Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 12 Januari 2018

√ Laptop Terbaik untuk Mahasiswa Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Jika kita bicara mengenai laptop terbaik untuk mahasiswa teknik informatika dan ilmu komputer, maka tentu laptopnya identik dengan spesifikasi yang cukup bagus. Di bangku kuliah, biasanya mahasiswa akan diberikan tugas dan final proyek. Mulai dari pembuatan makalah, tugas laporan, proposal, pembuatan software hingga editing video.

Laptop Terbaik untuk Mahasiswa Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Bagi mahasiswa teknik yang lebih menjurus ke desain grafis, biasanya akan diberi tugas untuk menyelesaikan proyek film animasi 2D dan 3D. Karena hal inilah, laptop jurusan teknik informatika dan ilmu komputer harus memiliki spesifikasi yang mumpuni agar bisa menunjang segala aktivitas belajar.

Kebutuhan perkuliahan jurusan teknik informatika tentu berbeda dengan jurusan lain yang mungkin lebih sering berkutat pada word, excel, powerpoint dan browsing. Di teknik informatika dan ilmu komputer, ada beberapa cabang ilmu yang menuntut spesifikasi laptop di atas rata-rata.

Berikut adalah rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik informatika.

Macbook Pro MF839 Retina

Laptop ini cocok sekali untuk mahasiswa teknik informatika yang menginginkan performa yang stabil. Dengan dibekali prosesor Intel Core i5 dan RAM 8 GB, laptop ini siap menangani tugas-tugas yang cukup berat.

Penyimpanan laptop ini juga sudah dibekali dengan SSD 128 GB yang merupakan teknologi storage terbaru, lebih baik dari HDD.

Ukuran layar laptop 13.3 inch Retina 2560x1600 dan VGA Intel HD6100 yang cukup bagus untuk aktivitas IT. Sistem operasinya juga termasuk yang terbaru di kelasnya yaitu Mac OS X (Sierra). Harga laptop macbook ini sekitar Rp 16 jutaan.

Acer Aspire E5-475G

Bagi yang belum memiliki dana untuk membeli laptop Macbook Pro, kamu masih bisa membeli laptop berbasis Windows. Salah satu yang terbaik untuk mahasiswa teknik informatika yaitu Acer Aspire E5-475G. Laptop ini dibekali dengan spesifikasi middle-end seperti prosesor Intel Core i5-7200U dengan kecepatan 2.5 - 3.1 GHz. Kartu grafisnya sudah menggunakan Nvidia GT940MX 2 GB dengan media penyimpanan sebesar 1 TB HDD. Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan RAM 4 GB, DVD-RW, Layar 14 inch dan sistem operasi Windows 10. Laptop Acer Aspire E5-475G ini dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan.

ASUS A455LA

Laptop terbaik untuk mahasiswa yang selanjutnya yaitu produk merek ASUS tipe A455LA. Meski tidak segarang laptop rekomendasi sebelumnya, laptop ini sudah cukup membantu segala urusan yang berkaitan dengan dunia teknologi dan informasi.

Dengan dukungan prosesor Intel Core i3-5005U 2.0 GHz dan RAM 4 GB, performa dari laptop ini tidak usah diragukan lagi. Kartu grafis laptop ini menggunakan Intel HD Graphics, sangat sesuai untuk mahasiswa yang butuh daya tahan baterai awet.

Untuk ukuran layarnya sekitar 14 inch dan kapasitas penyimpanannya sebesar 500 GB SATA HDD, cukuplah buat menyimpan data-data penting. Laptop ini relatif murah dengan banderol harga sekitar Rp 5 jutaan.

ASUS A456UR

Masih di brand ASUS, namun kali ini lebih garang dari ASUS A455LA. Laptop ini cocok sekali untuk mahasiswa teknik informatika karena spesifikasinya yang cukup mumpuni di kelasnya. Prosesor laptop ini sudah termasuk bagus yaitu menggunakan Intel Core i5-6200U dengan kecepatan 2.3-2.8 GHz.

Kartu grafisnya juga sudah mengandalkan NVIDIA GeForce GT930M 2GB yang memungkinkan juga untuk gaming. Selain itu, ASUS A456UR juga sudah dibekali memori RAM sebesar 4GB, layar 14 inch, harddisk 1 TB dan DVD-RW. Harga dari laptop ASUS A456UR sekitar Rp 7 jutaan, sebanding tentunya dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Dell Inspiron 13-5368

Selanjutnya ada laptop besutan Dell yang perlu dibeli oleh mahasiswa teknik informatika dan ilmu komputer, salah satunya yaitu Dell Inspiron 13-5368. Laptop ini mengusung desain yang stylish dan minimalis namun tetap memberikan performa yang aduhai.

Prosesor laptop ini menggunakan Intel Core i3-6100U dengan kecepatan 2,3 - 2,8 GHz. Kartu grafis yang didukung lebih mengutamakan hemat daya dengan menggunakan Intel HD Graphics.

Sementara itu, kapasitas harddisknya 500GB, RAM 4 GB dan dukungan layar sentuh FHD ukuran 14 inch. Aksesoris pada laptop ini berupa Camera dan blotooth, sistem operasi yang digunakan juga sudah menggunakan Windows 10.

Nah, itulah beberapa rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik informatika dan ilmu komputer yang wajib kamu tahu. Laptop-laptop di atas bisa kamu pilih dan beli sebagai alat penunjang aktivitas belajar di perkuliahan.

Tugas-tugas berat seperti edit animasi, editor, program game, rendering mungkin sudah bisa berjalan dengan baik pada salah satu laptop di atas.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top