Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Rabu, 24 Januari 2018

Laptop Terbaik untuk Mahasiswa DKV dan Kesenian

Sebagai anak yang baru lulus SMA, kamu terkadang bingung untuk menentukan masa depanmu. Bagi yang ingin bekerja sih oke-oke saja, namun bagi yang melanjutkan ke jenjang kuliah sepertinya harus memikirkan matang-matang mau masuk ke program studi yang mana.

Keputusan ini juga sering kali membuat dilema yang luar biasa, khususnya bagi yang belum bisa mengenali minat dan passionnya sendiri.

Laptop Terbaik untuk Mahasiswa DKV dan Kesenian

Mau pilih prodi itu takut stress, mau pilih prodi lain takut pikiran kacau. Nah, sebenarnya sih untuk menentukan ini gampang-gampang susah. Yang harus pertama kali dilakukan adalah mengingat kembali apa kesukaanmu, hobimu dan hal-hal yang membuatmu senang.

Bagi yang suka otak-atik komputer maka pilih jurusan teknik informatika, bagi yang suka merancang sesuatu bisa pilih jurusan teknik sipil dan arsitektur sedangkan bagi yang suka seni maka bisa masuk ke jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) atau kesenian.

Kamu bisa mengekspresikan hal-hal yang kamu suka dengan belajar sesuai apa yang kamu senangi. Dengan begitu, kamu akan lebih antusias dalam menjalani kegiatan di kampus.

Sehubungan dengan itu, kamu memerlukan perangkat mobile seperti laptop untuk menunjang berbagai tugas dan pekerjaan. Bagi yang masuk ke jurusan DKV dan kesenian, kamu bisa menciptakan karya melalui berbagai media seperti tulisan, gambar atau dalam bentuk digital.

Kamu juga pasti akan diajarkan hal-hal dasar berkaitan dengan seni rupa dan desain, misalnya membuat animasi 2D & 3D, gambar, animasi film, fotografi, motion graphic, CGI, rendering dan masih banyak lagi.

Mengingat banyak sekali yang diajarkan, kamu bisa menganggap ini sebagai challange untuk diri sendiri. Selain melakukan tugas desain secara manual, mahasiswa DKV juga sepertinya akan dikenalkan dengan berbagai software digital untuk desain dan editing.

Wajar saja, di era sekarang ini banyak perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang desain grafis dan animator handal serta menguasai berbagai software digital. Kalau tidak bisa, maka tentu saja pihak perusahaan akan mencari tenaga kerja lain yang lebih ahli.

Untuk belajar software digital seperti SketchUp, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Corel Draw, Blender dan Photoshop, kamu dituntut untuk memiliki laptop yang cukup mumpuni.

Dilihat dari software yang sering digunakan tadi, banyak diantaranya memerlukan system requirement yang tinggi untuk menjalankan semuanya dengan lancar. Makanya, laptop yang kamu pilih tidak boleh sembarangan.

Kualitas dan spesifikasinya harus bisa memenuhi berbagai kebutuhan mahasiswa DKV dan kesenian. Lantas, bagaimana kriteria laptop yang cocok untuk mahasiswa DKV dan kesenian? Beberapa kriteria tersebut yaitu:
  • Minimal Processor Intel Core-i3
Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah prosesornya. Semakin baik prosesor yang diusung, performa laptop tentu akan jarang mengalami masalah seperti ngelag dan hang. Saran saya, gunakanlah prosesor Intel Core-i3 ke atas agar performa laptop tetap mulus ketika menjalankan software berat.

Prosesor yang bagus tentu bisa memenuhi kebutuhanmu hingga beberapa tahun mendatang. Kamu jadi tidak perlu lagi ganti laptop dengan yang baru selama belajar di dunia perkuliahan.
  • Ukuran RAM Minimal 4GB
Beberapa software kelas 'kakap' seperti Adobe Premire Pro atau After Effect biasanya memerlukan system requirement yang besar hingga mencapai 4GB. Jadi, laptop yang RAM-nya 2 GB tidak akan bisa menjalankan software ini. Kalau sudah begini, maka tugas-tugasmu akan terganggu gara-gara spesifikasi laptop yang kurang memadai.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk membeli laptop dengan ukuran RAM 4 GB atau lebih dari itu. Ukuran RAM yang memadai tentu saja bisa menghandle segala software-software tadi.
  • Display Jernih dan Berkualitas
Sudah menjadi hal yang wajib tentunya bagi mahasiswa DKV memiliki laptop dengan display yang berkualitas. Display inilah yang akan menunjang hasil kinerja berbagai kegiatan seperti desain, editing atau hal yang lain.

