Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 02 Januari 2018

√ Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan Tips Merawatnya

Cara merawat dan membersihkan keyboard laptop - Seperti yang kita tahu, keyboard pada laptop atau notebook tentu berbeda dengan komputer personal. Bentuknya tidak bentet dan besar, namun lebih kecil dan minimalis mengikuti ukuran laptop.

Coba kamu bayangkan bila ada salah satu tombol yang tidak berfungsi dengan semestinya, pasti kamu akan cepat bad mood. Apalagi kalau tombol itu termasuk yang penting dan sering digunakan, kamu bakal stress karena pekerjaan lebih lama selesainya.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang mudah sekali kotor. Meski sudah beberapa kali dibersihkan, tetap saja keyboard akan cepat kotor kembali.

Bentuknya yang mini dan banyak sekatnya membuat komponen ini menjadi sarangnya debu. Mungkin terlihat sepele, namun lama kelamaan debu ini bisa menjadi kotoran yang membandel.

Pernahkah kamu mengalami tombol keyboard yang lengket dan sulit ditekan? Bisa saja hal ini dikarenakan kotoran yang menempel pada sela-sela keyboard. Mungkin juga laptop kesayanganmu menjadi korslet, ngehang atau pun rusak tanpa diduga-duga.

Kalau sudah begitu, maka kamu harus memperbaiki keyboard dengan sebaik-baiknya.

Jika kamu membersihkan keyboard, maka kamu sudah merawat laptop dengan cara yang benar. Anda juga bisa meminimalisir pengeluaran untuk service keyboard jika sewaktu-waktu rusak.

Oleh karena itu, lebih baik kamu melihat dan mencoba beberapa tips merawat dan membersihkan keyboard laptop supaya lebih awet.

1. Matikan Power Laptop

Sebelum kamu membersihkan keyboard laptop, ada baiknya kamu mematikan sumber daya terlebih dahulu. Matikan power laptop, lepas charger dan kabel USB yang masih menempel pada laptop kamu. Ini untuk meminimalisir terjadinya korslet arus listril.

2. Pembersihan Sederhana

Untuk membersihkan dengan cara yang simpel, kamu bisa memiringkan/jungkirkan laptop ke depan atau samping. Kemudian, tiuplah perlahan pada setiap sisi keyboard supaya debu dan kotoran yang menempel bisa berkurang. Kamu juga bisa  membersihkan keyboard dengan kuas yang lembut untuk menghilangkan debu membandel.

3. Pembersihan Intensif

Kalau kamu punya dana lebih, cobalah untuk membeli vacuum cooler pembersih laptop. Alat ini tentu sangat efektif untuk membersihkan partikel kotoran yang menempel pada laptop. Seandainya belum punya penyedot debu, kamu bisa menggunakan hairdryer (pengering rambut) sebagai alternatif.

4. Kalau Susah, Lepas Tuts Keyboard

Kalau keyboard laptopmu masih kotor atau ada debu yang susah dibersihkan, maka cobalah untuk melepas tuts/tombol keyboard. Namun sebisa mungkin hindari langkah ini karena sebenarnya melepas keyboard akan memakan waktu dan bisa merusak laptop jika tidak hati-hati.

Pastikan kamu yakin terlebih dahulu dan siap menanggung risiko yang ada. Ketahui merek laptopmu lalu berhati-hatilah saat melepas tuts keyboardnya. Lakukan secara perlahan dan simpan di tempat yang aman. Setelah itu, ambil keyboardnya lalu bersihkan dengan hati-hati. Terakhir, pasangkan kembali keyboard sesuai kondisi semula.

Tips:
  • Sebelum melepas tombol, ada baiknya kamu menghafal posisi tombolnya. Seandainya susah, kamu bisa mencari gambar papan keyboard. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu saat memasangkannya kembali ke kondisi awal.
  • Pada fase pengangkatan tombol, sebisa mungkin menggunakan obeng minus dan tidak mengangkat tombol terlalu keras.
  • Apabila setelah tombol dipasang terlihat menonjol, coba tekan tombol itu supaya bisa masuk ke slotnya. Biasanya tombol menonjol akan sangat terlihat karena posisinya tidak sejajar dengan tombol lainnya.
  • Pada pelepasan tombol, kamu bisa menghilangkan lebih banyak bakeri dengan cara menyelupkan tombol pada alkohol. Tetapi biasanya cetakan huruf pada tombol biasanya akan memudar karena efek alkohol.

5. Pencegahan

Jika langkah sebelumnya sudah kamu coba, maka sebaiknya lakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisir debu atau kotoran pada keyboard. Bagaimana caranya?

Gunakan keyboard protector. Pelindung ini biasanya terbuat dari karet dan harganya cukup murah di beli. Dengan adanya keyboard protector ini, debu dan kotoran akan lebih susah masuk ke sela-sela keyboard.

Jangan suka melakukan kebiasaan buruk. Hindari  menaruh makanan atau minuman di dekat laptop yang kamu gunakan, karena mungkin saja keyboard laptopmu ketumpahan makanan atau minuman itu. Tentu hal ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan korsleting pada laptop, bahkan mungkin bisa mati total.

Tips Lainnya:
  • Bersihkan laptop minimal satu minggu sekali untuk perawatan rutin. Ini bisa menjaga laptopmu tetap terjaga dan selalu dalam keadaan bersih.
  • Matikan arus listrik dan laptop benar-benar mati sebelum membersihkannya dengan kain yang sedikit dibasahi.
Penutup

Itulah beberapa cara merawat dan membersihkan keyboard laptop agar tidak mudah rusak. Sering kali kita menyepelekan kebersihan pada keyboard, namun justru ini membuat keyboard kita mudah rusak dan tidak berfungsi.

Selain masalah kebersihan, kamu juga harus berhati-hati saat memainkan game. Terlebih, bila game yang dijalankan amat seru sehingga membuat kamu 'lupa diri' menekan tombol terlalu keras. Ini pasti bisa membuat kerusakan pada keyboard berlipat ganda.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top