Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 19 September 2017

12 Kelebihan Macbook dibanding Laptop Merek Lain

Kelebihan dan keunggulan apple macbook dari laptop windows biasa - Saat ini jajaran merek laptop di dunia sedang gencar-gencarnya bersaing dalam memasarkan produknya. Sejenak terlintas, ada merek laptop yang mungkin bisa dibilang menjadi pembeda dari yang lainnya. Merek laptop tersebut adalah Apple Macbook.  Perbedaan ini tentunya bisa kita bandingkan dengan laptop merek lain.

Kelebihan Macbook dibanding Laptop Biasa / Merek Lain


Rasa-rasanya, aura yang ditimbulkan laptop Macbook benar-benar terkesan lebih mencolok daripada laptop windows kebanyakan. Aura ini mungkin bisa dikarenakan karena kualitas produknya sudah benar-benar teruji. Laptop produksi perusahaan Apple Inc. ini juga bisa memberikan kesan yang amat eksklusif dalam industri laptop.

Ada banyak keunggulan yang membuat laptop Macbook sering menjadi laptop impian bagi banyak orang di dunia. Harga laptop Macbook yang di atas rata-rata menyebabkan tidak semua orang bisa dengan mudah memilikinya. Inilah yang mungkin menjadi alasan kenapa laptop ini dibilang laptop impian.

Meskipun mahal, ternyata masih banyak orang yang begitu menyukai Macbook. Bukan karena hal ghaib, tapi memang karena memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan ini bahkan membuat banyak orang yang pindah haluan dari Windows ke Mac, meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada laptop biasa.

Lalu sebenarnya apa saja kelebihan laptop Apple Macbook dibanding laptop lain? Jika Anda penasaran, ikuti selengkapnya pada ulasan berikut.

Kelebihan Laptop Macbook dibanding Laptop Merek Lain


10 Alasan berikut ini akan membuat Anda paham mengenai berbagai kelebihan yang ditawarkan Apple Macbook.

1. EXCLUSIVE EXPERIENCE - Elegan dan Berkelas


Jika ada laptop Macbook di depan mata kita, pastinya kita akan langsung meliriknya. Seandainya ada laptop merek lain yang bersebelahan dengannya, mungkin kita akan tetap menatap Macbook. Bahkan bisa saja menatap lebih lama lagi, lagi dan lagi.

Brand Apple mungkin sudah melekat dalam diri para pengguna laptop, bahkan untuk masyarakat sendiri sudah mengenalnya dengan produk yang cukup berkelas.

Wajar, pemakai Macbook memang tidak sebanyak laptop lainnya. Sitem operasinya (OS) sudah menujukkan sisi eksklusif dari Macbook. Sehingga ketika Anda memakainya, pasti ada perasaan bangga.

Hal ini wajar saja terjadi dikarenakan pemakai Macbook tidak sebanyak merek laptop lainnya. Laptop ini juga dilengkapi dengan sistem operasi yang unik dan eksklusif. Seandainya Anda memilih Windows dan Mac Os, maka Anda bisa melihat sendiri perbedaannya.

Yaps, itu hanya gambaran singkat. Tapi lucunya, banyak pemilik laptop lain yang menutup logo laptop mereka dengan logo gambar apel khas laptop Macbook. Ini bisa menjadi pertanda bahwa brand Apple Macbook sangatlah kuat, bisa memikat siapa saja.

Hal seperti ini mungkin jarang kita rasakan ketika menggunakan laptop merek lain. Pasti ada gengsi tersendiri jika seseorang memakainya di tempat ramai seperti café, restoran maupun di dalam kampus.

2. Desain yang Stylish dan Minimalis


Berbicara soal desain, laptop Macbook ternyata tidak mau ketinggalan. Desain yang diusung Macbook benar-benar sangat mulus dan keren. Berbeda dengan laptop lain, tampilan Macbook sebenarnya terkesan lebih simpel. Namun justru itu yang membuat laptop ini tampak lebih elegan, terlebih karena bentuknya yang tipis, ringan dan mudah dibawa.

Desain tipis dan simpel selalu di usung Apple Macbook, sampai-sampai menjadi ciri khas yang susah untuk ditiru laptop lain. Bukan sampai disitu saja, laptop ini juga dibuat dengan bahan-bahan nomor 1. Bahan penutup pada bodi Macbook terbuat dari aluminium terbaik, ini juga yang membuat macbook terkesan lebih ringan.

Namanya juga aluminum, tentunya memiliki kekuatan lebih baik dibanding bahan plastik yang sering digunakan laptop merek lain.

Dari hal ini, kita bisa melihat perpaduan yang sangat sempurna dari segi desain Macbook. Simpel, stylish dan elegan. Itu adalah kata-kata yang akan muncul jika kita melihat Macbook untuk pertama kalinya.

3. Kualitas Layar yang Lebih Jernih dan Tajam


Selain itu, kelebihan Macbook yang lainnya adalah kualitas layarnya. Layar Macbook menawarkan kejernihan layar terbaik karena memiliki yang resolusi tinggi dan juga glossy. Ketajaman layarnya juga terkesan lebih jernih dan nyata.

