Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Rabu, 27 September 2017

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak dan Tidak Berfungsi

Seperti yang kita tahu, keyboard merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada laptop. Anda pasti selalu menggunakannya setiap kali Anda mengoperasikan laptop. Karena sering digunakan, keyboard menjadi bagian yang rentan mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak dan Tidak Berfungsi

Keyboard laptop yang rusak tentu sangat menjengkelkan jika digunakan. Pekerjaan yang seharusnya selesai saat ini malah tertunda karena keyboard yang rusak atau tidak berfungsi. Hal ini bisa membuat pikiran pusing, bahkan stress berkepanjangan. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

Jika beberapa tombol keyboard mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, mungkin saja karena ada permasalahan pada hardware dan softwarenya.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Ikuti penjelasan lengkap berikut ini…

#1. Restart Laptop


Bila kasusnya adalah seluruh keyboard tidak berfungsi, mungkin ada gangguan pada software atau driver laptop. Coba lakukan restart pada laptop Anda, hal ini mungkin bisa mengatasi permasalahan. Seandainya tidak bisa restart melalui start menu, Anda bisa saja  menekan kombinasi Alt + F4, lalu pilih menu restart.

Jika cara ini tidak berpengaruh, mari lanjut ke poin selanjutnya.

#2. Restore Windows


Adakalanya keyboard tidak berfungsi sama sekali setelah melakukan pemasangan program atau mengubah pengaturan pada Windows.

Jika masalah ini Anda alami, coba lakukan Restore Windows. Apa itu Restore? Intinya, restore bisa mengembalikan keadaan Windows seperti keadaan sebelumnya. Bila sebelumnya normal, maka melakukan restore umumnya akan berhasil.

Untuk menjalankan fitur ini, Anda bisa ikuti langkah berikut:
  1. Klik Menu Start lalu pilih Control Panel pada bagian panel sebelah kanan.
  2. Akan muncul berbagai opsi. Perhatikan bagian System and Security kemudian pilih Back up your computer.
  3. Di halaman selanjutnya, pilih Recover system settings or your computer. Setelah itu, klik Open System Restore.
  4. Ikuti perintah dan tunggu hingga selesai. Laptop akan restart, lalu periksalah semua tombol keyboard. 
Masih adakah yang tidak berfungsi? Biasanya sampai sini sudah normal tanpa kendala. Bila belum berhasil, lanjut saja ke poin selanjutnya.

#3. Periksa NumLock


Seringkali kita tidak menyadari tombol yang kita tekan, salah satu contohnya menekan tombol NumLock. Ketika NumLock ini aktif, maka karakter keluarannya huruf bisa menjadi karakter berupa angka. Jika dibiarkan dan Anda tidak tahu mengatasinya, bisa saja Anda kebingungan. Untuk itu, cobalah untuk membaca cara mematikan numlock keyboard dengan benar.

#4. Perbaiki Driver Keyboard


Driver keyboard yang bermasalah tentu akan memengaruhi kinerja keyboard. Mungkin saja driver keyboard Anda mengalami crash atau belum diperbarui. Anda bisa memastikan kondisi driver melalui Device Manager.

Ini caranya:
  1. Masuk ke Control Panel, lalu pilih System and Security dan pilih Device Manager. Cara cepatnya, gunakanalah fitur search lalu ketikkan Device Manager. Setelah itu, enter.
  2. Pada menu Device Manager, Anda bisa melihat deretan driver yang terpasang. Carilah yang menerangkan driver keyboard.
  3. Bila Anda menemukan logo segitiga kuning dengan tanda seru di dalamnya, mungkin ada masalah pada drivernya. Coba updater driver dengan melakukan “Search otomatically” atau mengunduhnya di situs resmi vendor laptop Anda. Setelah itu, install drivernya.
Alternatif lain, Anda bisa menggunakan Driver Pack Solution agar tidak perlu repot-repot mencari driver secara manual.

#5. Bersihkan Keyboard dari Debu


Apabila ada sebagian tombol yang tidak berfungsi sedangkan tombol yang lainnya masih normal, mungkin ada debu/kotoran pada sela-sela keyboard.

