Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 25 Januari 2018

√ Cara Mengubah Bahasa di Laptop/Komputer Windows 7, 8 dan 10

Mengubah bahasa di laptop/komputer menjadi bahasa Indonesia atau bahasa asing sebenarnya sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang disajikan di artikel ini saja.

Biasanya, sistem operasi secara default menggunakan pengaturan Bahasa Inggris, jadi bagi yang masih awam mungkin ini sangat menyusahkan.

Cara Mengubah Bahasa di Laptop/Komputer

Sebagian dari kita mungkin masih bingung untuk menggantinya menjadi bahasa lain, takut salah klik dan lain sebagainya. Apalagi banyaknya tombol dan icon yang malang-melintang di depan layar.

Kalau bisa dibilang, sistem operasi Windows juga sebenarnya bisa diubah bahasanya layaknya Microsoft Office. Kita bisa mengubah bahasanya menjadi sesuai keinginan kita, bisa ubah dari Inggris ke Indonesia dan sebaliknya.

Cara Mengubah Bahasa di Laptop/Komputer


Nah, bagi kamu yang ingin mengubah bahasa di laptop atau komputer, simaklah langkah-langkah berikut ini.

Mengubah Bahasa pada Sistem Operasi

a.) Cara Mengubah Bahasa Windows 7

Seperti yang kita tahu, Windows 7 merupakan salah satu produk paling laris yang dimiliki Microsoft. Banyak sekali yang menggunakan OS ini karena kemudahannya saat digunakan. Untuk waktu bootingnya sendiri, Windows 7 juga termasuk yang cukup cepat dan stabil.

Secara default, OS ini menggunakan bahasa Inggris ketika pertama kali diinstall. Bagi yang ingin menggantinya, lakukan cara berikut:
  1. Sebelumnya, kamu perlu mengunduh Language Pack Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya terlebih dahulu dari situs resmi Microsoft.
  2. Sesudah mengunduh paket bahasa tadi, jalankan hasil unduhannya dengan cara double klik.
  3. Setelah itu, tunggu sampai proses install selesai.
  4. Coba ubah bahasanya sesuai keinginan. Caranya, klik Start > Control Panel > Pilih Clock, Language and Region > Region and Language > Pilih tab Keyboards and Languages.
  5. Pada menu Display Language, pilihlah Choose a Display Language dan pilih Bahasa Indonesia.
  6. Terakhir, klik OK dan restart laptop kesayanganmu.
Mudah kan?

b.) Cara Mengganti Bahasa di Windows 8

Evolusi dari Windows 7 ke Windows 8 sebenarnya cukup signifikan dari segi tampilan. Dengan menggunakan interface metro, Windows 8 ini juga tidak memiliki tombol start dan close karena tampilannya diubah menjadi start screen. Selain itu, Windows 8 juga sudah mendukung perubahan bahasa, jadi kamu bisa mengubah laptop menjadi Bahasa Indonesia atau bahasa lain.

Cara mengubahnya juga mirip dengan Windows 7, kamu bisa lakukan cara berikut ini:
  1. Buka Control Panel melalui Start Screen atau Charm Bar.
  2. Setelah itu, buka menu Language > Option.
  3. Pilih opsi Bahasa Indonesia lalu klik download and install language pack.
  4. Setelah itu, tunggu sampai proses download rampung. Kalau sudah, pilih Advanced Setting pada kolom di sebelah kiri.
  5. Pada Override for Windows Display Language, pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang sudah kamu download tadi.
  6. Terakhir, restart laptop atau komputermu.

c. Cara Mengubah Bahasa di Windows 10

Sistem operasi Windows 10 merupakan versi teranyar dari Microsoft dimana rilis pada Juli tahun 2015 lalu. Seperti yang diketahui banyak orang, Windows 8 yang memiliki grafis baik sepertinya gagal laku di pasaran.

Dengan tampilan baru yang tidak memiliki start menu dan close, Windows 8 seakan-akan menjadi produk gagal nya Microsoft. Untuk menyempurnakan itu semua, mereka akhirnya merilis sistem operasi baru yaitu Windows 10.

