Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Minggu, 01 Oktober 2017

Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan HDMI, VGA & Tanpa Kabel

Golepi.com - Laptop yang sering kita pakai sehari-hari masih menyimpan banyak misteri di dalamnya. Meski sudah lama menggunakan laptop, beberapa fitur yang cukup penting mungkin saja belum kita ketahui.

Salah satu hal keren yang bisa kita lakukan yaitu menghubungkan laptop ke televisi. Pernahkah Anda membayangkan menonton Video Youtube melalui layar TV? Tentu sangat memuaskan bukan?

Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan HDMI, VGA & Tanpa Kabel
Menyambungkan Laptop ke TV dengan kabel HDMI, VGA & Tanpa Kabel
Bagi Anda yang penasaran dengan cara menghubungkannya, Anda bisa stay tune pada artikel ini. Cara ini memungkinkan Anda untuk menonton streaming video dari Netflix, Hulu, Youtube dan berbagai media lainnya yang ada pada laptop. Lebih dari itu, Anda mungkin saja bermain game dengan sensasi layar yang lebih lebar tanpa menyakiti mata.

Nah sebelum mempelajari cara menghubungkan laptop ke TV, Anda perlu untuk memahami beberapa hal berikut ini:

Tentukan tipe port pada laptop. Port biasanya berada pada bagian samping laptop, ada juga yang berada di belakang. Port ini mempunyai beberapa tipe yang berbeda, beberapa diantaranya yaitu:

macam-macam port pada laptopport s-video


  • Port VGA, berbentuk seperti trapesium dengan 15 pin yang terbagi menjadi 3 baris, sehingga tiap barisnya terdiri dari 5 pin.
  • Port S-Video, bentuknya seperti lingkaran dengan pin berjumlah 4 atau 7.
  • Port video komposit merupakan saluran jack yang bentuknya bulat, umumnya berwarna kuning.
  • Port DVI atau Digital Video Interface (antarmuka video digital), bentuknya persegi dengan 24 pin yang terbagi menjadi 3 baris. Masing-masing barisnya terdiri dari 8 pin. Port ini didesain untuk koneksi berdefinisi tinggi dan tajam.
  • Port HDMI atau High-Definition Multimedia Interface (antarmuka multimedia berdefinisi tinggi), berbentuk seperti port USB tetapi lebih panjang dan tipis. Port HDMI ini biasanya sudah ditambahkan pada laptop keluaran 2008 ke atas. Sama seperti DVI, port ini juga digunakan untuk koneksi yang berdefinisi tinggi.
Periksa port yang ada pada TV. Selain port laptop, Anda juga harus memastikan port pada TV Anda. Port masukan video ini umumnya terletak di bagian belakang TV, tetapi ada juga yang letaknya di bagian samping TV. Periksa juga model TV Anda, apakah TV berdefinisi standar atau TV berdefinisi tinggi.
  • TV berdefinisi standar biasanya sudah dilengkapi dengan port video komposit atau S-video. TV berdefinisi standar bukan untuk keluaran TV terbaru, melainkan TV keluaran terdahulu. Tampilan yang dihasilkan mungkin tidak setajam tampilan pada layar laptop Anda.
  • TV berdefinisi tinggi sudah didesain sedemikian rupa untuk TV keluaran terbaru dengan kualitas yang lebih canggih dan modern. TV model ini umumnya memiliki port VGA, DVI atau HDMI. Port VGA ini menghasilkan sinyal analog dan port DVI/HDMI akan menghasilkan sinyal digital (kualitasnya lebih baik).
Gunakan kabel yang sesuai. Bila Anda mempunyai beberapa pilihan (VGA - S-Video – HDMI), gunakanlah kualitas koneksi yang terbaik. Standar TV berdefinisi tinggi keluaran terbaru yaitu HDMI karena koneksinya yang paling baik dan pengaturan yang benar-benar simpel.

Sesuaikanlah port antara laptop dengan TV, gunakan kabel dengan dua ujung yang sama.

Bila port laptop berbeda dengan port TV, Anda memerlukan sebuah adaptor. Fungsi adaptor ini adalah mengubah masukkan dan keluaran, misalnya merubah dari DVI ke HDMI atau dari VGA ke video komposit.

Kabel HDMI yang bermerek umumnya memiliki harga yang mahal, tetapi sebenarnya kabel HDMI bisa mengirim sinyal ke TV tanpa menurunkan kualitas gambarnya.


