Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Rabu, 03 Januari 2018

Cara Mengatasi Layar Mati (No Display) Tapi Laptop Menyala

Pernahkah layar laptop mu tiba tiba mati dan  tidak menyala? Kalau kamu sedang membaca artikel ini, mungkin kamu sedang mengalami permasalahan pada layar laptop mu itu.

Seperti yang kita tahu, layar laptop merupakan komponen yang cukup rentan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering dialami pengguna adalah layar mati meskipun kondisi laptop sudah menyala.

Meski harddisk, lampu indikator, dan fan berjalan, namun tetap tidak memunculkan gambar sama sekali (no display). Permasalahan ini tentu cukup meresahkan, apalagi kalau kamu sangat bergantung pada laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Cara Mengatasi Laptop Nyala Layar Mati (No Display)

Layar laptop mati dan tidak menyala tentu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal berikut ini mungkin menjadi penyebab layar laptop mati:
  • Yang pertama, layar LCD/LED laptop mati ketika akan dinyalakan. Kondisi ini terjadi karena adanya trouble pada hardware dan software, entah itu karena overheat, corrupt, korslet atau penyebab yang lain.
  • Kondisi kedua, layar laptop mati saat mesin masih menyala, bisa jadi ini disebabkan karea dumb crash pada memory, crash system atau VGA bermasalah.
  • Kemungkinan lainnya yaitu adanya kerusakan pada beberapa komponen seperti harddisk, memori RAM, layar LCD dan monitor. Ini tentu akan mengganggu kinerja dari laptop itu sendiri, bisa juga memengaruhi kondisi layar laptop.
Layar yang seperti ini mungkin masih bisa kita perbaiki sendiri tanpa harus membawanya ke tukang reparasi.

Sebelum memulai langkah perbaikan, sebaiknya kita lakukan diagnosis permasalahan terlebih dahulu.

Diagnosis Permasalahan

Langkah pertama, cobalah untuk menggunakan monitor eksternal dengan port HDMI atau VGA. Kalau kamu melihat gambar dengan jelas pada layar eksternal namun pada layar internal mati, maka indikasi kerusakan ada pada kartu grafis nya. Ini juga berarti, motherboard laptop tidak mengalami masalah dan dalam kondisi baik.

Sebaliknya, jika layar monitor eksternal tetap kosong/no display, coba pastikan kabel penghubung sudah terpasang dengan benar. Kombinasikan juga tombol pada keyboard, biasanya menggunakan Fn dan F. Untuk laptop merek lenovo bisa menekan Fn + F3, kemudian pilih mode second screen only.

Selanjutnya, lihatlah lebih dekat pada layar LCD laptop lalu pastikan layar tidak benar-benar hitam. Apabila layar masih bisa bekerja namun gambar kurang jelas bahkan mungkin hampir tidak kelihatan, mungkin layar masih mendapat sinyal data dari video card.

Nah itu dia beberapa langkah diagnosisnya, mari kita lanjut mengenai cara memperbaikinya.

Sekiranya, beberapa cara berikut ini bisa mengatasi laptop nyala tapi layar mati (no display):

1. Matikan Laptop

Solusi pertama saat layar laptop tiba-tiba mati dalam keadaan menyala adalah dengan mematikan laptop secara paksa (menekan tombol power, setidaknya hingga 10 detik). Mungkin permasalahan ini disebabkan karena software error seperti system crash, dumb crash, atau pada memory sehingga membuat sistem tidak bisa mengeksekusi suatu program/file yang sedang dijalankan.

Hal inilah yang mungkin membuat layar laptop menjadi blank hitam dan tidak memunculkan apapun. Cara ini juga terbilang simpel dan mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Lepas Baterai

Cara mengatasi laptop nyala tapi layar mati yang selanjutnya adalah melepas baterai sesaat sekurang-kurangnya 5 menit. Sebelumnya, kamu bisa mematikan laptopmu dengan cara shutdown atau dengan cara paksa. Hal ini dilakukan karena mungkin ada masalah dengan pasokan listrik pada laptop yang mengganggu kinerja memori, prosesor atau IC pada board.