Tampilan interface nya yang diusung juga sangat ciamik, desain nya metro namun tetap stylish. Bisa dibilang juga, sistem operasi ini merupakan perpaduan antara Windows 7 dan Windows 8 karena tampilan nya mengarah pada sistem operasi sebelumnya.

Start menu di Windows 8 berubah menjadi start screen, lalu ada action center dan tombol pintas untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan aplikasi.

Mengenai bahasa, sistem operasi ini juga sudah mendukung penggunaan Bahasa Indonesia meski harus download terlebih dahulu. Kalau kamu ingin mengubah bahasanya, coba ikuti langkah praktis ini:
  1. Buka Menu Start > Setting > Time and Language.
  2. Pilih Region and Language. Pada opsi Language, pilih Add Language.
  3. Cari Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang kamu inginkan.
  4. Selanjutnya, pilih option lalu klik download untuk mendapatkan file dan komponen yang diperlukan.
  5. Tunggulah sampai proses download dan install selesai. Setelah itu, pilih Bahasa Indonesia lalu klik Set as Default.
  6. Terakhir, restart laptop atau komputermu agar sistem bisa mengenali bahasa yang baru kamu rubah.

d.) Cara Mengganti Bahasa di Mac OS

Macintosh Operating System merupakan sistem operasi besutan Apple khusus untuk para pengguna Macbook. Sistem operasi ini tidak bisa digunakan untuk laptop atau komputer IBM basis Windows. Kelebihan OS ini sebenarnya cukup banyak, mungkin salah satunya adalah karena mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik dibanding Windows.

Untuk bahasanya sendiri, Mac OS juga sebenarnya bisa diganti sesuai keinginan penggunanya. Bagi kamu yang ingin mengubah bahasanya, ikuti cara ini:
  1. Buka System Preference, kamu bisa membukanya lewat Dock atau Apple.
  2. Klik Language and Text lalu pilih tab Language.
  3. Selanjutnya, klik tambah (+) lalu pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya seandainya bahasa tersebut belum ada di daftar.
  4. Kemudian, drag (seret) bahasa yang kamu pilih ke bagian daftar paling atas.
  5. Setelah itu, tutup jendela Language and Text dan restart laptop atau komputermu.

e.) Cara Mengubah Bahasa di Linux

Sistem operasi Linux adalah salah satu sistem operasi yang menggunakan basis open source. Artinya, sumber kode sistem operasi ini bisa digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan kembali secara bebas tanpa lisensi apa pun.

Sistem operasi ini juga banyak mengambil source code basis UNIX dimana bahasanya menggunakan bahasa C. Inilah yang memudahkan pengguna dan developer untuk memperbagus hal-hal terkait sistem operasi ini.

Karena sifatnya open source, sistem operasi ini jauh lebih murah bahkan gratis. Tingkat keamanannya juga cukup baik dimana sangat jarang terkena virus. Linux turunan sistem operasi ini juga cukup banyak dikembangkan di Indonesia sebut saja BLANK-ON, Garuda OS dan lain sebagainya.

Cara mengubah bahasa di Linux (kali ini Ubuntu) juga sebenarnya cukup mudah. Ikuti saja step by stepnya berikut ini:
  1. Buka System > Administration > Language Support. Untuk membukanya, kamu bisa mencobanya melalui Dash.
  2. Selanjutnya, klik Install/Remove Language.
  3. Pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya lalu pilih tombol Apply Changes.
  4. Pada opsi Language for Menu and Windows, drag Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang kamu pilih ke urutan teratas.
  5. Setelah itu, klik Apply System-wide lalu pilih tombol Close.
  6. Terakhir, restart laptopmu agar bahasa yang kamu rubah bisa digunakan dengan baik.

Cara Mengganti Bahasa pada Program Aplikasi di Laptop atau Komputer

Setelah bahasa berhasil diinstall, biasanya tidak akan langsung masuk ke program atau software yang sudah ada. Kamu masih harus mengubahnya satu satu meski tidak semua software mendukung Bahasa Indonesia. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi saja. Mari simak ulasannya..

a.) Cara Mengubah Bahasa di Mozilla Firefox

Aplikasi browser yang satu ini merupakan salah satu browser yang cukup banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Banyak sekali ekstensi (Add-on) yang bisa menunjang aktifitas, wajar saja peminatnya banyak.

