Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 21 September 2017

Cara Atasi Laptop Mati Tombol Power & Lampu Indikator Menyala

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa mati tombol powernya dan lampu indikator tetap menyala - Masalah pada laptop benar-benar tidak ada habisnya. Mulai dari laptop cepat panas, laptop yang lemot, laptop yang sering mati sendiri, laptop kena virus dan permasalahan lain yang bikin cenat-cenut.

Cara Atasi Tombol Power & Lampu Tidak Bisa Mati saat Laptop Shutdown

Meskipun laptop Anda baru, bisa saja mengalami permasalahan. Mungkin, kita juga akan merasa kebingungan karena laptop yang baru saja dibeli sudah kelihatan rusak. Lho kok laptop baru udah rusak ?

Padahal belum tentu rusak, bisa jadi karena hal lain.

Namun kita juga perlu bersyukur jika mengalami banyak masalah seperti ini. Kita jadi bisa belajar dan ilmu/skill kita mungkin akan bertambah seiring banyaknya masalah yang dihadapi.
Masalah-masalah ini tentu tidak akan hilang begitu saja, kita perlu mengatasinya dengan baik dan benar.

Adapun masalah yang akan kita bahas kali ini sebenarnya cukup aneh, tapi mungkin banyak yang mengalaminya. Setelah laptop dimatikan/shutdown, seharusnya tidak ada lagi aktivitas yang berjalan. Namun, pada kasus ini tombol power dan lampu indikator masih tetap menyala.

Wajarnya, laptop yang telah dimatikan (shutdown) layarnya menjadi hitam, tombol power dan lampu indikator juga ikut mati. Tapi ini malah masih menyala.

Meskipun ditunggu hingga beberapa jam, seringkali tombol power dan lampu indikatornya masih saja tetap menyala. Tidak mau mati sendiri.

Sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk penyebabnya sendiri memang belum terlalu pasti, tergantung model laptop dan permasalahannya. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan tombol power laptop dan lampu indikator tidak bisa dimatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Masalah pada drivernya
  • Masalah pada hardware laptop
  • Ada beberaoa file sistem di Windows yang bermasalah
  • Laptop kurang sempurna dalam menghentikan seluruh proses yang berjalan saat laptop dimatikan.
Ada beberapa kemungkinan yang bisa kita ambil sebagai indikasi. Sehubungan dengan itu, Anda mungkin bisa mengatasi permasalahan ini dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Tombol Power & Lampu Indikator Laptop Tetap Menyala


#1. Matikan lalu Restart


Siapkan laptop Anda dan pastikan laptop Anda dalam kondisi mati (shutdown).  Jika tidak bisa mati, cobalah untuk menekan tombol powernya selama 10 detik. Meskipun mematikannya dengan cara paksa, namun untuk keadaan darurat tidak akan kenapa-napa. Saya juga sebenarnya sudah sering melakukan ini meskipun saya sudah tahu resikonya. Akan tetapi, laptop saya masih baik-baik saja sampai sekarang.
  1. Tunggulah selama 1-2 menit agar semua komponen hardware benar-benar mati dan kondusif.
  2. Nyalakan kembali laptop Anda, tunggu hingga Windows selesai melakukan pembacaan program.
  3. Setelah proses StartUp selesai, coba matikan laptop Anda kembali. Seharusnya lampu dan tombol power ikut mati. Jika belum berhasil, lanjut ke poin 2.

#2. Pasang Ulang Baterai Laptop Anda dengan Benar


Cara atasi tombol power & lampu tidak bisa mati yang selanjunya adalah memasang ulang baterai. Cobalah untuk mematikan laptop hingga benar-benar mati. Setelah itu, cobalah lepas baterainya. Kemudian pasang lagi dengan keadaan yang pas dan sesuai.

Nyalakan laptop Anda dan coba matikan ulang laptop Anda. Sampai tahap ini, seharusnya laptop Anda sudah bisa kembali normal. Tombol power dan lampu indikator seharusnya juga ikut mati, tanpa ada nyala sedikitpun.

Jika belum berhasil juga, coba ulangi sampai beberapa kali. Tidak jadi juga? Lanjut ke langkah berikutnya.

#3.  Coba Upgrade Driver Intel


Ya jika tidak jadi juga, tidak ada salahnya Anda mencoba cara-cara setelah poin pertama tadi. Cobalah untuk upgrade drivel intel, biasanya ini akan memengaruhi kondisi laptop.

Upgrade driver ke yang terbaru. Download drivernya di vendor resminya, jangan ke yang lain-lain. Setelah itu, install drivernya.

Untuk drivernya sendiri, yang mungkin sering bermasalah ada pada Chipset, IME (Intel Management Engine) dan TXE_Intel.

#4. Atur Settingan Laptop


Jangan menyerah, Anda harus sering-sering mencoba. Jika belum berhasil, hajar sampai berhasil.
Cara ketiga ini cukup simpel, Anda cukup edit pengaturan pada Control Panel.

Coba Anda masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Pada Power Options, pilih Change what the power buttons do > Sesuaikan dengan keinginan Anda. Pada When I press the power button dan When I close the lid, pilih Shutdown > Klik Save Changes.

Setelah itu coba matikan laptop dengan menekan tombol power atau menutup layar. Jika masih tidak bisa, matikan fast startup. Caranya seperti ini.

Setelah masuk ke Change what the power buttons do, pilihlah change settings that are currently unavailable. Setelah itu, hapus centang pada Turn on fast startup dan simpan. Coba matikan laptop Anda lalu lihat apa yang terjadi. Jika masih gagal, kembalikan centang seperti semula.

Ada kelebihan dan kekurangan jika mematikan fast startup. Kelebihannya untuk masuk windows seperti lebih cepat sedangkan kelemahannya untuk mematikan laptop sedikit lebih lama.

Untuk pengguna Notebook juga perlu hati-hati, dalam keadaan indikator menyala bisa membuat baterai habis. Oleh karena itu,  usahakan daya baterai laptop cukup atau sambil mengecasnya jika Anda ingin melakukan cara ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

#5. Cara Terakhir


Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan. Misalnya mematikan Windows Update dan install ulang sistem operasinya. Memang saya juga kurang yakin akan hal ini, tapi mungkin bisa Anda coba.

Kalau semua cara di atas tidak jadi-jadi, mungkin ada yang salah pada sisi hardware. Bila Anda tidak ingin pusing dan punya budget lebih, bawa saja ke tempat reparasi. Oh iya, Anda juga perlu membaca artikel-artikel ini untuk meminimlisir masalah :
Memang cara-cara ini bisa berhasil untuk beberapa model laptop, tapi mungkin ada juga yang belum juga berhasil. Namun lebih baik jika Anda mencobanya daripada tidak sama sekali.

Sampai di sini ada yang ingin ditanyakan? Atau mungkin ada cara-cara yang belum saya jelaskan?

Jika Anda masih bingung atau punya cara sendiri dalam mengatasi permasalahan ini, Anda bisa berkomentar pada kolom komentar di bawah. Dengan begitu kita bisa sharing-sharing dan saling membantu.

Selamat mencoba!  Semoga berhasil.
 
Back To Top