Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Sabtu, 14 Oktober 2017

Cara Menggunakan Laptop untuk Pemula yang Baik dan Benar

Jika kamu seorang pemula dan masih awam menggunakan laptop, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu baca. Panduan dan cara-cara berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan laptop yang baik dan benar.

Cara Menggunakan Laptop yang Baik dan Benar untuk Pemula

Semakin kamu mengerti, semakin bagus pula kamu dalam mengoperasikan laptop. Meskipun kamu gaptek sekalipun, kamu masih bisa kok menggunakan perangkat mobile yang satu ini. Nyatanya jika kamu sudah bisa menggunakan handphone, kamu pasti bisa menggunakan laptop.

Bagaimana cara mengatasi masalah saya? Gampang! Kamu hanya perlu belajar, lalu mencoba apa yang kamu pelajari. Pasti bisa! Jangan khawatir bila laptop rusak, karena panduan ini akan mengajarimu dengan sangat mudah.

Yuk simak saja pembahasannya…

[Mengatur Laptop]

1. Mengisi daya


Jika kamu berada di rumah, carilah stop kontak lalu hubungkan dengan charger laptop. Coba diamkan laptop hingga terisi penuh (pastikan laptop dalam kondisi mati). Biasanya lampu indikator laptop akan berubah warna jika daya baterai sudah terisi penuh. Setelah itu, kamu baru boleh menggunakan laptop. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Alasannya karena untuk menjaga baterai agar lebih awet dan tidak rusak.

Ada satu pilihan lagi sebenarnya, namun kurang saya rekomendasikan. Caranya yaitu melepas baterai dari laptop, lalu hubungkan dengan sumber listrik (stopkontak). Cara ini sangat cocok bila kamu ingin menggunakan laptop secara terus menerus. Dengan melepas baterai, kondisi baterai menjadi tetap terjaga kualitasnya. Risiko menggunakan cara ini yaitu laptop bisa mati mendadak apabila tidak ada sumber listrik (mati listrik). Seandainya terjadi, laptop kamu biasanya malah akan cepat rusak karena kongslet arus listrik. Komponen yang paling rentan terkena dampaknya yaitu RAM, motherboard dan prosesor.

Kesimpulannya:
  • Opsi 1 : Isi daya laptop terlebih dahulu hingga penuh, baru digunakan. Kelemahan cara ini, kamu tidak bisa menggunakan laptop saat laptop sedang diisi daya. Namun untuk keperluan jangka panjang, laptopmu akan menjadi lebih terawat.
  • Opsi 2: Menggunakan laptop sambil dicharger dengan baterai tetap terpasang. Jika cara ini dilakukan secara kontinyu, risikonya adalah baterai menjadi tidak awet (cepat habis) dan akhirnya rusak.
  • Opsi 3 : Menggunakan laptop dengan dicharger namun tanpa menggunakan baterai. Cara ini cukup berisiko tinggi bila listrik padam tiba-tiba. Komponen yang sensitif mungkin akan terpengaruh sehingga menimbulkan kerusakan. Akan tetapi, baterai laptopmu mungkin akan menjadi lebih awet karena jarang digunakan. Jika ingin tetap mencoba cara ini, pastikan listrik di rumahmu jarang padam.
Pengen tau merawat baterai secara lengkap? Baca aja di sini.

Dari ketiga opsi tersebut, kamu bisa mempertimbangkannya baik-baik. Sesuaikan dengan pilihan terbaikmu.

2. Taruh Laptop dengan Baik


Namanya juga ‘laptop’, pasti bisa digunakan pada pangkuan seseorang. Namun melakukan hal itu ternyata bukan tempat yang terbaik. Carilah sudut yang nyaman digunakan, terutama untuk tangan, pergelangan tangan dan arah pandang mata.

Saran saya, coba posisikan laptop di meja tempat kamu duduk saat ini. Usahakan arah dudukmu ke laptop, bukan ke yang lain.

Gunakan alas laptop yang datar, jangan yang permukaannya tidak rata, kasar atau terkesan empuk/lembut. Mayoritas laptop memiliki lubang udara pada bagian samping dan bawah laptop. Keduanya harus dibiarkan terbuka agar sirkulasi udara menjadi baik. Ini juga salah satu cara untuk mencegah laptop menjadi cepat panas/overheat.

3. Angkat/Buka Layar Laptop


Buka hingga layar terlihat nyaman untuk digunakan. Biasanya ada beberapa model laptop yang menggunakan pengunci sebelum layar dapat dibuka. Maka dari itu, kamu tidak harus memaksa layar terbuka akan tetapi cari terlebih dahulu penguncinya.