Kamu juga bisa lebih mengamati warna, kontras, tekstur, garis dan detail yang lainnya. Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan kualitas layar yang baik setidaknya memiliki resolusi HD. Namun lebih recomended lagi yang sudah punya resolusi Full HD atau QHD.
  • VGA Card Tipe Dedicated
Sebenarnya, tiap laptop sudah memiliki kartu grafis bawaan (integrated). Untuk kebutuhan ringan seperti mengetik, browsing atau lihat video pasti sudah tidak masalah. Namun lain halnya jika digunakan untuk aktivitas desain dengan kebutuhan grafis yang tinggi.

Kalau untuk desain dan animator tentu lebih baik menggunakan dedicated yang artinya mempunyai data dan VRAM sendiri. Dengan konsep yang seperti itu, VGA dedicated penggunaannya tidak akan memori sistem terlalu banyak.

Selain itu, penggunaan grafis dedicated juga memiliki kualitas yang jauh lebih bagus untuk menunjang aktivitas desain dengan detail tinggi. Untuk membuat animasi, grafis, 2D atau 3D tentu saja sangat mulus. Meskipun begitu, penggunaan VGA dedicated biasanya tidak hemat daya.

Berdasarkan kriteria di atas, kamu tentu sudah bisa membayangkan laptop seperti apa yang akan kamu pilih. Nah berhubung kami baik hati, maka kami akan sajikan beberapa rekomendasi laptop yang sangat cocok untuk mahasiswa DKV dan kesenian. Kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi laptop berikut ini:

1. Laptop MSI GL62


Spesifikasi dan Harga Laptop MSI GL62
ProsesorIntel Core i7-6700HQ
Kecepatan2.6 – 3.5 GHz
VGA CardNvidia GTX950M 2GB
SSD-
HDD1 TB HDD
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar15 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 10.485.000,-

2. Asus ROG GL553VD-FY280D


Spesifikasi dan Harga Laptop Asus ROG GL553VD-FY280D
ProsesorIntel Core i7-7700HQ
Kecepatan2.8 – 3.2 GHz
VGA CardNvidia GTX1050M 4GB
SSD-
HDD1 TB HDD
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar15.6 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 13.945.000,-

3. Macbook Pro MF839 Retina


Spesifikasi dan Harga Macbook Pro MF839 Retina
ProsesorIntel Core i5
Kecepatan2.7 – 3.1 GHz
VGA CardIntel HD 6100
SSD128 GB SSD
HDD-
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar13.3 inch QHD
AksesorisBluetooth, Camera
Sistem OperasiMac OS X (terbaru)
Taksiran HargaRp 16.285.000,-

4. Acer Aspire E5-553G-F79R


Spesifikasi dan Harga Acer Aspire E5-553G-F79R
ProsesorAMD FX-9800P
Kecepatan2.7 – 3.6 GHz
VGA CardAMD R8 M445DX 2GB
SSD128 GB SSD
HDD1 TB HDD
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar15.6 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 8.834.000,-

5. Asus X441UV


Spesifikasi dan Harga Laptop Asus X441UV
ProsesorIntel Core i3-6006U
Kecepatan2.0 GHz
VGA CardNVIDIA GT920M 2GB
SSD-
HDD500 GB
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar14 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 5.800.000,-

6. LENOVO IP 310-14IKB


Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo IP 310-14IKB
ProsesorIntel Core i5-7200U
Kecepatan2.5 - 3.1 GHz
VGA CardNVIDIA GT920MX 2GB
SSD-
HDD1 TB
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar14 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 6.895.000,-

Itulah beberapa rekomendasi laptop untuk mahasiswa desain komunikasi visual dan kesenian yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop. Dengan membaca rekomendasi tadi, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan selera, budget dan kebutuhanmu.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top