Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 22 Januari 2018

√ Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Areanya

Bagi anak Teknik Komputer Jaringan atau orang-orang IT, membuat jaringan komputer merupakan suatu keharusan. Skill mereka bisa lebih diakui kalau mampu membuat jaringan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Pembuatan jaringan ini sebenarnya tidak luput dari berbagai pertimbangan seperti biaya, jangkauan, jumlah komputer, server, noise dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Areanya

Kalau disepelekan, hal-hal tersebut bisa saja menjadi permasalahan di kemudian hari. Berikut ini adalah jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan area atau luas cakupannya.

1.PAN (Personal Area Network )

Kita mulai dari yang paling kecil jangkauannya yaitu PAN (Personal Area Network). Bagi yang belum tahu, PAN adalah jaringan komputer yang diatur untuk keperluan komunikasi jarak dekat dan hanya menjangkau beberapa meter saja seperti antar komputer dengan perangkat pribadi. Dengan PAN ini, kamu bisa saling berbagi file dan informasi dengan lebih mudah.

Contoh perangkat pribadi yang sering digunakan yaitu :
  • Smartphone
  • Tablet
  • Komputer
  • Notebook/Netbook
  • Laptop
  • TV
  • Telepon rumah
  • System security di rumah
Contoh penggunaan PAN yang sering kita jumpai :
  • Mentransfer file dan aplikasi dari Smartphone ke Smartphone lain dengan WiFi
  • Mengirim file dan data penting dari komputer ke ponsel dengan bluetooth dan USB
  • Komputer dengan PDA
  • Komputer dengan headset wireless
  • Komputer dengan kamera digital (yang sudah canggih)
  • Komputer dengan printer
  • Laptop dengan komputer
Apa Saja Manfaat PAN itu?

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari jaringan mini yang satu ini. Kamu bisa melakukan berbagai hal dengan sangat simple dan praktis, padahal dulu yang semacam ini cukup sulit dilakukan. Dengan adanya PAN, kamu bisa mengakses antar perangkat personal dengan lebih mudah dengan rentang jarak antara 1-10 meter.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan seperti scan data dan mencetak file menjadi kertas dengan menggunakan printer.

Area Jangkauan PAN

Jaringan komputer PAN mempunyai area cakupan yang tidak luas, hanya mampu digunakan dalam beberapa meter saja. Area lingkupnya biasanya berjarak sekitar 1-10 meter saja. Jadi, kalau jaraknya masih sekitar 1-10 meter maka itu masih termasuk Personal Area Network dimana luas areanya hanya bisa dijangkau oleh perangkat yang sangat berdekatan.

Personal Area Network sering digunakan untuk berbagi data dan informasi antara perangkat pribadi atau untuk menghubungkannya ke dalam akses internet. Jaringan ini memakai media perantara berupa USB dan FireWire.

Nah, di dalam jaringan PAN sebenarnya ada juga istilah WPAN (Wireless Personal Area Network). Bagi yang belum tahu, WPAN merupakan jaringan area personal untuk menyambungkan suatu jaringan menggunakan sambungan tanpa kabel. WPAN sendiri juga bisa menggunakan berbagai macam teknologi jaringan seperti Z-Wave, ZigBee, UWB, IrDA dan lain sebagainya. Contoh dari WPAN yaitu infra merah, bluetooth dan Wi-Fi.

Keberadaan jaringan komputer PAN tentu sangat membantu banyak pengguna, termasuk juga para pelajar yang sangat membutuhkan sharing informasi dan data untuk sarana belajar. Tanpa adanya PAN, akses belajar mengajar juga akan sangat terbatas dan terpaku pada sistem yang sudah ada.

2. LAN (Local Area Network)

Selanjutnya, mari kita bahas jenis jaringan komputer yang selanjutnya adalah LAN (Local Area Network). Definisi dari LAN sendiri yaitu sebuah jaringan komputer yang luas areanya bisa menjangkau wilayah kecil seperti yang ada pada sekolah, kampus, kantor, gedung, dalam area rumah atau bisa lebih kecil dari itu.

