Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 21 September 2017

Cara Agar Laptop Tetap Menyala/Mati Otomatis saat Layar ditutup

Cara agar laptop tetap menyala atau mati (shutdown) otomatis ketika layar ditutup. Kesibukan kita sehari-hari mungkin mengharuskan kita untuk selalu berdekatan dengan laptop, kapan pun dan dimana pun. Dengan segala kemampuan fitur nya, laptop bisa membantu pekerjaan kita dengan lebih leluasa.

Pekerjaan yang menumpuk bisa kita atasi dengan adanya laptop. Namun terkadang, ada kepentingan yang mengharuskan kita untuk menutup laptop secara mendadak. Padahal laptop tersebut masih menyala dan kita belum sempat untuk mematikannya dengan mode shutdown.

Dalam kondisi seperti itu, biasanya laptop secara default akan masuk ke mode sleep. Akan tetapi mode sleep kurang baik jika digunakan terlalu lama.

Sedikit cerita. Dulu sewaktu SMK, saya pernah memasukkan laptop ke dalam tas dengan keadaan sleep. Di tengah perjalan pulang ternyata datang hujan. Tas saya basah dan saat itu pula saya langsung mengecek laptop.

Hasilnya? Laptop saya basah dan saat dinyalakan laptop saya mengalami kongslet. Akhirnya saya minta tolong ke guru komputer saya untuk diperbaiki.

Hubungannya dengan artikel kali ini apa?

Nah seandainya waktu itu saya mematikan laptop dengan shutdown, mungkin kerusakan tadi masih bisa diminimalisir. Bisa saja ditunggu hingga airnya mongering. Namun karena kecerobohan saya, laptop saya malah mengalami kerusakan dan akhirnya harus merogoh kocek untuk reparasi.

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami hal yang sama seperti saya, Anda bisa membuat laptop mati otomatis setelah kita menutup layar. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan ancang-ancang shutdown.

Keperluan mendesak Anda mungkin bisa didukung oleh fitur ini. Cara agar laptop mati otomatis saat layar ditutup sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu ikuti step by stepnya.

Cara Agar Laptop Tetap Menyala atau Mati Otomatis saat Layar ditutup


Cara yang akan saya jelaskan ini menggunakan tampilan Windows 10, namun ternyata sama saja dengan versi Windows apapun. Windows 7 dan Windows 8 juga mungkin bisa menggunakan cara yang sama.

1. Pertama-tama, cobalah untuk membuka Menu Start lalu pilih Control Panel. Kemudian cari Hardware and Sound.

Cara Agar Laptop Tetap Menyala/Mati Otomatis saat Layar ditutupCara Agar Laptop Tetap Menyala/Mati Otomatis saat Layar ditutup

2. Setelah terbuka, pilih Power Options, lalu klik change What the power buttons do.

Cara Agar Laptop Tetap Menyala/Mati Otomatis saat Layar ditutup

3. Akan ada banyak pilihan berupa menu dropdown. Coba cari When I close the lid  lalu ganti dengan shutdown. Setelah itu klik Save Changes.


Cara Agar Laptop Tetap Menyala/Mati Otomatis saat Layar ditutup

Setelah langkah terakhir, seharusnya laptop Anda sudah bisa mati/shutdown secara otomatis.

Lalu bagaimana cara membuat laptop agar tetap menyala saat layar ditutup?

Sebenarnya caranya sama. Yang membedakan adalah pada langkah ke tiga. Ketika Anda memilih When I close the lid, Anda harus menggantinya dengan Do Nothing. Itu saja, benar-benar sangat simpel.

Anda benar-benar harus merawat laptop dengan baik agar lebih tahan lama, jangan asal-asalan menggunakannya.

Nah, itu dia cara agar laptop tetap menyala atau mati otomatis setelah laptop ditutup. Sangat simpel bukan? Jika Anda sudah tahu caranya, pasti akan sangat gampang untuk Anda coba.

Anda juga perlu membaca ini:
Oke, semoga berhasil.

Itu dia cara agar laptop mati otomatis saat layar ditutup. Semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan ini. Selamat mencoba!
 
Back To Top