Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 09 Oktober 2017

7 Cara Menghilangkan Baret/Gores pada Layar Monitor Laptop

Cara menghilangkan bekas baret atau goresan pada layar monitor laptop/komputer - Bagi kita yang sudah berada di jaman modern ini, menggunakan laptop mungkin sudah menjadi keharusan.

Cara Menghilangkan Baret/Gores pada Layar Monitor Laptop

Setiap kali kita melakukan pekerjaan mungkin akan terbantu dengan adanya laptop. Namun, adakalanya kita ceroboh dan teledor hingga laptop kita mengalami kerusakan.

Misalnya saja tanpa sengaja kita menggores layar laptop kita dengan pulpen. Tentunya ini cukup
mengganggu kita. Nah, jika kamu memiliki masalah serupa, cobalah untuk menyimak beberapa pembahasan berikut ini.

Catatan: Cara ini hanya bisa kamu gunakan jika goresan tidak terlalu parah. Jika sekiranya masih bisa diperbaiki, maka cobalah cara-cara yang akan saya sampaikan.

Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop Tegores agar Hilang


1. Menggunakan Vaselin


Langkah pertama, carilah kain microfiber lalu beri cairan isoprphyl alkohol 50% dan air biasa 50%.
Setelah itu, bersihkan layar LCD monitor secara menyeluruh. Lakukan dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan seluruh kotoran atau debu yang ada pada permukaan layar.

Setelah itu, oleskan Vaseline secukupnya pada layar yang tergores kemudian hilangkan sisa-sisa
Vaseline di sekitar goresan dengan lembut.

2. Menggunakan Penghapus Pensil


Sama seperti sebelumnya, gunakan kain microfiber lalu bersihkan dengan cairan isprophyl dan air
biasa masing-masing 50%.

Coba gunakan penghasil yang masih baru atau setidaknya lembut dan bersih. Diusahakan jangan
menggunakan penghapus yang menyatu dengan pensil, carilah yang terpisah. Usapkan secara perlahan di tempat baret/gores.

Usaplah hingga baret/gores pada layar menghilang. Cara ini mungkin tidak seampuh cara pertama, namun masih bisa kamu coba.

3. Menggunakan Pasta Gigi


Kamu mungkin terkejut dan tidak menyangka bahwa pasta gigi yang biasa digunakan ternyata bisa untuk memperbaiki layar yang tergores.

Satu hal yang pasti, kamu perlu menggukana pasta gigi yang biasa bukan berbentuk gel. Sifat basa
pada pasta gigi membuat pasta menjadi licin dan ini bisa digunakan untuk menghilangkan sebuah
goresan.

Caranya juga simpel, kamu hanya perlu menggunakan kapas atau kain bersih untuk mengoleskan pasta gigi pada layar laptop. Usap layar secara merata dengan gerakan melingkar. Lakukan hingga goresan menjadi hilang.

Setelah itu, bersihkan layar kembali dengan kain lembut yang disertai cairan pembersih untuk
menghilangkan pasta gigi yang menempel.

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih yang biasa digunakan sebagai penghangat juga ternyata mampu menghilangkan goresan atau baret pada layar. Coba berilah sedikit minyak kayu putih pada layar, lalu gosok perlahan
menggunakan kain kering yang bersih.

Kalau tidak, coba gunakan tisu atau kain bersih. Beri 1-2 tetes minyak kayu putih lalu bersihkan secara melingkar pada layar. Setelah itu, biasanya layar akan tampak seperti sediakala.

5. Minyak Sayur


Jika layar kamu memiliki goresan kecil atau goresan tersembunyi, menggunakan minyak sayur mungkin menjadi pilihan yang tepat. Caranya pun sama seperti cara-cara sebelumnya, sangat mudah. Jika sudah diusap, hilangkan sisa minyak tadi agar layar tidak licin. Kamu hanya perlu menggunakan tisu untuk membersihkan layar.

6. Menggunakan Bedak Bayi


Selain harganya murah dan mudah didapat, bedak bayi cukup topcer untuk mengatasi layar yang
tergores. Kamu bisa mendapatkannya di warung-warung, supermarket, minimarket atau toko kosmetik terdekat.

Untuk caranya sendiri, cobalah untuk mencampurkan bedak bayi dengan sedikit air. Perpaduan ini
menghasilkan pasta tebal yang bisa digunakan untuk menghilangkan goresan. Coba oleskan pada layar secara lembut dan perlahan. Jika sudah, usap layar dengan kain kering yang bersih agar sisa bedak menjadi hilang.

7. Putih Telur dan Tawas


Ada tutorial online dari Yahoo yang mengatakan bahwa mencampur putih telur dengan tawas (kalium aluminium sulfat) dapat menghilangkan sebuah goresan. Nah, jika cara-cara sebelumnya belum berhasil maka kamu bisa mencoba cara ini.

Sebelumnya, kamu memerlukan beberapa bahan yaitu kain microfiber, aluminuim foil, telur dan tawas.

Untuk langkah pertama, coba campurkan putih telur (1 butir) dengan satu sendok teh tawas ke dalam panci. Kemudian panaskan hingga suhu 150 derajat Fahrenheit. Rendamlah kain microfiber ke dalam campuran tersebut lalu masukkan kain pada aluminium foil.

Setelah itu, tempatkan kain ke dalam oven 300 derajat hingga benar-benar kering. Setelah beberapa saat, ambil kain lalu bilas dengan air dingin selama 20-30 detik.

Coba ulangi langkah tersebut sampai tiga kali lalu biarkan kain di udara hingga kering selama dua hari (48 jam). Jika sudah selesai, baru bersihkan layar kamu dengan kain tadi. Usap secara lembut dan perlahan.

Tips:

Nah, sedikit tips dari saya agar kasus seperti ini tidak terulang kembali.
  • Jangan multitasking saat kamu menggunakan sebuah perangkat. Cobalah untuk memegang kontrol, misalnya kamu sedang menggunakan laptop maka smartphone kamu harus diabaikan terlebih dahulu. Biasakanlah untuk fokus ke satu hal terlebih dahulu, jangan multitasking. Keadaan yang multitasking sering kali membuat kita teledor akan situasi. Bukannya pekerjaan cepat selesai, yang ada malah pikiran kamu terganggu dan timbul masalah seperti ini.
  • Jauhkan layar laptop dari benda-benda tajam atau yang kotor-kotor seperti pulpen, pensil, penggaris, kunci, tipe-x, jangka dan lain sebagainya.
  • Sebelum mengoperasikan laptop, pastikan tangan kamu sudah steriil dan bersih dari kotoran. Jika tangan kamu kotor, segera cuci tangan dengan air bersih.
  • Gunakan antigores atau pelindung pada layar laptop Anda untuk mencegah masalah seperti ini.
  • Jangan memasukkan laptop ke dalam tas yang penuh. Pastikan tas kamu tidak terlalu sesak agar laptop kamu bisa muat dengan baik. Jika dibiarkan begitu saja, layar laptop kamu akan mengalami tekanan berlebih sehingga memungkinkan layar untuk tergores, retak atau pecah.   
  • Kamu juga bisa menerapkannya pada perangkat lain seperti handphone atau monitor pada computer desktop (PC).
Nah itulah cara menghilangkan baret atau goresan pada layar laptop. Semoga bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan ini.

Jika ternyata layar laptop kamu mengalami masalah lain seperti layar bergaris atau layar terbelah menjadi 3, kamu harus mempelajari nya dengan baik. Jangan buru-buru dibawa ke tempat reparasi.

Selamat mencoba!

Referensi: Kompasiana
 
Back To Top