Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Rabu, 04 Oktober 2017

10 Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis & Multimedia

Seorang desainer grafis dan editor multimedia biasanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang memadai.
Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis & Multimedia
Sebenarnya yang menjadi poin penting dalam memilih laptop desain grafis dan multimedia yaitu daya tahan, ketajaman piksel pada layar, serta performa pada prosesor dan memori.

Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai aspek lainnya agar Anda tidak salah memilih laptop desain grafis & multimedia.

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis & Multimedia


1. Prosesor


Prosesor merupakan bagian terpenting pada laptop. Sebagai sebagai seorang desainer dan editor multimedia, Anda pasti membutuhkan kriteria prosesor yang mumpuni.

Dari segi teknologi, prosesor yang disarankan adalah generasi terbaru atau minimal generasi dibawahnya.

Prosesor terbaru tentu memiliki kecepatan yang lebih tinggi sehingga kinerja laptop akan menjadi benar-benar maksimal. Meskipun menggunakan program yang cukup berat, laptop Anda mungkin tidak akan mengalami hang atau lemot.

Selain kecepatan, jumlah core pada prosesor juga perlu Anda perhatikan. Kebanyakan aktivitas multimedia seperti render video sudah mendukung penggunaan multi-core. Jadi, semakin banyak jumlah core dari prosesor akan semakin tinggi pula kinerja laptop saat digunakan.

Selanjutnya, pastikan juga memori internal pada prosesor memadai. Makin besar cache memori prosesor (L1, L2, L3), makin nyaman pula saat Anda gunakan. Misal Anda membuka banyak program secara bersamaan (multitasking), sensasinya mungkin berbeda.

Mayoritas pengguna laptop lebih memilih prosesor Intel Core Series dengan GHz tinggi untuk mendukung berbagai aktivitas professional. Bila Anda seorang desainer grafis dan memiliki budget yang cukup, pilihlah laptop dengan prosesor i7 atau i5. Sedangkan bagi Anda yang lebih suka menggunakan prosesor AMD, disarankan untuk menggunakan A series seperti AMD A10 atau A8.

Memilih prosesor untuk keperluan desain grafis dan multimedia harus diperhatikan baik-baik, jangan sampai salah memilih.

2. Layar


Seorang desainer grafis mungkin perlu waktu berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaannya. Layar yang kurang sesuai tentu akan membuat badan kurang nyaman dan mata menjadi cepat lelah.

Nah, dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:
  • Tipe Panel
Tipe panel pada layar biasanya akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam menatap layar. Nah, untuk tipe panel yang disarankan adalah model IPS (In-Plane Switching). Model IPS ini perlu Anda utamakan baik untuk layar LCD maupun LED.

Keunggulan panel IPS yaitu tingkat keakuratan dan tampilan yang konsisten/nyata saat dilihat dari berbagai sudut pandang. Jika Anda suka bekerja di luar ruangan, pilihlah layar yang anti-glossy atau anti-glare agar kecerahan layar tidak terlalu redup/silau.
  • Ukuran dan Resolusi
Kepadatan pixel tentu mengikuti ukuran dan resolusi dari layar monitor itu sendiri. Untuk keperluan desain grafis, layar yang besar tentu akan sangat membantu. Misalnya 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD) atau 3840 x 2160 (4K UHD).

3. Graphic Card


Dalam memilih laptop desain dan multimedia, kartu grafis atau VGA merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan. Kartu grafis juga berperan sebagai kunci utama yang menghubungkan pengguna dengan data visual pada layar. Oleh karena itu, beberapa hal berikut ini mungkin perlu Anda pertimbangkan:

Lihat spesifikasi kartu grafis pada laptop. Pilihlah kartu grafis yang mendukung pekerjaan Anda. Bila kartu grafis tersebut memang dibuat untuk keperluan desain dan multimedia, maka kinerjanya sudah pasti baik. Kartu grafis yang saya rekomendasikan yaitu Nvdia GeForce dan ATI Radeon.

Pertimbangkan jenis dan besarnya memori yang ada pada kartu grafis. Misalnya GDDR4 tentu performanya akan mengalahkan GDDR3. Kapasitas memori juga perlu Anda pertimbangkan, usahakan 1GB atau 2GB. Makin tinggi jumlah memorinya, makin tinggi pula performa yang dihasilkan.

Sama halnya dengan prosesor, kartu grafis juga memiliki inti. Semakin banyak jumlah intinya, semakin banyak pula tugas yang bisa diselesaikan. Jadi, waktu kerja Anda bisa menjadi lebih efektif.

Desain tenaga termal. Hampir setiap kartu grafis memiliki desain tenaga termal (thermal design power/TDP) yang didesain untuk keperluan laptop. Bila tenaga yang dibutuhkan besar, biasanya laptop akan menjadi cepat panas. Maka dari itu, pilihlah laptop yang mempunyai kartu grafis dengan TDP kecil.

