Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 16 Januari 2018

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard, Praktis dan Efisien!

Para pengguna laptop tentu sering mematikan laptop dari menu start dengan menggunakan mouse atau touch pad. Cara ini juga sebenarnya mudah, namun menurut saya cukup ribet dan membosankan. Kita harus nyari-nyari menu start > power > pilih shutdown terlebih dahulu.

Padahal sebenarnya, kita juga bisa menggunakan tombol keyboard untuk mematikan laptop. Dengan menekan beberapa kombinasi tombol saja, laptop bisa mati secara otomatis (shutdown) tanpa ribet.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk restart, hibernate dan sleep. Semuanya sama saja dengan cara ini, tinggal tekan tombol keyboard saja. Nah, mari kita simak caranya satu per satu...

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard


Ada beberapa cara untuk mematikan laptop dengan keyboard, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mematikan Laptop dengan Kombinasi Tombol ALT + F4


Menekan Alt + F4 merupakan cara yang paling sering saya gunakan untuk mematikan laptop. Ini merupakan cara mematikan laptop yang super mudah, praktis dan efisien. Hanya dengan menekan Alt + F4 saja, aplikasi yang sedang berjalan biasanya akan tertutup secara otomatis.

Dan tentu saja, menekan tombol Alt + F4 secara bersamaan akan memunjulkan power option pada laptop. Jika jendela sudah terbuka, maka tekan tombol arah panah di keyboard untuk memilih opsi Shut down. Setelah itu, kamu bisa tekan enter.

Kalau sudah terbiasa menggunakan cara ini, kamu mungkin akan lebih suka menggunakan cara ini dibandingkan cara lainnya. Hal ini karena kamu tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan touch pad atau mouse. Cukup tekan, tekan dan tekan maka semuanya beres!

2. Mematikan Laptop dengan Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DELETE


Menekan tombol Ctrl + Alt + Del sebenarnya mirip dengan cara pertama. Kamu hanya perlu menekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, lalu pilih menu shut down atau turn off. Kalau kamu ingin menginginkan opsi yang lain, tinggal tekan saja arah panah bawah/atas untuk memilih opsi yang diinginkan.

Itulah cara mematikan laptop dengan keyboard di sistem operasi berbasis Windows. Baik itu Windows XP, Windows 7, Windos 8, Windows 8.1 dan Windows 10, sebenarnya bisa menggunakan cara yang sama. Hanya saja, mungkin akan ada sedikit perbedaan terutama pada sistem operasi yang sudah 'sepuh'.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top