Kamu juga harus memerhatikan jarak pandang mata dengan layar. Jangan sampai menarik layar terlalu jauh. Sudut dengan kemiringan 45 derajat merupakan salah satu sudut yang paling sering digunakan karena lebih enak dipandang mata. Jika dipaksakan terlalu jauh, tutup /fungsi engsel monitor mungkin akan mengalami kerusakan dan akhirnya patah. 

4. Cari Tombol Daya dan Nyalakan Laptop


Biasanya letak tombol daya berada pada bagian atas keyboard. Tombol ini ditandai dengan simbol universal untuk menghidupkan daya. Bentuknya seperti lingkaran dengan garis melewati setengah bagian lingkaran.

5. Sabar, Tunggu Hingga Proses Boot Selesai


Laptop mungkin membutuhkan waktu boot yang lebih lama dibanding komputer desktop atau pun smartphone. Untuk itu, bersabarlah untuk menunggu. Paling hanya berlangsung 10-20 detik.

6. Gunakan Trackpad untuk Mengarahkan Kursor


Kursor ini yang menunjukkan arah dan bisa bergerak-gerak. Untuk menjalankannya, kamu bisa menggunakan trackpad (bentuknya datar dan senfitif). Kamu bisa mencobanya dengan jari-jari sebagai pengganti mouse. Geserlah dengan satu jari saja pada daerah trackpad.

Ada beberapa laptop yang trackpadnya bisa multisentuh. Dengan menggunakan dua jari, kamu bisa menghasilkan beberapa fungsi. Coba lakukan eksperimen, geser-geser menggunakan satu jari, dua dan tiga jari pada trackpad. Kalau laptop saya bisa melebarkan dan mengecilkan ukuran suatu halaman.

Pada beberapa model laptop Lenovo (misalnya model thinkpad), kamu akan menemukan sebuah perangkat mini berwarna merah di tengah-tengah keyboard. Persisnya di antara tombol ‘G’ dan ‘H’. Perangkat ini sering disebut dengan ‘trackpoint’, fungsinya mirip sekali dengan joystick namun hanya bisa digerakkan oleh satu jari.

Untuk laptop jadul mungkin masih menggunakan trackball (bola). Menggulirkan bola bisa membuat mouse pointer menjadi bergerak.

Laptop zaman sekarang mungkin sudah ada yang dilengkapi dengan pen interface (antramuka pena). Dengan melayangkan pena di atas layar, kamu bisa menggerakkan ponter dengan mudah. Coba tekan pena untuk melakukan klik pada layar laptop.

Sampai sini, apakah kamu masih kesulitan juga? Tenang, jangan khawatir. Kamu masih bisa menggunakan mouse. Coba cari port USB, biasanya berada pada bagian samping. Setelah itu, masukkan USB mouse ke port dan tunggu hingga laptop mendeteksi. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan mouse sesuka hati.

7. Coba Gunakan Tombol Klik Kiri dan Klik Kanan


Biasanya, laptop sudah menyediakan tombol khusus di bagian bawah trackpad. Beberapa trackpad mungkin bisa melakukan klik dengan menekannya secara pelan. Secara default, laptop kamu sudah diatur untuk melakukan klik kiri pada tombol sebelah kiri, klik kanan pada tombol sebelah kanan.

Cobalah untuk bereksperimen, kamu mungkin bisa menemukan fungsi unik yang belum pernah kamu tahu sebelumnya.

8. Cari Lokasi Optical Drive


Laptop tentu berbeda dengan ‘netbook’ yang umumnya tidak memiliki optical drive. Keunggulan ini tentu biasanya berkaitan dengan ukurannya, berhubung laptop itu cukup besar maka bisa memasukkannya ke optical drive ke laptop.

Optical drive ini bisa digunakan untuk membaca file CD/DVD atau instalasi program dan driver. Letak optical drive ini biasanya berada pada bagian samping, kamu bisa membukanya dengan menekan tombol kecil.

Jika susah, coba kamu masuk ke windows explorer. Setelah itu, cari simbol optical drive dan lakukan klik kanan. Pilih opsi ‘eject’, maka optical drive akan keluar secara otomatis.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba dengan menaruh CD/DVD ke ruang optical drive. Kemudian tutup kembali dengan hati-hati.

[Install software]

9. Update Software


Sebagai pemula, kamu perlu belajar mengupdate sebuah perangkat lunak (software) agar tidak bingung jika sewaktu-waktu ada masalah.

Pada laptop sebenarnya sudah terinstall berbagai aplikasi seperti : kalkulator, pengolah kata dasar (notepad) dan aplikasi untuk berbagi foto. Selain itu, ada juga laptop yang menggunakan software khusus untuk mendukung performa laptop.