Teknologi Macbook Pro Retina Display juga akan memanjakan mata Anda. Hal ini karena terkesan lebih natural, tampak hidup dan cocok untuk retina mata.

Selain itu, tingkat kecerahannya bisa beradaptasi secara otomatis sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar.

Karena akurasi dan detail warna pada layar sangat bagus, Macbook pasti lebih cocok digunakan oleh Photographer dan Graphic Designer.

Selain itu, olahan warna yang dipakai untuk desain juga bisa sama persis ketika dicetak.

4. Track Pad dan Keyboard yang Nyaman digunakan


Mac cukup jeli dalam hal pemanfaatan track pad. Pihak Apple mendesainnya supaya bisa menganalisa dan mengenali macam-macam kombinasi gerakan. Hal ini memungkinkan kita untuk berbuat lebih banyak ketika menggunakan Macbook.

Selain itu, keyboard Mac juga dilengkapi dengan sistem penerangan otomatis dan menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar. Jarak antar tombol juga lebih lebar, jadi lebih nyaman digunakan.

5. Kebal Virus


Virus mungkin sudah menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna laptop. Tapi lain ceritanya jika kita menggunakan Macbook.

Keamanan pada Macbook sudah teruji dari waktu ke waktu. Jika dibandingkan dengan laptop berbasis Windows atau Linux, Macbook yang berbasis Unix memiliki pengamanan yang cukup tinggi untuk melawan virus. Sistem operasi Macbook memiliki banyak pengaman yang sulit ditembus oleh virus atau malware.

Dulu mungkin ada desas-desus terkait serangan virus pada Macbook, namun pihak perusahaan mampu menanggapinya dengan cepat. Hadirnya update pertahanan terhadap OS terbaru membuat lini Macbook semakin kebal dari sebelumnya.

Maka dari itu, para pengguna Macbook tidak perlu risau akan virus yang menyerang. Berbeda dengan laptop berbasis Windows, kita tidak perlu susah payah memasang antivirus pada Macbook. Hal ini sudah jelas karena sistem operasinya sudah cukup hebat untuk melawan berbagai serangan virus maupun malware.

6. Very Fast! - Booting, Wake Up & Sleep


Kelebihan Macbook  yang selanjutnya adalah kecepatannya saat booting, wake up dan sleep.
Anda juga tidak perlu sering melakukan shutdown pada Mac. Ini mungkin menjadi fitur yang sangat unik, jarang sekali laptop lain memiliki hal seperti ini. Anda bisa merasakan sensasi ini ketika menggunakannya.

Jika Anda ingin mematikan Macbook, Anda tinggal menutup layarnya saja. Sama halnya ketika Anda ingin memakainya, cukup buka layar dan otomatis laptop langsung menyala.

Jangan heran begitu saja, Anda harus tahu penyebabnya. Sebenarnya fitur ini mampu dilakukan karena Macbook memiliki system wake up & sleep yang cepat sekali. Hal serupa juga bisa dirasakan saat membuka program, proses loading nya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Soal kecepatan, laptop dengan spesifikasi yang sama mungkin akan kalah jika berhadapan dengan Macbook.  Anda tidak akan nyinyir karena menunggu proses loading yang terlalu lama atau gara-gara not responding.

Loading lemot dan not responding sejatinya merupakan dua hal yang sering dialami para pengguna Windows. Karena itu, kite perlu mengatasi laptop yang lemot terlebih dahulu sebelum beraktivitas kembali. Jika Anda menggunakan Macbook, mungkin istilah ini tidak ada lagi dalam kamus Anda.

7. Program Boot Camp


Fitur boot camp pada Mac benar-benar unik dan menarik. Laptop berbasis Windows tidak akan bisa mengadopsi OS Macbook. Akan tetapi, Macbook dapat menggunakan system operasinya sendiri dan Windows sekaligus dalam laptop yang sama.

Kedua system operasi ini tentu tidak bisa berjalan secara serentak. Anda bisa memakainya secara berganti-ganti sesuai kebutuhan. Fitur seperti ini hanya ada pada laptop keluaran Apple yang sering kita sebut dengan Boot Camp.

Fitur ini bisa memanjakan para pengguna laptop dengan OS yang ditawarkan. Selain bisa menginstall Windows, Anda juga bisa membagi ruang harddisk menjadi dua bagian. Anda bisa membaginya sesuai OS, satu untuk Mac OS dan satu untuk Windows.

Jika Anda ingin main game, gunakanlah Windows pada Macbook Anda. Hal ini bisa membuat antarmuka yang lebih friendly. Sedangkan ketika ingin menggunakan aplikasi desain, Anda perlu menggunakan Mac OS.

Jadi seandainya Anda kurang familiar dengan Mac, Anda masih bisa mengakalinya dengan memasukan Windows. Kemudian, Anda sesuaikan penggunaannya berdasarkan kebutuhan.

8. Mudah Install dan Upgrade


Jika ingin install aplikasi di Windows, kita mungkin tidak akan mengalami kesulitan. Namun bila ingin update Windows, kita sering kesulitan.

