmu sudah bisa berfungsi normal. Namun, kalau android tidak restart otomatis maka kamu bisa melakukan reboot system now lalu tekan tombol power.
Penggunaan factory reset ini biasanya akan mengakibatkan data-data yang sudah diinstall menjadi terhapus. Factory reset juga merupakan cara mengatasi laptop tanpa PC yang cukup manjur. Android bootloop, mati total, tidak bisa nyala atau muncul logo saja bisa diatasi dengan menggunakan fitur ini.

Nah itulah beberapa cara mengatasi android bootloop tanpa PC yang sekiranya cukup mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun. Asal kamu bisa mengikuti tutorial singkat kali ini, hp android yang bootloop mungkin bisa teratasi.

Untuk kasus bootloop ringan, kamu bisa mengatasinya dengan restart dan buka baterai saja. Namun untuk yang lebih serius, kamu bisa lakukan factory reset atau wipe data. Namun tentu saja, kamu harus memastikan bahwa data-datamu sudah aman dengan mencopot kartu memori atau membackupnya.

Selamat mencoba brother, love you!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top