Misalnya untuk mengontrol sumber daya dan grafis, driver atau antivirus. Dengan mengetahui caranya, kamu bisa menambah aplikasi sesuai kebutuhanmu secara langsung. Bila kamu tidak ingin merogoh kocek, banyak kok aplikasi yang gratis. Tapi pastikan yang legal ya, soalnya kalau yang illegal biasanya mengandung virus.

Jika kamu pengguna windows, kamu bisa memperbarui versi sistem operasinya. Misal dari windows 7 ke Windows 10. Kamu juga bisa melakukan pembaruan dengan menggunakan Windows Update atau software pabrikan laptop.

Nah sedangkan untuk kamu pengguna Mac, kamu bisa menggunakan opsi upgrade sesuai dengan bawaan softwarenya. Pada laptop Mac, biasanya fungsi ini sangat mudah untuk ditemukan. Coba cari-cari, lalu lakukan pembaruan dengan benar.

10. Pasang Software Office untuk Pekerjaan


Laptop juga sebenarnya digunakan untuk orang-orang yang membutuhkan fleksibilitas dalam bekerja mobile. Maka dari itu, kamu perlu menambah aplikasi kantoran untuk menunjang pekerjaan. Dengan menambahkan aplikasi ini, kamu bisa mengetik, membuat presentasi atau pencatatan akuntansi. Jika laptopmu memang belum ada aplikasinya, coba install salah satu aplikasi berikut:

Open Office dan Libre Office, aplikasi ini mampu mengolah kata, membuat spreadsheet untuk akuntansi atau membuat presentasi. Mungkin aplikasi ini tidak selengkap Microsoft office, namun sebenarnya sudah cukup powerfull. Terlebih aplikasi ini gratis tanpa harus membayar lisensi.

Google Docs sebagai pilihan kedua untuk menggantikan office suite. Perlu kamu tahu, google docs merupakan software berbasis closed based (komputasi awan) yang menawarkan fungsi yang sama dengan open office atau ms. Office. Meskipun pilihan alternatif, software ini benar-benar berguna. Kelebihan lainnya, software ini gratis. Untuk menggunakannnya, kamu perlu terkoneksi dengan internet.

Microsoft Office, aplikasi ini tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis jika laptopmu itu sudah pre-installed Windows. Biasanya kalau belu baru, sudah terpasang ms. Office-nya. Nah, bila tidak, kamu perlu membayarnya di toko terdekat.

11. Pasang Software Editing


Sebagai seorang pemula, kamu juga harus belajar dan haus praktik. Kalau tidak, kamu akan di situ-situ aja tanpa ada perkembangan. Sebagai tantangan, cobalah untuk menginstall software editing. Yang simpel-simpel saja dan langsung bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa memilih aplikasi yang gratis.

Bila kamu memiliki iPhone dan laptopmu itu Macbook, kamu bisa menginstall aplikasi Photo Stream untuk membagikan foto-fotomu.

Kamu juga bisa membagikannya dengan picasa, aplikasi besutan google. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memotong, memberikan perbaikan foto, mewarnai ulang, dan bahkan membuat panorama pada foto. Itu sangat mengesankan bukan?

Untuk tingkat lanjut, kamu bisa menggunakan software Adobe Photoshop Express bila sistem operasinya sudah Windows 10.

[Bekerja dengan Laptop]

12. Internetan dengan Laptop


Laptop merupakan perangkat yang mudah dibawa kemana pun, tetapi kamu harus menyambungkannya ke internet agar penggunaannya bisa lebih maksimal.. Jika driver laptop sudah terpasang semua, biasanya kamu sudah bisa langsung internetan. Kamu bisa internetan dengan perantara berikut:
  • WiFi : Coba cari simbol sinyal pada laptop, lalu klik. Setelah itu pilih nama WiFinya lalu masukkan password. Buka browsermu, lalu cek internetnya.
  • Modem : Kamu harus membeli perangkat ini di toko beserta paketan datanya. Masukkan kartu SIM, lalu klik connect pada aplikasi bawaan modem. Setelah itu, kamu langsung bisa internetan.
  • Ethernet Jaringan
  • Jika kamu menggunakan jaringan langsung, kamu bisa memasukkan kabel Ethernet dari router atau modem ke port bagian samping (RJ45). Dengan begitu, laptopmu otomatis terkoneksi dengan internet.

13. Gunakan Mouse


Meski laptop sudah memiliki trackpad, kamu juga perlu menambahkan mouse agar lebih maksimal. Mouse akan memudahkan mu menyelesaikan pekerjaan karena kamu tidak perlu mempertahankan pergelangan tangan agar berada di sudut yang sama. Tentunya lebih enak dan leluasa bukan?

Rekomendasi terbaik dari saya, gunakanlah mouse wireless agar tidak ribet mengenai kabelnya.