Terakhir, pilihlah kartu grafis yang terpisah bukan onboard agar kinerjanya lebih maksimal.

4. RAM


Berhubung aplikasi desain itu cukup berat, Anda sebaiknya menggunakan RAM dengan kapasitas yang besar. Kinerja RAM tentu akan memengaruhi performa dari laptop ketika digunakan. Kapasitas RAM yang disarankan minimal 4GB dengan model DDR3 atau DDR4.

Pastikan juga laptop pilihan Anda memiliki slot RAM tambahan supaya bisa diupgrade jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

5. Baterai


Baterai merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki laptop dibanding komputer desktop. Kita bisa melakukan pekerjaan tanpa harus tersambung dengan sumber listrik.

Berbeda dengan laptop gaming, laptop untuk desain dan multimedia benar-benar membutuhkan daya baterai yang awet dan tahan lama. Untuk itu, pilihlah jenis laptop yang mampu beroperasi dalam waktu yang lebih lama.

6. Storage


Media penyimpanan (storage) tentu sangat diperlukan untuk menyimpan data-data penting. Untuk menunjang aktivitas desain dan multimedia, laptop yang Anda gunakan harus mempunyai media penyimpanan yang memadai.

Media penyimpanan ini sebaiknya sudah menggunakan model terbaru yaitu SSD. Anda juga bisa memilih penyimpanan Hybrid yaitu perpaduan antara SSD dan HDD pada satu laptop. Untuk kapasitas penyimpanan nya minimal 500GB dan optimal pada 1TB.

7. Sistem pendingin


Melakukan aktivitas desain atau multimedia umumnya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan memerlukan aplikasi yang cukup berat. Hal ini biasanya akan membuat laptop menjadi cepat panas dan overheat. Maka dari itu, pilihlah laptop dengan sistem pendingin dan sirkulasi udara yang baik. Jika memungkinkan, gunakan juga kipas pendingin tambahan agar suhu laptop tetap stabil.

8. Harga


Untuk masalah harga sebenarnya variatif. Anda hanya perlu menyesuaikan budget dengan kebutuhan Anda. Bila hanya untuk mendesain dengan Adobe Photoshop atau Corel Draw mungkin laptop seharga 4-7 jutaan sudah cukup.

Namun bila Anda menggunakannya untuk rendering video dengan efek CGI menggunakan Adobe After Effect mungkin memerlukan spesifikasi yang lebih mantap lagi. Jika spesifikasi laptop kurang mendukung, biasanya laptop akan menjadi ngehang atau lemot.

Tapi yang paling penting adalah jangan memaksakan diri untuk membeli laptop yang sangat mahal namun budget kurang mendukung. Sesuaikan saja dengan isi dompet Anda.

9. Garansi


Jika Anda membeli laptop baru, pastikan Anda diberi jaminan berupa kartu garansi. Laptop desain grafis dan multimedia biasanya akan bekerja dengan lebih keras, mungkin saja ada kerusakan yang terjadi. Jika terdapat kerusakan selama masa garansi, Anda bisa membawanya kembali ke distributor atau service center terdekat (tempat dimana Anda membeli laptop).

10. Rekomendasi


Sebagai rekomendasi, saya menyarankan Anda untuk memilih laptop besutan Apple yaitu Macbook. Dengan spesifikasi yang mumpuni, Macbook benar-benar bisa mewakili kriteria laptop untuk desain grafis dan multimedia.

contoh laptop desain grafis dan multimedia

Untuk model laptopnya, Macbook Pro keluaran terbaru mungkin bisa menjadi pertimbangan. Laptop ini didesain dengan prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan hingga 3,3 GHz. Untuk storage, laptop ini sudah menggunakan teknologi SSD. Selain itu, memorinya juga sudah sangat powerfull yaitu sebesar 8GB.

Tak mau ketinggalan, layarnya juga sudah dilengkapi dengan panel IPS dan fitur retina display. Anda bisa memilih ukuran 13 atau 15 inci.

Meskipun harganya cukup mahal, laptop Macbook tentu menawarkan spesifikasi dan kualitas yang sebanding. Berbagai kelebihan macbook bisa Anda jadikan sebagai penunjang aktivitas desain dan multimedia.

Untuk laptop biasa berbasis Windows, saya sarankan Anda untuk memilih ASUS ROG. Meskipun laptop ASUS ROG dikhususkan untuk gaming, tapi sebenarnya bisa juga digunakan untuk keperluan desain dan multimedia.

Semua pekerjaan Anda pasti akan sangat terbantu oleh kedua laptop ini. Baik Macbook Pro maupun ASUS ROG, keduanya sama-sama hebat dalam urusan ini.

Jika harga laptop tersebut masih terlalu mahal, Anda bisa mencoba memilih laptop lain yang harganya lebih murah namun tetap ‘sangar’ dalam hal performanya. Anda bisa memilih laptop ASUS A43SV-VX072D, Lenovo Ideapad G400s-6485, Samsung NP 355V4X-S03ID.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top