Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 07 September 2017

17 Tips Membeli Laptop untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tips membeli laptop untuk mahasiswa dan pelajar. Sebagai pelajar atau mahasiswa tulen, Anda pasti sudah merasakan perbedaan yang sangat mendasar ketika menginjak bangku kuliah. Kehidupan kuliah Anda pasti sangat berbeda dibanding pada saat SMA. Ngilu-ngilu gimana gitu.

Tips Membeli Laptop Baru untuk Mahasiswa

Tugas yang diberikan saat kuliah juga tidak tanggung-tanggung. Akan ada banyak sekali pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Untuk menunjang itu semua, Anda pasti perlu memiliki alat dengan mobilitas tinggi seperti laptop.

Jika Anda ingin memiliki laptop, sebaiknya cari yang masih baru (grace) karena performanya tidak usah diragukan lagi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membeli laptop bekas yang masih berkualitas.

Nah, jika Anda seorang mahasiswa/pelajar yang ingin mencari laptop baru, simak beberapa tips berikut ini hingga selesai...  

1. Sesuaikan Budget


Namanya juga anak kuliahan, tentunya Anda harus memikirkan masalah budget. Setiap orang tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Masalah mahal sebenarnya subjektif, tergantung ada tidaknya budget yang dimiliki.

Budget seringkali menjadi permasalahan seorang mahasiswa ketika ingin membeli sesuatu, misalnya saja laptop. Sebagai seorang mahasiswa yang smart, Anda perlu menyeimbangkan antara budget dan kebutuhan.

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika kebutuhan Anda hanya untuk keperluan standard. Mungkin laptop harga 3 jutaan sampai 5 jutaan sudah cukup untuk sarana belajar.

2. Spesifikasi Harus Sesuai Kebutuhan


Tips membeli laptop untuk mahasiswa selanjutnya yaitu menyesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan. Pastikan spesifikasi tersebut mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar. Setiap mahasiswa pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai jurusannya. Bagi mahasiswa desain grafis & multimedia, mungkin spesifikasi laptop yang sesuai adalah Processor Intel, RAM minimal 4 GB dan VGA NVIDIA minimal 2 GB.  Sedangkan untuk mahasiswa seperti jurusan Bahasa mungkin laptop dengan processor Intel dan RAM 2GB sudah cukup. Toh mungkin hanya untuk tulis-menulis dan browsing.

3. Cari Info Harga


Lakukanlah survei kecil-kecilan dengan mencarinya dari internet. Ada banyak sekali situs yang bisa Anda jadikan patokan, misalnya Lazada, tokopedia, bukalapak, shopee, bhinneka dan situs resmi dari vendor laptop tersebut.

Cari juga artikel review yang mengulas laptop incaran Anda. Ini pasti akan menambah wawasan Anda sehingga Anda lebih yakin untuk membelinya.

4. Pilih Brand atau Merk


Setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda-beda terhadap merk laptop satu dengan yang lainnya. Sebaiknya Anda mencari merk yang cukup terkenal dan umum digunakan karena biasanya memiliki kualitas yang bagus. Apalagi after sales, warranty, dan service center yang juga sama baiknya.

Layanan seperti ini bisa Anda perlukan ketika mengalami masalah seputar laptop baru Anda.

5. Desain Laptop


Memiliki laptop dengan desain yang ciamik dibalut warna-warna yang elegan akan membuat Anda semakin bersemangat dalam menjalani aktivitas kuliah. Selain sebagai penunjang belajar, laptop ternyata bisa digunakan untuk menunjukkan style seseorang.

Bagi Anda yang senang menjadi pusat perhatian, laptop dengan desain anti-mainstream mungkin bisa membuat Anda dilirik banyak orang. Siapa sangka, desain laptop yang keren juga bisa menambah rasa percaya diri ketika Anda presentasi di depan kelas.

Pilihlah desain keren yang sesuai dengan kepribadian Anda. Jika Anda memiliki jiwa gamer, Anda bisa membeli laptop bertema gaming enthusiast. Sedangkan bagi Anda yang memiliki sifat kalem dan sederhana, laptop dengan desain stylish sangat cocok untuk Anda.  

