Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 18 September 2017

12 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Hal yang wajib & harus dilakukan setelah membeli laptop baru - Menyenangkan sekali tentunya jika kita mampu membeli laptop baru, apalagi uangnya berasal dari jerih payah sendiri.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Akan tetapi, kebanyakan orang kurang mengetahui apa yang harus dilakukan setelah dirinya membeli laptop baru. Jika kita salah dalam pemakaian yang pertama kali, mungkin akan timbul permasalahan pada laptop kita di lain hari.

Anda pastinya tidak mau merogoh kocek hanya untuk perbaikan laptop. Meskipun sewaktu-waktu laptop dapat rusak, namun jangan khawatir. Anda masih bisa meminimalisirnya dengan memperhatikan penggunaan laptop.

Penggunaan laptop yang baik saat laptop masih baru juga berpengaruh untuk ke depannya. Jika awalnya sudah baik, hari-hari berikutnya pasti akan baik.

Nah, untuk mengurangi permasalahan yang akan timbul, ikuti dan lakukan beberapa hal berikut ini.

Hal yang Wajib dan Harus Dilakukan Ketika Anda Punya Laptop Baru


1. Memastikan Kelengkapan


Hal yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah kelengkapan laptop. Anda harus memastikan apa saja yang ada di dalam dus laptop. Periksa semua komponen seperti baterai, charger, CD driver, segel, buku panduan, dan kartu garansinya. Jika ternyata kurang lengkap, segeralah bertanya kepada penjual mengenai permasalahan tersebut.

Catatan: Sebelum dus laptop di buka, pastikan tidak ada kerusakan pada dus.

2. Pastikan Tidak Ada Cacat


Setelah mengecek kelengkapan laptop dan ternyata sesuai dengan brosur, langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengecek kondisi laptop.

Periksalah keseluruhan fisik laptop, mulai dari bodi, keyboard hingga layar. Jika ada komponen yang cacat, sebaiknya Anda langsung datang ke toko dan komplain secara baik-baik. Kalau bisa, minta tukar dengan laptop yang lain.

Seandainya ditolak, Anda bisa mengajukan klaim dengan kartu garansi Anda, sertakan juga nota pembelian agar penjual menjadi lebih percaya kepada Anda.

3. Membaca dan Memahami Buku Panduan & Kartu Garansi


Setelah proses pengecekan selesai, hal penting yang wajib Anda lakukan selanjutnya adalah membaca buku panduan.

Banyak orang yang menyepelekan buku panduan ini, padahal sangat berguna untuk perawatan laptop di kemudian harinya.

Buku panduan ini umumnya menjelaskan cara penggunaan dan perawatan laptop dengan baik dan benar. Dengan membacanya Anda bisa meminimalisir kesalahan pemakaian laptop yang kurang benar.

Meskipun Anda sudah sangat memahami cara menggunakan laptop, tidak ada salahnya jika Anda membacanya. Masing-masing vendor juga memiliki tata cara penggunaan yang berbeda-beda. Hal ini pasti akan membuat performa laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

Baca, pahami dan laksanakan.

Dengan buku panduan ini, wawasan Anda tentang merawat laptop juga akan bertambah. Selain buku panduan, yang harus dipahami selanjutnya yaitu kartu garansi.

Sewaktu mendapat kertas garansi, simpanlah dengan baik dan jangan sampai hilang.

Kertas garansi umumnya berisi berbagai jaminan dari pihak vendor/distributor. Jika laptop bermasalah pada masa garansi. Anda bisa melakukan perbaikan secara gratis. Catatlah alamat Anda beserta masa berlaku garansi tersebut.

4. Install Sistem Operasi dan Aplikasi


Apabila langkah tadi sudah, maka langkah selanjutnya adalah menginstall laptop Anda.

Jika laptop Anda bukan pre-installed (sudah diinstall dari vendor), maka Anda harus menginstall sistem operasi agar laptop Anda bisa digunakan. Kalau tidak ada sistem operasi, umumnya laptop akan menampilkan perintah DOS yang akan memunculkan kode- kode saja.

Pilihlah sistem operasi yang mudah digunakan, misalnya Windows. Jika Anda belum mampu membeli lisensi asli Windows, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan Linux. Meskipun gratis, fitur-fitur di dalam Linux bisa dibilang sudah cukup powerfull. Varian Linux juga ada banyak sekali, Anda bisa memilihnya sesuka hati.

Untuk install sebenarnya cukup mudah, Anda bisa mencari caranya di internet. Jika Anda tidak mau pusing, Anda bisa datang ke jasa installasi terdekat.

Setelah sistem operasi beres, Anda perlu install driver agar kinerja laptop Anda berjalan maksimal. Jika terdapat CD driver, Anda bisa langsung menginstallnya. Biasanya tinggal next-next saja, cukup mudah.