Cobalah untuk membersihkan debu dengan baik. Miringkanlah laptop pada 75 atau 90 derajat. Setelah itu, gerak-gerakkan laptop untuk menghilangkan debu. Namun sebelumnya Anda harus mematikan laptop terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan bagian bawah dan atas dengan perekat, misalnya selotip atau lakban.

Kemudian cek seluruh tombol untuk mengetahui normal tidaknya kondisi keyboard.

#6. Lepas Baterai


Jika tombol keyboard yang tidak berfungsi hanya sebagian saja, Anda bisa melakukan copot-pasang baterai. Biasanya cara ini bekerja dan keyboard akan normal kembali. Bagaimana cara melakukannya?

Pertama, matikan laptop Anda. Setelah itu, lepaskan baterai laptop dan kabel charger. Kemudian diamkan selama 1-2 menit. Berikutnya, tekan dan tahan tombol power selama 1 menit lagi dan masukan baterai. Terakhir, hidupkan kembali laptop Anda lalu cek seluruh tombol pada keyboard.

#7.  Fleksibel Bermasalah, Perbaiki!



Cara sebelumnya sudah dicoba namun belum berhasil? Coba periksa fleksibel keyboardnya. Masalah pada keyboard yang tidak terdeteksi mungkin dikarenakan fleksibel tertekuk, rusak, renggang atau terlepas dari slotnya. Jika ingin dibenarkan, Anda perlu membuka keyboard dari laptop itu sendiri. 

Coba cari video tutorialnya di Youtube, siapa tahu ada tutorial yang cocok dengan laptop Anda. Jika ingin melepasnya sendiri, Anda juga perlu unsur kehati-hatian. Bila ragu, lebih baik jangan mencobanya supaya terhindar dari kerusakan yang lebih fatal.


#8. Bongkar keyboard


Seandainya cara-cara di atas hasilnya nihil, mungkin memang ada masalah yang lebih serius pada hardwarenya. Jika Anda termasuk orang yang nekat, suka bereksperimen, suka belajar dan mau mengambil risiko, cara ini mungkin patut Anda coba.

Jika tombol keyboard bisa dilepas dari luar, coba lepas semua tombol yang ada pada keyboard. Tentunya dengan hati-hati, jangan sampai ada sirkuit yang patah. Setelah tombol terlepas semua, Anda bisa membersihkan keyboard dari debu dan kotoran menggunakan kuas atau mini vacuum cleaner. Biasanya keyboard akan berhasil setelahnya.

Bila tombol keyboardnya tidak bisa dilepas dari luar, sebaiknya Anda bawa ke tempat reparasi saja. Lebih safety dan terjamin.

#9. Ganti Keyboard Baru 


Jika langkah di atas tidak berpengaruh, mungkin keyboard Anda sudah benar-benar rusak. Coba belilah keyboard baru dengan tipe keyboard yang sama. Anda bisa membelinya secara langsung atau membelinya ke situs online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Setelah terbeli, Anda bisa memasangnya sendiri. Coba lihat video-video tutorial yang banyak tersebar di YouTube.

#10. Gunakan Keyboard Alternatif


Mungkin cara ini belum bisa disebut memperbaiki. Meskipun begitu, cara ini masih bisa mengatasi keyboard yang tidak berfungsi untuk sementara waktu. Cara ini juga cocok sekali untuk Anda yang kekurangan dana/waktu sehingga belum sempat ke tempat reparasi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan keyboard USB eksternal, baik itu keyboard USB ataupun Wirelles.

Jika Anda benar-benar belum memiliki dana, gunakan saja keyboard virtual pada laptop Anda. Di dalam Windows, kita mengenalnya dengan On-Screen Keyboard. Bagaimana caranya menggunakannya? Gampang! Anda hanya perlu membaca cara mengetik tanpa keyboard di laptop lalu mempraktikkannya.

Nah demikianlah cara memperbaiki keyboard yang rusak dan tidak berfungsi. Saya harap artikel ini bisa membantu permasalahan Anda. Good luck!
 
Back To Top