Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Praktis Mengatasi Laptop Lemot saat Browsing/Internetan

Saat browsing atau internetan, sering kali laptop kita menjadi lebih lambat dari biasanya. Laptop mendadak lemot layaknya seekor siput. Masalah seperti ini sangat disayangkan bukan? Padahal kita menginginkan akses yang cepat sehingga mampu menyelesaikan berbagai kebutuhan kita.

Cara Mengatasi Laptop Lemot saat Browsing/Internetan

Keadaan seperti ini tentu saja bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin karena browser itu sendiri, laptop kita atau hal lainnya. Bila kamu mengalami kasus serupa, cobalah untuk membaca panduan/tips berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot ketika digunakan untuk Internetan atau Browsing 


Ikuti beberapa cara berikut ini agar laptop kamu tidak lemot saat berselancar di internet.

1. Gunakan Browser yang Ringan


Hal ini sebenarnya perlu kamu sesuaikan dengan spesifikasi laptopmu. Jangan samakan laptopmu dengan laptop orang lain. Sesuaikanlah dengan laptopmu sendiri. Untuk penggunaan browser, mayoritas orang saat ini menggunakan Mozilla Firefox dan Google Chrome karena fitur-fiturnya sudah familiar.

Jika spesifikasi laptopmu benar-benar minim (RAM 2GB ke bawah), maka coba ganti dengan browser alternatif. Banyak kok yang selain Mozilla atau Chrome. Bahkan mungkin lebih ringan dan cepat jika digunakan.

Untuk rekomendasi, gunakanlah  Palemoon sebagai pengganti Mozilla dan gunakan Vivaldi sebagai pengganti Chrome. Setelah saya coba, laptop sepertinya menjadi lebih ringan saat browsing di internet.

2. Selalu Hapus History dan Cache


History dan cache yang menumpuk bisa membuat program menjadi lebih berat. Jika ternyata kapasitas RAM kurang memadai, laptop pada akhirnya bisa menjadi lemot bahkan ngehang. Maka dari itu, bersihkan kedua hal ini pada browser. Kamu juga perlu membersihkannya secara berkala.

3. Hapus Tema/Add-ons Tidak Penting


Sebenarnya ini bukan patokan pasti sih, tapi perlu kamu coba juga. Siapa tahu add-ons memengaruhi kinerja browser.

4. Tutup Tab yang Tidak diperlukan Lagi


Sudah sangat sering terjadi jika laptop akan bertambah lambat setelah membuka banyak tab. Ini kerap terjadi pada laptop saya. Meskipun RAM laptop saya 4GB, terkadang masih saja laptop menjadi lelet jika membuka banyak tab.

5. Matikan Program Lain


Seringkali urusan pekerjaan mengharuskan kita untuk multitasking (menjalankan program secara bersamaan) agar pekerjaan lebih cepat selesai. Namun hal ini ada konsekuensinya. Banyak program yang dijalankan, banyak pula resource memori yang dibutuhkan. Untuk itu, coba tutup semua aplikasi yang berjalan. 

Gunakan aplikasi yang diperlukan atau buka browsernya saja. Ini akan mengurangi beban RAM dan laptop kamu akan menjadi lebih ringan.

6. Pastikan Ada Ruang Partisi Drive C


Drive C yang penuh juga kemungkinan bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika ternyata penuh, coba pindahkan ke drive D atau menghapusnya saja.

7. Gunakan Antivirus yang Ringan dan Tidak Terlalu Banyak


Biasanya antivirus membutuhkan resource memori yang tidak sedikit. Bila dipaksakan terlalu banyak, laptop malah akan menjadi cepat lemot. Apalagi jika antivirus tersebut mempunyai fitur pengamanan koneksi internet, laptop kamu mungkin akan terasa lebih berat.

Saya sendiri menggunakan antivirus hanya satu yaitu Smadav. Satunya lagi Microsoft Security Essential, namun tidak masuk hitungan karena sudah bawaan default Windows 10. 

Sebenarnya jika kamu hati-hati dalam hal penggunaan, laptop kamu masih bisa aman dari serangan virus. Yang penting jangan buka sembarang situs, jangan download/install software mencurigakan dan jangan asal memasukkan sembarang flasdisk ke laptop.


8. Hapus semua file di Recycle Bin


Yaps, coba hapus saja. Mungkin ini cara ini bisa berhasil.

9. Install Add-ons 'Adblock' untuk Memblokir Iklan


Biasanya situs-situs akan menampilkan berbagai iklan sebagai pendapatan. Jika iklan yang ditampilkan terlalu banyak, performa browser mungkin akan terganggu. Apalagi iklannya mengandung virus, pop-up dan AdWare. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan adblock dengan sebaik-baiknya.

10. Bersihkan dengan CCleaner


Laptop lemot saat internetan mungkin juga dikarenakan adanya junk file yang terbentuk dari aktivitas browsing. Sebagai solusinya, kamu perlu menggunakan software yang satu ini. Software ini cukup efektif untuk membersihkan junk file dan registry yang error. Saya sudah membuktikannya.

11. Uninstall Aplikasi


Sudah menjadi rahasia umum jika laptop kita menjadi lemot karena banyaknya aplikasi yang terinstall. Maka dari itu, kamu perlu menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Semakin sedikit aplikasi, semakin bagus.

12. Disk Clean UP


Langsung ke caranya saja. Pertama, buka Windows Explorer lalu pilih partisi harddisknya (lebih baik yang drive C). Kemudian klik kanan lalu pilih properties. Setelah itu, pilih defragmenter (windows 7) atau disk clean up (windows 10). Tunggulah sampai loading selesai, kemudian restart laptop kamu.

13. Panduan Lengkap!


Nah jika kamu sudah mencoba semua cara di atas namun belum berhasil juga, lebih baik kamu membaca panduan yang lebih lengkap saja. Ini artikelnya:
Artikel tersebut saya ulas lebih dalam dan mendetail, jadi teman-teman bisa praktik lebih banyak lagi untuk mengatasi laptop yang lemot, lelet, lamban atau lambat.

Akhirnya berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini. Semoga cara-cara di atas bisa membuat laptopmu lebih ringan saat digunakan untuk browsing/internetan.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top