GoLepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 12 Oktober 2017

Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop Berkedip/Sering Hidup Mati

Laptop memang tidak bisa luput dari yang namanya kerusakan. Pasti ada saja permasalahan yang menghampiri dari hari ke hari. Kali ini, ada satu masalah yang cukup menyebalkan yaitu layar monitor kedap-kedip atau sering hidup mati sendiri.

Layar LCD-nya berkedip ketika menampilkan gambar (gambar kadang tampak terang lalu gelap) dan ketika digerakkan, layar menjadi semakin berkedip. Hal ini bahkan terjadi sampai berulang kali.

Cara Mengatasi Layar Monitor Laptop Berkedip/Sering Hidup Mati
Layar Monitor Laptop Kedap-kedip atau Sering Hidup Mati
Ketika menggunakan laptop dan ternyata layarnya seperti itu, kamu pasti akan terganggu bukan? Untuk itu, kamu sebenarnya perlu merawat laptop dengan lebih baik lagi. Terlebih layar LCD merupakan salah satu komponen yang rentan sekali mengalami kerusakan. Jika kamu tidak hati-hati, layar LCD mungkin akan bergaris, terbelah menjadi tiga atau seperti kasus ini (layar bekedip).

Jika kamu layar bergaris, kamu bisa membaca cara mengatasi layar bergaris pada pembahasan sebelumnya. Sedangkan bila kamu layarnya berkedip atau sering hidup mati sendiri, kamu perlu menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab Layar Monitor Laptop Berkedip-Kedip atau Sering Hidup Mati Sendiri


Layar bermasalah seperti ini mungkin disebabkan karena beberapa hal berikut ini:
  • Laptop pernah terjatuh sehingga membuat komponen penting tergeser, kendor atau rusak.
  • Rusaknya bagian kabel inverter laptop.
  • Rusaknya modul inverter laptop.
  • Kendor/rusaknya kabel fleksibel laptop.
  •  Rusaknya bagian neon LCD.
Nah sesudah kamu mengetahui penyebabnya, kamu mempelajari cara mengatasi permasalahannya bukan? Mari lanjut…

Cara Atasi Layar Monitor Laptop Kedap-kedip atau Suka Hidup Mati secara Terus Menerus


1. Cek Kabel

Perlu kamu tahu, gangguan pada kabel bisa menyebabkan layar laptop berkedip-kedip, bahkan mungkin berlangsung terus menerus. Coba periksa kabel yang terhubung dengan layar, apakah ada yang rusak atau tidak.

Lepas kabel terlebih dahulu lalu pasang kembali dengan kencang. Setelah itu, nyalakan laptop kamu lalu perhatikan. Jika ternyata normal, maka letak permasalahannya ada pada kabel. Namun bila tidak, coba periksa bagian yang lain.

2. Cek VGA

Jika kamu bisa membongkar laptop sendiri, coba perhatikan kondisi VGA-nya. Sering kali permasalahan yang timbul di layar disebabkan oleh kondisi VGA yang kurang baik. Jika setelah diperiksa VGA mengalami kerusakan, mungkin kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

3. Cek Modul Inverter

Berikut kami paparkan secara singkat:
  1. Matikan laptop kamu lalu lepas baterai dan cabut charger/adaptor laptop.
  2. Buka casing LCD (frame) dengan hati-hati.
  3. Lepas konektor kabel yang terhubung.
  4. Periksa komponen secara menyeluruh, apakah ada kerusakan fisik pada modul inverter dan kabel-kabel atau tidak. Jika ada, kamu mungkin perlu memperbaikinya langsung atau menggantinya.
  5. Bila tidak ada, lepas inverternya.
  6. Coba gunakan magnet kecil lalu dekatkan dengan jarak sekitar 2cm ke inverter. Setelah itu, gerakan dari ujung ke ujung agar muatan statis menjadi hilang. Lakukanlah 1 sampai 2 kali saja.
  7. Gunakan selotip kertas untuk melapisi inverter dan memperkuat kondisi PCB inverter.
  8. Selanjutnya, pasang kembali konektor dari kabel-kabel. Pastikan juga konektor terpasang dengan erat dan baik.
  9. Untuk memperkuat sambungan, balut konektor dengan selotip kertas.
  10. Setelah itu, pasang kembali inverter dan frame LCD-nya.
  11. Terakhir, nyalakan laptop kamu. Biasanya LCD sudah dapat menampilkan gambar tanpa ada kedipan.
Sudah dicoba? Tidak berhasil juga? Lanjut…  

4. Dinginkan dan Jaga Suhu Prosesor 

Mungkin prosesor kamu itu terlalu panas sehingga layar menjadi suka berkedip. Kamu bisa menambahkan kipas (fan) eksternal untuk mendinginkan suhu. Saat ini banyak yang menjual dengan harga miring, cari-cari saja di situs online seperti lazada atau tokopedia.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi layar monitor yang sering berkedip-kedip atau sering hidup mati sendiri. Semoga cara-cara di atas bisa membantu kamu  untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami.

Bila tidak berhasil, coba cari referensi lain atau membawanya ke tempat reparasi terdekat. Carilah tempat reparasi yang sudah berpengalaman dan terpercaya ya…

Good luck guys!
 
Back To Top