Kemajuan browser ini juga signifikan karena keamanannya yang baik, banyak fiturnya dan ukuran yang cukup ringan. Selain itu, interface firefox juga minimalis dan user friendly. Meski kadang-kadang ngelag, mungkin itu terjadi karena penggunaan yang kurang baik.

Secara default, memang firefox masih menggunakan Bahasa Inggris namun sebenarnya bisa juga kita ubah ke Bahasa lainnya.

Cara mengubah bahasa di Mozilla Firefox bisa kamu intip di bawah ini:
  1. Buka browser Mozilla Firefox lalu pada menu bar, coba klik ikon Firefox lalu pilih Preferences.
  2. Klik Content lalu pilih Choose yang ada pada opsi Language.
  3. Kalau bahasa yang kamu inginkan belum ada dalam daftar tertampil, klik Select a Language to Add. Setelah itu, pilih bahasa dan klik tombol Add untuk menambah bahasa. Namun jika sudah ada, maka abaikan saja.
  4. Kalau bahasa sudah ditambahkan, pilih bahasa yang ingin kamu gunakan tadi lalu pindahkan ke posisi teratas (move up).
  5. Selanjutnya, klik OK lalu tutup jendela Preferences.
  6. Terakhir, restart Mozilla Firefox agar bahasa bisa digunakan dengan baik.

b.) Cara Mengganti Bahasa di Google Chrome

Browser hasil karya Google ini merupakan browser yang paling banyak digunakan setelah Mozilla Firefox. Dengan tampilan yang modern dan kemampuan browsing yang cepat, aplikasi ini benar-benar menjadi pesaing firefox nomor satu.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah menarik dengan firefox, salah satunya yaitu bisa mengakses website tanpa jejak dan bisa langsung digunakan sebagai search engine. Untuk mengubahnya menjadi Bahasa Indonesia, kamu bisa mengikuti cara berikut:
  1. Buka Google Chrome lalu klik icon menu chrome yang ada pada ujung kanan atas browser.
  2. Selanjutnya, klik Setting lalu pilih Show Advanced Settings.
  3. Klik Language and input settings lalu pilih bahasa yang diinginkan. Kalau bahasanya belum ada, kamu bisa menambahkannya dengan klik Add.
  4. Posisikan bahasa yang kamu inginkan ke urutan paling atas. Setelah itu, klik finish.

c.) Cara Mengubah Bahasa di Microsoft Office

Seperti yang kita tahu, Microsoft Office adalah program pengolah data besutan Microsoft. Mayoritas pengguna Windows tentu sudah sangat familiar dengan software kantoran ini. Saking familiarnya software ini, banyak kurikulum akademis yang terkadang menjadikan Microsoft Office sebagai bahan belajarnya.

Microsoft Office sebenarnya ada pada satu paket (bundle) yang terdiri dari Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Publihser, Ms. Access, Ms. Outlook dan masih banyak lagi. Seperti biasa, software ini masih menggunakan Bahasa Inggris sebagai defaultnya. Kalau kamu ingin mengubah bahasanya, berikut ini cara mudahnya:
  1. Yang harus pertama kali lakukan tentu saja mengunduh Microsoft Office Language Interface Pack. Sesuaikan dengan Ms. Office yang digunakan pada laptopmu. Contohnya saja Microsoft Office Language Interface Pack 2010.
  2. Kalau sudah, jalankan file unduhan tadi lalu install. Selanjutnya, tunggu sampai proses install selesai kemudian tutup semua aplikasi Microsoft Office yang sedang kamu buka.
  3. Selanjutnya, klik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Tools > Microsoft Office 2010 language Settings. Pada kotak dialog yang muncul, uncheck opsi set the Microsoft Office display Language to match the windows display language.
  4. Pada bagian Display Microsoft Office menus and dialog boxes in, pilihlah Bahasa Indonesia.
  5. Terakhir, klik OK dan buka kembali Microsoft Officenya. Buka misalnya Microsoft Word, lalu periksa apakah sudah menggunakan Bahasa Indonesia atau belum.
Itulah dia beberapa cara mengubah bahasa di laptop atau komputer baik pada sistem operasi dan aplikasinya. Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa mengganti bahasa sesuai keinginanmu agar lebih mudah dipahami.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top