Gunakan kabel Audio, jika diperlukan. Beberapa laptop dan TV yang berdefinisi tinggi hanya membutuhkan satu kabel saja, namun yang lainnya mungkin menggunakan kabel audio secara terpisah.


Bila Anda menggunakan HDMI, Anda tak perlu risau mengenai hal ini karena HDMI sudah mendukung output video dan audio. Model selain HDMI mungkin memerlukan kabel audio tambahan.

1. Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI



TV keluaran terbaru saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur HDMI, namun sangat sedikit orang yang mengetahui fungsi keren ini. Fitur HDMI ini tentu sangat membantu jika kita ingin menghubungkan laptop ke layar Televisi.

Menghubungkan laptop ke TV dengan HDMI merupakan cara paling mudah dibanding cara lainnya. Kualitas gambar yang dihasilkan HDMI juga terkesan lebih baik (HD), jadi Anda bisa menikmati sensasi yang menyenangkan. Selain itu, HDMI juga bisa membuka file di laptop Anda dalam bentuk audio dan video.

Lalu bagaimana cara menghubungkannya? Sebenarnya caranya sangatlah mudah.
Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu sistem operasi yang Anda gunakan sudah up-to-date. Setelah itu, nyalakan laptop dan TV yang akan digunakan.

Pasang kabel HDMI pada bagian samping/belakang TV lalu sambungkan dengan port HDMI yang ada pada laptop. Sesuaikan juga panjang kabel HDMI dengan jarak antara TV dengan laptop.

Selanjutnya, pilih input HDMI yang sesuai dengan TV Anda. Anda bisa mencobanya dengan menekan tombol AV.

Apabila tidak otomatis memunculkan tampilan, maka Anda harus mengaturnya secara manual. Coba klik kanan pada desktop lalu pilih Screen resolution.

Selanjutnya akan muncul halaman baru. Pada halaman Change the appearance of your displays, perhatikan bagian Display. Klik menu dropdown, lalu pilih merek TV yang akan digunakan.

Setelah itu, perhatikan pada bagian Multiple Display lalu klik menu dropdown. Akan muncul beberapa opsi, apakah Anda ingin menggunakan layar laptop saja, layar TV saja atau menggunakan keduanya.

Bila Anda hanya ingin menonton Video pada layar TV saja, pilih Show Desktop Only 2. Dengan begitu, layar TV kita gunakan sedangkan layar laptop akan mati. Jika semua sudah selesai, klik Apply dan OK.

Sampai tahap ini, seharusnya tampilan layar laptop Anda sudah beralih ke TV. Anda bisa langsung menonton video apa pun yang ada pada laptop.

Namun Anda juga perlu memerhatikan suaranya. Kerap kali, suara yang dikeluarkan masih berasal dari laptop itu sendiri bukan dari TV-nya.  Bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja. Coba arahkan kursor pada pojok kanan taskbar, setelah itu klik kanan pada icon speaker. Pilih Playback devices.

Jika kabel HDMI sudah dipasangkan, seharusnya akan muncul Digital Audio (HDMI). Pada bagian itu, coba atur sebagai default (klik Set Default).

Sekarang suara laptop Anda akan beralih ke speaker TV. Simpel bukan?

2. Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel VGA


kabel VGA

Lho, apa bedanya HDMI dengan VGA? Bukannya sama? HDMI dan VGA itu mirip, namun tetap saja berbeda. Keduanya memang bisa digunakan untuk menghubungkan laptop dengan TV, namun VGA biasanya untuk TV yang sudah tua (jadul).

Jika TV yang Anda miliki adalah TV jadul, biasanya tidak ada port HDMI-nya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan VGA untuk keperluan ini. Jika Anda belum memiliki kabel VGA,  coba beli di toko komputer terdekat atau melalui situs online seperti tokopedia, bukalapak atau bhinneka.

Menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA juga bisa berlaku pada TV tabung maupun monitor komputer/PC yang belum dilengkapi dengan HDMI. Namanya juga alternatif, tentu saja memiliki kelemahan. Biasanya kabel VGA hanya mampu mengeluarkan gambarnya saja, sedangkan audionya masih berada di laptop/komputernya.
  1. Pada umumnya, kabel VGA akan merespon laptop secara otomatis sehingga langsung terhubung dengan TV. Bila tidak terhubung otomatis, coba atur secara manual. Ikuti langkah-langkah berikut:
  2. Sebelum dihubungkan, nyalakan laptop dan TV terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, sambungkan kabel VGA dari laptop ke TV Anda. (Bila TV Anda keluaran terbaru, sebaiknya gunakan HDMI saja. VGA sangat disarankan untuk digunakan jika TV Anda belum mendukung fitur HDMI)
  4. Jika gambar tak kunjung tampil pada layar, lakukan pengaturan secara manual. Masuk ke Control Panel, pilih Display. Selanjutnya, klik Adjust Resolution lalu pilih  TV pada menu dropdown.
  5. Biasanya kabel VGA tidak mendukung suara dari laptop ke TV. Nah, bila Anda tetap kekeh ingin menyalurkan suaranya juga, coba gunakan kabel audio tambahan. Anda mungkin bisa menyambungkannya dari laptop ke TV  yang Anda gunakan.
Itu adalah cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA. Selanjutnya, kita akan mempelajari cara yang lebih modern (tanpa kabel).

3. Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel (Google Chromecast)


google chromecast

Tanpa kabel? Emang bisa? Bisa saja sodara-sodara. Untuk cara ini, Anda memerlukan Google Chromecast. Alat ini mampu menyambungkan laptop ke TV melalui jaringan wireless.

Sesuai namanya, chromecast diproduksi langsung oleh Google untuk mempermudah orang-orang dalam menonton video melalui TV. Chromecast tentu bisa dibilang lebih fleksibel dan modern dibanding cara-cara sebelumnya.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, Anda perlu menggunakan OS Windows atau Mac untuk dijadikan remote control pada TV. Lebih dari itu, chromecast ternyata bisa juga dioperasikan dengan menggunakan smartphone/tablet Android dan iOS.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi kita semua yang tiap harinya menggunakan gadget. Nah, bagaimana cara menghubungkan laptop ke TV dengan chromecast? Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pada umumnya, chromecast sudah dilengkapi dengan kabel HDMI pendek. Anda bisa menggunakannya sesuai posisi port HDMI pada televisi. Kabel HDMI ini tidak perlu disambungkan ke laptop/smartphone Anda, hubungkan saja kabel ini pada port HDMI televisi kemudian hubungkan ujung lainnya ke port USB yang ada di TV Anda.
  2. Setelah itu, nyalakan televisi Anda. Bila chromecast belum terdeteksi, pindahkan saja ke input yang tepat. Anda bisa gunakan remote TV untuk memilih input HDMI sesuai chromecast.
  3. Jika Anda menggunakan Android atau iOS, coba masuk ke Google Play Store atau App Store. Carilah ‘Chromecast’, lalu install hingga selesai. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan laptop Windows atau Mac, coba saja buka browser lalu masuk ke www.google.com/chromecast/setup.
  4. Jika sudah berhasil menginstall, buka dan tekan ‘Set-Up’ agar tersambung ke jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan. Pilih juga Negara tempat Anda, kemudian pilih ‘Next’ untuk menyelesaikan langkah selanjutnya.
  5. Sabarlah untuk menunggu hingga aplikasi yang ada di perangkat sukses terhubung dengan chromecast. Setelah itu, verfikasikan kode yang sama di TV dan perangkat yang digunakan untuk remote control. Anda juga bisa mengubah nama default sesuai selera.
Bukan hanya berbentuk kabel saja, chromecast juga tersedia dalam bentuk USB.

Harga google chromecast versi kabel di Tokopedia
Harga google chromecast versi kabel di Tokopedia
Itu harga mayoritas di Tokopedia, Anda bisa mencarinya lagi yang lebih murah. Untuk chromecast versi USB harganya saat ini berkisar 700 ribu-an.

Itu dia cara menghubungkan laptop ke TV. Sesuaikan saja dengan TV dan perangkat yang Anda gunakan. Untuk yang minim dana dan TV-nya jadul, bisa menggunakan HDMI dan VGA. Namun, jika Anda ingin yang lebih canggih dan modern, gunakan saja chromecast. Itulah pilihan terbaiknya, sekarang Anda hanya perlu mencobanya.

Tentu Anda juga wajib untuk merawat keadaan laptop dan TV agar lebih tahan lama dan awet. Dengan merawat secara bijak, Anda tentu akan menghemat biaya pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diinginkan.


Referensi : WikiHOW.com, CariSinyal.com

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top