Bagi yang ingin membuat jaringan LAN, sebenarnya kita bisa menggunakan dua macam metode yaitu menggunakan Wi-Fi atau Ethernet. Berikut pertimbangan yang bisa kamu pikirkan:
  • Ethernet
Banyak jaringan LAN yang saat ini sudah memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan memanfaatkan perangkat switch. Switch ini biasanya sudah mampu mentranser data antara 10, 100 atau 1000 Mbit/s. Alasan kenapa switch ini begitu diminati adalah karena kecepatannya sudah bisa mengungguli HUB. Selain itu, switch juga terkesan lebih stabil transfer datanya dibandingkan perangkat HUB.
  • WiFi
Sekarang, kita sudah sangat akrab dengan fasilitas Wi-Fi yang ada di berbagai tempat seperti di cafe, restaurant dan kampus. Untuk tempat-tempat yang sudah menyediakan hotspot sebenarnya bisa disebut juga dengan hotspot. Jadi jangan salah artikan Wi-Fi dengan hotspot ya, meski kelihatannya sama namun sebenarnya berbeda maknanya.

Nah, penggunaan Wi-Fi juga bisa dikatakan sebagai teknologi WLAN dimana akses jaringannya sudah tidak lagi menggunakan kabel. Ini tentu sangat fleksibel dan tidak ribet jika kita bandingkan dengan ethernet yang memerlukan kabel sebagai medianya.

Karakteristik LAN

Dengan LAN, setiap perangkat bisa mengakses berbagai data dengan hak otorisasi/aksses yang sudah di atur oleh server jaringan. Operator atau pengguna juga bisa saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Sementara itu, berikut ini adalah karakteristik LAN yang perlu kamu tahu:
  • Memiliki pesat data yang jauh lebih tinggi
  • Cakupan areanya lebih luas dari PAN, namun masih dalam skala kecil
  • Tidak memerlukan jalur telekomunikasi yang disewa melalui operator telekomunikasi terkait.
  • Dari segi administrasi, LAN bisa dilakukan secara personal atau dari beberapa administrator.
  • Berdasarkan tipenya, Local Area Network bisa dibedakan menjadi 2 yaitu peer to peer dan client server.
Nah itu dia beberapa karakteristik jaringan LAN yang bisa menjadi pembeda dengan jaringan komputer yang lainnya.

3.MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang luas cakupan areanya sudah bisa menghubungkan kota yang satu dengan kota lainnya. Jaringan komputer ini bisa menghubungkan berbagai tempat strategis untuk beberapa instansi seperti kampus, pemerintahan, perusahaan, perkantoran dan lain sebagainya.

Sebagai contoh yaitu : jaringan bank di mana beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya bank BRI yang ada di seluruh wilayah Semarang atau Bandung.

Jaringan komputer MAN biasanya menggunakan media transmisi berupa gelombang radio atau mikro yang memiliki kecepatan akses sangat tinggi. Keberadaan MAN tentu bisa menjangkau area yang jauh lebih besar daripada LAN karena bisa menghubungkan antar wilayah atau provinsi.

Konsep nya, jaringan ini bisa menghubungkan jaringan yang kecil ke dalam jaringan yang mencakup area yang lebih luas.

Contoh MAN (Metropolitan Area Network)

Contoh dari Metropolitan Area Network yaitu:

Jaringan bank di Indonesia yang sudah tersistemasi dengan baik melalui kantor-kantor cabang yang berada di hampir seluruh pelosok daerah. Misalnya bank BNI yang berada di seluruh wilayah Jakarta dan Surabaya, semuanya memiliki kantor cabang untuk memudahkan perpindahan informasi.

Berbagai kantor cabang Telkom Indonesia yang memanfaatkan jaringan fiber optik untuk menjangkau area yang cukup luas. Kantor cabang telkom juga biasanya akan berada di masing-masing daerah, ini juga untuk memudahkan pelayanan pelanggan dan akses informasi.

