Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 18 September 2017

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah Menjadi 3 Bagian

Beberapa waktu yang lalu, laptop saya mengalami gangguan pada layar. Gangguan ini cukup aneh karena layar laptop seperti terbelah menjadi 3 bagian. Saya bingung bagaimana cara mengatasinya, akhirnya saya cari-cari di internet dan langsung praktik.

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah 3 Bagian

Masing-masing bagian pada layar laptop saya dipisahkan oleh garis-garis lurus secara vertikal, dimana ada beberapa garis yang bergelombang. Namun pada akhirnya saya masih bisa mengakalinya dengan beberapa cara.

Nah, jika Anda mengalami hal serupa dengan saya, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Catatan: Laptop yang saya gunakan yaitu Lenovo Ideapad G470. Hal serupa mungkin bisa dialami pada laptop Toshiba Satelite C600, C640 atau laptop merek/tipe lain.


Cara Mengatasi Layar Laptop Terbelah 3 Bagian


#1. Restart


Untuk cara pertama, cobalah restart laptop Anda. Kalau memang tidak terlalu parah, setelah laptop di restart biasanya dapat normal kembali. Jika seandainya masih belum bisa, maka lanjut ke poin berikutnya.

#2. Atur Resolusi Layar


Mengatur resolusi layar laptop dari ukuran biasanya mungkin dapat mengatasi permasalahan Anda. Entah kenapa, mengatur resolusi layar kerap kali berpengaruh dan berhasil. Mungkin saja hal ini ada hubungannya dengan permasalahan pada VGA.

#3. Coba Pindah ke Mode Proyektor


Untuk cara yang satu ini sangat sering saya coba. Dan sering berhasil. Coba masuk ke fungsi mode proyektor atau tekan Ctrl + F3 (saya pakai Lenovo G470). Setelah itu, Anda pilih mode duplicate, extend, atau second screen only.

Jika mode duplicate tidak berhasil, coba pilih mode extend. Jika tidak berhasil juga, coba pasangkan monitor external pada laptop sehingga Anda bisa menggunakan mode second screen only. Bila Anda tidak menggunakan monitor external, layar laptop biasanya akan blank/mati setelah memilih second screen only.

#4. Tutup Layar Ketika Menyala


Cara ini mungkin kurang efektif, namun patut Anda coba. Terkadang ada laptop yang merespon kondisi layar ketika langsung ditutup. Sewaktu dibuka, layar kembali normal. Saya sudah mencoba cara ini namun kurang berhasil, tetapi ada teman-teman yang berhasil menggunakan cara ini (saya lihat di Youtube).

#5. Lakukan Sleep atau Hibernate


Jika menutup layar belum berhasil, coba lakukan sleep atau hibernate. Tunggu hingga beberapa jam. Setelah itu, coba nyalakan kembali laptop Anda.

Cara ini sudah saya coba dan ajaibnya berhasil. Layar laptop menjadi normal kembali, meskipun masih bersifat sementara.

#6. Lepas Baterai Sebelum Tidur


Cara mengatasi layar laptop terbelah 3 bagian yang selanjutnya adalah melepas baterai. Biasanya pelepasan baterai dilakukan menjelang tidur dan dipasang kembali setelah pagi harinya. Hal ini dilakukan karena pada rentang waktu tersebut, kita jarang menggunakan laptop.

Anda juga bisa melakukan hal serupa di pagi hari, namun sebaiknya Anda perlu menunggunya hingga sekitar 8 jam.

Setelah rentang waktu tersebut, Anda bisa memasangkan baterai pada laptop. Biasanya layar laptop sudah bisa normal. Jika belum, coba lakukan seperti poin ke tiga (mode proyektor).

#7. Lepas Baterai Ketika Laptop Menyala


Cara ini sebenarnya kurang saya rekomendasikan karena cukup beresiko. Selain menentang kaidah merawat laptop yang baik, cara ini terkesan ekstrim. Akan tetapi, layar laptop kemungkinan bisa normal kembali, meskipun hanya berlangsung sementara.

Teman-teman di kaskus ada yang bilang hanya bertahan beberapa minggu saja, setelah itu layar kembali terbelah tiga. Saya sudah coba, tapi malah hanya bertahan selama beberapa jam saja.

Yang perlu Anda lakukan hanya melepas baterai saat laptop menyala. Setelah itu pasang kembali atau diamkan selama 1-2 jam terlebih dahulu.

Ingat! Cara ini kurang disarankan. Anda hanya boleh mencobanya beberapa kali saja, karena jika terus-terusan mungkin bisa memengaruhi komponen laptop yang lain. Terutama RAM, motherboard dan processor.

#8. Bawa ke Service Center Terdekat


Cara-cara sebelumnya mungkin efeknya belum terlalu maksimal. Untuk itu, Anda sebaiknya konsultasi dengan teknisi komputer/laptop yang sudah berkompeten. Anda bisa tanya secara langsung atau melalui grup teknisi di facebook. Kalau tidak, bawa saja laptop Anda ke Service Center terdekat.

Langkah ini adalah yang paling tepat mengingat Anda tidak perlu pusing mengatasi hal ini. Coba tanyakan dengan baik, kira-kira apa permasalahannya.

#9. Periksa Kabel Monitor dan VGA


Jika Anda lebih memilih untuk mengatasinya sendiri, pastikan sudah memiliki ilmu dan keyakinan yang matang. Dengan begitu, Anda sudah bisa meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Seandainya cara sebelumnya belum berhasil juga, saatnya Anda membongkar laptop. Cobalah periksa kabel monitor dan VGA, pastikan tidak bermasalah. Lepas, benarkan, dan pasang kembali.

#10. Ganti LCD


Anda perlu mengganti LCD jika memang ternyata letak permasalahan ada di situ. Jika Anda membongkar laptop sendiri, perlu unsur kehati-hatian. Jangan asal bongkar dan pasang agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Mengganti LCD mungkin menjadi solusi terakhir untuk Anda. Meskipun harus keluar biaya, cara ini mungkin lebih berpeluang berhasil.

Penutup

Jika layar laptop Anda tak kunjung berhasil, mungkin ada permasalahan lain yang lebih serius. Anda juga perlu mempelajari cara mengatasi layar laptop bergaris untuk menambah wawasan Anda. Tentunya agar Anda dapat berpikir dan bertindak lebih maksimal dalam mengatasi permasalahan ini.

Selamat praktik! Semoga berhasil, jangan lupa berdoa. :D
 
Back To Top