Banyak vendor laptop yang menghadirkan desain stylish dan sedap dipandang mata. Sebut saja ASUS Zenbook, Xiomi Notebook Air, Lenovo Ideapad, Microsoft Surface hingga Macbook Pro. Laptop-laptop seperti ini pastinya sangat cocok untuk Anda gunakan.

6. Pilih yang Ringan


Terkadang orang-orang melupakan berat dari laptop itu sendiri. Jika Anda seorang mahasiswa, sebaiknya carilah laptop yang ringan dan minimalis. Dengan berat yang minim, Anda bisa membawa laptop ke mana saja tanpa beban sama sekali. 

Kalau laptop berat, Anda mungkin akan merasa cepat lelah. Apalagi ditambah buku-buku yang memenuhi tas Anda.

7. Ukuran Layar


Hal yang sama pentingnya dalam memilih laptop adalah ukuran layar. Anda perlu memastikan ukuran layar tidak terlalu kecil atau lebar. Ukuran layar yang terlalu besar tentu akan menambah berat, sedangkan layar terlalu kecil biasanya memiliki performa yang kurang maksimal.

Untuk poin ini, sesuaikan dengan selara Anda. Tidak ada yang salah jika Anda ingin memilih layar yang lebar ataupun kecil. Namun disarankan untuk ukuran layar yang optimal, yaitu 14 inch.

Mengapa 14 inch?
  • Layar laptop ukuran kecil (10-11 inch) memang mudah dibawa kemana-mana, namun penglihatan kita agak terganggu karena ukuran huruf pada layar relatif kecil. Selain itu, biasanya performa laptop kurang sepadan dengan laptop standard.
  • Layar laptop ukuran besar (lebih dari 14 inch) sebenarnya juga bagus karena powerfull untuk menunjang pekerjaan. Akan tetapi, ukurannya yang besar membuat laptop susah dibawa. Ini bertolak belakang dengan aktivitas mahasiswa yang memerlukan mobilitas tinggi.

8. Pilih Laptop Sudah Pre-Installed Windows


Jika Anda ingin membeli laptop baru, pastikan laptop sudah pre-installed windows. Laptop yang seperti ini biasaya sudah diinstal oleh vendor/distributor resminya. Dengan begitu Anda tidak perlu repot untuk install ulang terlebih dahulu, apalagi windows ori harganya cukup mahal. Ini pastinya menguntungkan, terlebih untuk Anda yang berstatus sebagai mahasiswa. 

Namun tenang saja, mayoritas laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi sistem pre-installed ini. Akan tetapi, Anda harus tetap memastikan bahwa sistem operasi tersebut asli agar tidak mudah terkena serangan virus atau malware.

Mahasiswa, anak terpelajar kok pakai windows bajakan ? Kan malu...

9. Pilih Laptop yang Baik untuk Multitasking


Multitasking di sini maksudnya mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada waktu yang bersamaan. Hal ini juga perlu Anda perhatikan sebagai seorang mahasiswa.

Saat ini, hampir semua laptop sudah bisa melakukan multitasking. Akan tetapi kemampuannya berbeda-beda, tergantung dari seberapa bagus spesifikasinya.

Jika jurusan Anda memerlukan aplikasi yang cukup berat, maka carilah laptop yang performanya overkill. Pilihlah laptop dengan processor Intel minimal iCore-3, RAM minimal 4 GB dan VGA NVDIA G-Force.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat membuka Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan Adobe Affter Effect secara bersamaan. Jika Anda benar-benar memerlukan spesifikasi seperti ini, Anda bisa mencoba berbagai varian dari ASUS ROG.

10. Dukungan Aplikasi


Laptop dengan banyak aplikasi seperti Ms. Office 365 akan memudahkan Anda dalam mengerjakan berbagai tugas. Periksalah terlebih dahulu sebelum membeli, jika belum ada mintalah ke distibutor/toko terkait. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing untuk menginstall aplikasi terlebih dahulu.