Adapun ciri khas atau karakteristik MAN yaitu:
  • Mencakup area yang cukup luas antara 5 sampai 50 km dan umumnya bisa mencakup area perkotaan.
  • Sebuah MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu badan atau organisasi tertentu. Sepertinya, jaringan komputer ini lebih banyak dimiliki oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada konsumennya.
  • Ukuran MAN jauh lebih besar dan mayoritas masih menggunakan teknologi yang sama dengan LAN hanya saja cakupannya yang lebih menyeluruh dan kompleks.
  • Dengan jaringan yang berkecepatan tinggi, MAN sangat memungkinkan berbagi sumber daya antar daerah. Hal ini juga kerap kali dipakai untuk menghadirkan koneksi bersama untuk jaringan lainnya melalui link khusus ke Wide Area Network.
  • Jaringan ini biasanya hanya mempunyai beberapa buah kabel dan tidak mempunyai elemen untuk switching. Perlu kamu tahu, switching ini fungsinya untuk mengatur paket melalui beberapa hasil output (keluaran) kabel. Dengan adanya elemen switching, rancangan akan lebih simpel dan mudah.
Itulah beberapa ciri dan karakteristik MAN.

4.WAN (Wide Area Network)

Selanjutnya, mari kita bahas jaringan komputer yang sangat luas area jangkauannya yaitu WAN atau Wide Area Network. Jaringan ini adalah jaringan komputer dengan area yang sangat luas dan bisa menghubungkan jaringan antar wilayah atau kota, antar negara bahkan antar benua.

MAN ini memerlukan router dan saluran komunikasi publik. Penerapan dari WAN yang bisa kamu lihat sekarang ini adalah internet. Seperti yang kita tahu, internet bisa menembus batas-batas antar wilayah suatu negara dengan mudahnya.

Kita bisa berkomunikasi dari negara A dengan negara B, sangat mudah dan praktis tentunya. Maka dari itu, WAN ini juga bisa dikatakan sebagai jaringan informasi skala global.

Dalam WAN, kita juga akan mengenal jaringan IP dimana pengiriman paket akan dikirim secara connection oriented. Maksudnya, paket-paket sebelum dikirim akan dilakukan setup koneksi logika dari lokasi asal ke tujuan dengan mengandalkan proses kontrol paket. Proses ini menggunakan permintaan logical connection agar paket bisa menempuh lajur yang sama.

Umumnya, Wide Area Network menjalankan aktivitas jaringan menggunakan media bawah laut atau satelit untuk bisa berkaitan satu sama lain. Contohnya seluruh Bank BNI yang ada di negara kita atau di negara lain.

Penggunaan WAN tentu bisa memudahkan suatu cabang bank yang ada di Bandung untuk menghubungi kantor cabang lainnya yang berada di Hongkong hanya dalam beberapa menit saja.

Namanya juga jaringan skala global, tentu WAN memiliki sistemasi yang lebih rumit dan kompleks dibanding jaringan komputer lainnya. Untuk saling berhubungan, WAN biasanya menggunakan banyak jaringan LAN dan WAN ke dalam sistem komunikasi global layaknya internet.

Berdasarkan administrasi, jaringan yang satu ini membutuhkan perantara ketiga atau network provider untuk menyediakan saluran penghubung yang bisa menyambung kan berbagai jaringan di lain lokasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah kita bahas, kita sebenarnya bisa menyimpulkan bahwa semua jaringan komputer itu sama. Fungsinya untuk saling berbagi informasi, data dan komunikasi. Hanya saja, mungkin ada beberapa perbedaan seperti struktur, sistem dan cakupan areanya saja.

Kamu bisa mengamati berbagai perbedaan antara PAN, LAN, MAN dan WAN dengan melihat beberapa aspek seperti salah satunya jangkauan area nya.

Dengan melihat sejauh mana jaringan itu bisa terhubung, kamu bisa dengan mudah mengenali mana yang PAN, LAN, MAN atau WAN. Mungkin seperti itu saja, semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top