Lain ceritanya jika menggunakan Macbook. Cukup tekan satu tombol, lalu upgrade. Sama halnya saat kita ingin install atau uninstall program di Mac, cukup memindahkannya ke folder Applications atau Trash.

Ini merupakan fitur ‘tanpa ribet’ yang dihadirkan Macbook untuk para penggunanya.

9. Fungsi dan Fitur yang Super Lengkap


Produk Apple Macbook benar-benar bisa diandalkan. Banyak sekali fitur yang memudahkan kita. Berikut ini beberapa fungsi dan fitur yang ada pada laptop Macbook.
  • Install & Upgrade – Praktis, tanpa ribet.
  • Internet Sharing – Mudah dan cepat.
  • Finder
  • Preview
  • Spotlight
  • Notification center
  • Mission control
  • SS Mac (Screen Shot)
  • Touch bar – lock screen, volume down & up
Ini baru beberapa, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya.

10. TAHAN BANTING - Awet dan Tahan Lama


Semua orang tentu menginginkan barang elektroniknya awet dan tahan lama. Nah, jika Anda ingin  beli laptop yang awet dan tidak mudah rusak, maka beli lah Macbook.

Meskipun harga Macbook cukup mahal, tapi tidak akan mengecewakan karena selaras dengan kualitas yang diberikan. Ada harga, ada kualitas. Banyak orang yang berkata demikian.

Pendapat itu ternyata sudah diterapkan Macbook selama ini. Setiap komponen dan bahan yang ada pada Macbook diperoleh dari yang terbaik. Komponen yang ada di dalam tidak akan cepat rusak. Hal ini bisa kita lihat dari minimnya laptop Macbook yang mengalami hang atau rusak.

Kualitas material komponen pada laptop ini dipilih dari yang nomor wahid,  jadi Anda tidak perlu meragukannya lagi. Anda juga bisa mengecek kualitas pada baterai yang awet dan tahan lama.

Baterai Macbook belum juga menggelembung setelah memasuki 3 tahunan (masa expired). Untuk memperoleh ketahanan produk yang bertahan lama, kita juga perlu merawat laptop dengan baik agar lebih maksimal.

11. Spesifikasi yang Mumpuni


Untuk masalah spesifikasi, laptop Macbook juga terbilang powerfull. Macbook sangatlah cocok untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia editor, desain dan fotografi. Hal ini tentu erat kaitannya dengan spesifikasi yang sangat mendukung.

Dengan kinerja laptop yang mumpuni, laptop Macbook dapat memproses pekerjaan dengan lebih cepat.

12. Garansi Internasional


Enaknya punya Macbook adalah memiliki garansi internasional. Tak hanya Macbook, tapi semua produk Apple.

Siapa sih yang tidak suka garansi Internasional ? Mungkin sedikit sekali, bahkan hamper tidak ada.

Garansi Internasional ini sudah dimiliki Macbook dan produk Apple lainnya. Jadi, seandainya Anda membeli Macbook di Indonesia dan tiba-tiba mengalami kerusakan di Jerman, Anda bisa datang langsung ke Apple Care di Negara tersebut. Tentunya, jika laptop Anda masih berada pada masa garansi. Anda juga perlu mengajukan klaim di Apple Authorized Service Provider (AASP).

Jika beberapa syarat itu terpenuhi dan tidak melanggar ketentuan, pihak Apple tentu akan dengan senang hati memperbaikinya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi, jadi lebih hemat pastinya.

Proses klaim dan perbaikan di AASP juga bisa dibilang cepat. Seandainya kerusakan yang terjadi tergolong ringan, Anda bisa menunggu proses perbaikan hingga selesai.

Jika Anda kurang puas dengan pelayanannya, pihak AASP dapat mengajukan komplain lanjutan ke Apple Service di negara terdekat. Setelah itu, pihak Apple bisa menyimpulkan gangguan dan memberi solusi pada Macbook Anda.

Sudah tahu kan kelebihan Macbook? Banyak sekali ya…

Laptop Macbook memang bisa dibilang laptop idaman. Dengan segala kelebihan pada Macbook, tentu akan membuat siapa saja menyukainya.

Beragam fitur keren dan unik juga hanya bisa digunakan pada Macbook. Aura yang sangat melekat pada Macbook juga sudah menjelaskan premium brand. Dengan desain yang stylish dan spesifikasi yang mumpuni, laptop Macbook mungkin perlu Anda miliki di kemudian hari.

Nah, dari semua penjelasan di atas, kita bisa mengetahui perbedaan yang sangat mencolok antara Macbook dengan laptop sejenis lainnya. Ini memang opini pribadi penulis, terlepas dari itu Anda mungkin punya pandangan lain.

Lalu apakah Macbook selalu lebih baik dari laptop windows/merk lain ? Tentu saja tidak. Semua pasti memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing.

Kita tidak usah terlalu memperdebatkan mana yang lebih baik, karena baik PC/Laptop Windows atau Mac sama-sama bagusnya. Sesuaikan saja dengan pilihan dan selera Anda. Jika Anda nyaman menggunakannya, maka itulah yang terbaik untuk Anda.

Jadi, yang mana pilihanmu? Tulis di komen ya…
 
Back To Top