14. Kombinasikan dan Duplikasi Layar


Untuk menghasilkan produktivitas tinggi, kamu bisa menduplikasi layar mu ke monitor lain. Kamu bisa mengarahkannya ke computer desktop. Tampilannya mungkin bisa menjadi lebih besar dan powerfull untuk digunakan. Kamu bisa memilih layar kedua sebagai layar utama atau menggunakan kedua layar secara bersamaan.

15. Hubungkan Layar dengan TV


Emang bisa? Bisa kok.. Sebagian laptop saat ini biasanya sudah memiliki koneksi DVI atau HDMI yang mampu menghasilkan video dengan resolusi tinggi (High Definition atau HD). Kamu bisa menghubungkan layar laptop dengan TV agar lebih mantap.

16. Sambungkan dengan Speaker


Biasanya speaker laptop suranya kurang terdengar keras. Jika kamu membutuhkan suara yang besar dan bertenaga, kamu harus menggunakan speakers eksternal. Laptop mu mungkin memiliki audio digital, 5.1 atau SPDIF yang mampu menyediakan audio dengan ketepatan tinggi.

Selain itu, laptop mu mungkin bisa tersambung dengan audio di mobil. Coba cari caranya lalu lakukan dengan hati-hati. Jangan mengganti lagu seorang diri dengan menekan tombol jika kamu sedang mengendarai mobil.

17. Tips Lainnya


Atur area kerjamu sebaik mungkin. Posisi yang baik saat mengoperasikan laptop membuat kamu lebih nyaman.

Gunakan tas jika dibawa bepergian. Seperti yang kamu tahu, laptop adalah barang yang mudah rusak bila tidak dijaga dengan baik. Jika kamu menaruh laptop di tas yang tidak memiliki pelindung, laptopmu bisa rusak ketika terkena benturan.

Pilihlah tas berkualitas baik yang memiliki busa pelindung untuk laptop. Biasanya laptop yang baru dibeli sudah ada bonus gratis berupa tas, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Backup laptop secara teratur. Melakukan backup (cadangkan data) merupakan pencegahan bila sewaktu-waktu data penting pada laptop hilang. Dengan backup, datamu masih bisa ditemukan di penyimpanan lain. Lakukanlah backup secara berkala, khususnya bagi kamu yang selalu sibuk dengan pekerjaan.

Jaga dan awasi laptopmu. Karena laptop mudah dibawa dan gampang dijual kembali, laptopmu pasti gampang sekali menjadi sasaran empuk para pencuri. Apalagi jika laptopmu dibawa ke tempat umum, sudah pasti menjadi lirikan banyak orang. Waspadalah! Jangan sampai kamu teledor meninggalkan laptop tanpa mengawasinya, kamu harus berhati-hati terhadap kondisi sekitar.

Jangan menumpahkan sesuatu. Pada laptop terdapat banyak lubang yang terbuka untuk sirkulasi dan lubang pada sela-sela tombol keyboard. Jangan sampai kamu menumpahkan air ke laptop, entah bagian mana pun itu. Bila air masuk dan kondisi laptop mu menyala, mungkin saja laptop mu menjadi rusak karena kongslet.

Garansi pada laptop mu tidak akan menanggung kasus ini, jadi kamu harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Maka dari itu, pastikan laptop berada jauh dari minuman.

Jangan menjatuhkan laptop. Mayoritas laptop menggunakan hard disk yang rentan rusak jika terjadi benturan atau guncangan. Hard disk memiliki putaran sangat cepat pada cakramnya dan seandainya laptopmu terbentur sangat keras, mungkin hard disknya akan rusak. Selain itu, komponen lainnya juga bisa ikut terpengaruh.

Laptop panas saat dipakai. Bila kamu menggunakan laptop terlalu lama, biasanya suhu laptop menjadi lebih panas.
  • Laptop gaming yang khusus untuk permainan umumnya rentan mengalami panas. Untuk itu, rawatlah laptop gaming dengan sebaik mungkin.
  • Jangan gunakan laptop di atas sinar matahari langsung atau kondisi panas. Selain membuat layarmu menjadi sulit dibaca, sinar matahari bisa membuat laptop menjadi jauh lebih panas.
  • Beli pendingin laptop (cooling pad). Alat ini memiliki kipas yang bisa mengalirkan udara sekitar pada bagian bawah laptop. Hasilnya, suhu panas akan berkurang dan sirkulasi menjadi lebih lancar.

Kesimpulan:


Menggunakan laptop itu mudah, asal terbiasa dan tahu caranya. Bagi kamu yang masih awam dengan laptop, artikel ini diharapkan bisa membantu mu. Selain itu, kamu juga perlu menggali wawasan lain agar semakin mahir. Kamu bisa membaca artikel berikut ini:
Yaps, salam sukses teman. Semoga berhasil!

Referensi:
  • WikiHow

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top