11. Daya Baterai


Untuk ukuran laptop baru, daya baterai tentunya masih bagus. Namun kita juga perlu mengetahui kapasitas daya baterainya. Memilih baterai yang hemat daya tentu membuat laptop kita lebih powerfull.

Setelah itu, jangan lupa untuk merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama ketika digunakan.

12. Storage


Media penyimpanan juga perlu Anda perhatikan sebelum Anda membeli laptop. Pikirkanlah terlebih dahulu apa yang akan Anda gunakan pada laptop tersebut. Pilihlah laptop dengan harddisk storage yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk ukuran mahasiswa, harddisk 320GB mungkin sudah cukup. Namun, lebih optimalnya lagi ada pada ukuran 500GB.

13. Cek Kelengkapan Laptop


Tips membeli laptop untuk mahasiswa berikutnya adalah mengecek kelengkapan laptop. Setelah membeli, pastikan laptop benar-benar ter-segel luar dan dalamnya. Jangan terima jika segel dalam kondisi cacat.

Cek juga kelengkapan lainnya seperti tas, charger dan mouse. Cek kondisinya, apakah berfungsi atau tidak.

14. Laptop Bergaransi


Jika Anda memilih laptop yang berkualitas dan dibeli dari toko terpercaya, tentu laptop tersebut mempunyai garansi resmi dari pihak terkait. Setelah Anda menerima kartu garansi, pastikan kartu tersebut dikirim ke vendor laptop dan sudah teregistrasi.

Masa garansi ini berbeda-beda tegantung dari vendornya, biasanya berlangsung sekitar 1-2 tahun. Jadi selama masa garansi berlaku, Anda tidak perlu khawatir apabila laptop baru Anda mengalami masalah. Anda hanya perlu membawanya  ke tempat yang Anda beli untuk meminta pertanggungjawaban.

15. Beli di Toko Terpercaya


Membeli laptop juga perlu kecermatan dan kehati-hatian. Wajib hukumnya bagi Anda untuk membeli ke penjual yang terpercaya. Setidaknya yang sudah memiliki purna jual dan reputasi yang bagus.

Carilah informasi kepada saudara, teman atau sahabat yang sudah pernah membeli laptop sebelumnya. Tanyakan mengenai toko mana saja yang paling recomended. Tentunya memiliki pelayanan yang bagus dan jujur dalam jual beli.

Untuk membeli laptop baru, sebenarnya Anda juga bisa membelinya secara online. Jika jalur ini yang ingin Anda tempuh, maka usahakan lebih berhati-hati. Selidikilah toko online si penjual, seberapa besar reputasi toko online tersebut. Jika Anda tidak ingin ambil resiko, lebih baik membelinya di situs resmi dari vendor laptop yang ingin Anda beli.

16. Beli Ketika Pameran


Ini mungkin menjadi tips yang paling yahuudd untuk Anda. Jika Anda menemukan informasi mengenai pameran atau bazar laptop, segeralah datangi acara tersebut.

Biasanya pameran seperti ini dimaksudkan untuk memperkenalkan produk terbaru dan menarik lebih banyak pelanggan. Kebanyakan dari penjual juga memberi diskon besar-besaran pada acara tersebut. Dengan begitu, Anda bisa membeli laptop dengan harga miring. Jangan sia-siakan!

17. Beli Laptop Bekas? Juga Oke!


Ini adalah tips membeli laptop untuk mahasiswa yang terakhir. Jika memang Anda kekurangan biaya untuk beli laptop baru, jangan khawatir. Anda masih punya opsi kedua, yaitu membeli laptop bekas. Dengan begitu, Anda mungkin masih bisa untuk beli laptop dengan harga yang jauh lebih murah. Memang perlu sedikit kehati-hatian, namun ini adalah pilihan yang sangat baik. 


Untuk ukuran mahasiswa, sebenarnya tidak perlu laptop yang muluk-muluk. Cukup yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Pilihlah laptop yang akan membuat Anda nyaman dan bersemangat ketika Anda mengoperasikan nya. Setelah membeli, Anda juga harus merawat laptopnya dengan baik.

Happy shopping
 
Back To Top