Dengan cara memasangkannya kembali (setelah dilepas selama 5 menit), maka bisa membuat electricity reset pada semua komponen yang bekerja sehingga kinerjanya lebih optimal. Namun dengan syarat tidak ada komponen laptop yang mengalami kerusakan secara fisik.

3. Lepas Memori RAM

Cara mengatasi lcd laptop tidak menyala yang selanjutnya adalah melepas memori RAM pada bagian belakang laptop. Kondisi pemakaian yang cukup lama sering kali membuat komponen ini mengalami shock atau panas berlebih. Kinerja yang cukup berat bisa membuat suhu tinggi pada beberapa komponen laptop.

Setelah RAM kamu lepas, tunggulah hingga beberapa menit. Kamu juga bisa membersihkannya dengan menggunakan karet penghapus secara perlaha. Terakhir, kamu bisa memasangkannya kembali sesuai slot yang ada.

*Sebelum melepas RAM, ada baiknya kamu melepas baterai laptop terlebih dahulu agar lebih safety.

4. Ganti Lampu Latar (Backlight)

Saklar ini biasanya berbentuk seperti tombol kecil yang letaknya di dekat layar LCD laptop. Tombol ini akan memicu mode sleep atau hibernate ketika layar ditutup. Kalau saklar tutup nya kotor biasanya akan menyebabkan aliran listrik dari papan inverter terputus.

Perlu kamu tahu, papan inverter ini bekerja sebagai catu daya untuk lampu latar (backlight) dan bila tidak ada daya yang masuk ke papan, maka lampu latar tidak akan bisa menyala sebagaimana mestinya.

Kalau sudah begitu, mungkin kamu perlu mengganti lampu latarnya, sekiranya carilah yang dilengkapi konektor agar bisa terhubung pada papan inverter secara langsung. Pastikan juga lampu latar yang kamu beli mirip dengan konektor di layar monitor laptopmu.

Sesudah mengganti lampu, biasanya lampu kembali normal dan kamu bisa menyimpulkan bahwa permasalahannya ada pada lampu latarnya.

5. Bongkar Laptop, Lalu Periksa

Untuk memastikan lebih rinci mengenai permasalahan pada laptopmu, sebaiknya bongkarlah laptop lalu periksa beberapa komponen. Kalau kamu sudah pernah membongkar laptop atau paham mengenai detail komponennya, coba lepas beberapa komponen yang menempel pada board, khususnya pada fan prosesor dan prosesor itu sendiri.

Cek juga kabel-kabel yang tersambung, terutama untuk kabel LCD monitor dan VGA-nya. Sekamuinya ada bau-bau gosong yang sangat menyengat pada board, maka bisa saja ada beberapa komponen yang menerima panas berlebih atau korslet.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara memperbaiki/mengatasi layar mati tapi mesin laptop menyala. Biasanya kondisi seperti ini belum 100% terjadi karena masalah pada LCD itu sendiri.

Penyebab layar laptop tidak menyala bukan hanya disebabkan oleh hal yang itu-itu saja, namun ada banyak kemungkinannya. Biasanya, permasalahan yang langsung terjadi pada LCD adalah layar bergaris, layar terbelah dan layar laptop blank putih.

Mengatasi layar laptop mati atau tidak menyala sebenarnya gampang-gampang susah, dibutuhkan ketelitian dan keberanian untuk mencoba. Jangan hanya mengkamulkan tukang reparasi kalau memperbaiki sendiri juga bisa.

Kalau cara ini belum berhasil juga bagaimana? Silahkan cari artikel dan sumber referensi lainnya di internet. Banyak kok yang membahasnya. Selamat mencoba yah!

Referensi:
  • KendariKomputer.blogspot.com
  • Forum KasKus

2 komentar

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top