Apabila tidak ada CD driver, Anda bisa menggunakan Driverpack Solution atau mencari driver dari internet.

Terakhir, Anda harus install aplikasi. Install aplikasi yang penting terlebih dulu seperti Ms. Office, CCleaner, WinRAR/Izarc, Antivirus (SMADAV, Avast, MSE, BitDefender), Adobe Reader, Music and Video Player, dan browser. Aplikasi lainnya mengikuti.

Jika spesifikasi laptop memadai, Anda bisa menginstall game yang cukup berat. Namun, jika spesifikasi kurang  mendukung sebaiknya install game yang ringan saja agar performa laptop tidak terlalu berat. Dengan bermain game, Anda mungkin bisa menghilangkan jenuh dan stress akibat bekerja.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting


Apabila laptop Anda termasuk pre-installed, terkadang penjual akan menambah beberapa aplikasi yang sepertinya berguna bagi Anda. Tetapi, aplikasi tambahan tersebut terkadang tidak terlalu berguna. Yang ada malah memakan RAM terlalu banyak dan membebani kinerja laptop.

Anda perlu uninstall aplikasi ini melalui Control Panel.

6. Jalankan Seluruh Update Sistem Operasi


Setelah poin ke-5, hal yang harus dilakukan ketika punya laptop baru selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur update secara menyeluruh pada sistem operasi Anda. Jika semua fitur update dijalankan, maka program dan sistem akan di update secara otomatis oleh sistem operasi.

7. Atur Display dan Resolusi Layar


Agar mata Anda lebih enak saat menatap layar, Anda perlu mengatur display dan resolusi layar. Sesuaikanlah kontras/kecerahan pada layar agar mata tidak cepat lelah. Selain itu, Anda bisa mengganti background default dengan background yang Anda sukai. Penting juga mengatur resolusi agar penglihatan dalam ketika menatap layar menjadi lebih optimal.

8. Mengatur Start Menu & Shorcut


Jika Anda telah menginstall system operasi, Anda sebaiknya perlu mengatur dua hal ini. Dengan mengatur start menu dan shortcut, Anda bisa mengakses file atau program dengan cepat tanpa harus mencari-carinya terlebih dulu.

9. Pasang Pelindung pada Laptop


Memasang pelindung pada laptop sebenarnya tidak perlu waktu di awal ketika laptop pertama kali dipakai. Akan tetapi, Anda perlu memasangnya sesegera mungkin untuk meminimalisir kerusakan pada komponen laptop. Pelindung ini bisa terdiri dari :
  • Screen-guard : melindungi layar dari goresan dan benda tajam.
  • Body-guard : melindungi bodi case laptop dari goresan, lecet pemakian atau terbentur tanpa sengaja.
  • Keyboard-guard : melindungi keyboard laptop dari debu dan kotoran yang masuk dari luar.

Untuk body-guard, mungkin bisa Anda pertimbangkan kembali. Kami tidak tahu apakah aman atau justru membuat laptop semakin cepat panas karena ditutupi pelindung. Namun, jika Anda tetap menginginkan body-guard, sebaiknya memasangnya ketika laptop masih dalam kondisi yang mulus tanpa lecet.

10. Membeli Perangkat Pendukung


Untuk menunjang aktivitas dan keperluan dalam mengoperasikan laptop, ada baiknya Anda membeli perangkat pendukung.

Perangkat ini umumnya memerlukan biaya tambahan, Anda bisa membelinya secara terpisah ke toko computer dan laptop terdekat. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membelinya melalui situs jual beli online seperti tokopedia, bukalapak atau shopee.

Perangkat yang perlu Anda beli sebaiknya yang benar-benar dibutuhkan, misalnya flashdisk, modem, MiFi, CD, mouse, joystick, headset, microphone dan lain sebagainya. Ingat! Beli perangkat yang Anda butuhkan saja, agar tidak terjadi pemborosan.

11. Pasang Sticker


Apabila Anda suka seni, Anda mungkin bisa mempercantik laptop dengan sticker. Ini akan membuat laptop Anda tampil anti-mainstream. Apalagi sticker tersebut terkesan gahar dan agresif, bikin tambah keren pastinya.

Meski begitu, pilihan ada di tangan Anda. Anda boleh memasangnya, boleh tidak. Sesuaikan saja dengan selera Anda dan pastikan Anda merasa bangga terhadap laptop yang Anda gunakan.

12. Rawat dengan Baik (di Sayang-sayang)


Kita mungkin perlu menyayangi sebuah laptop dengan penuh kasih sayang. Konsep menyayangi ini bisa saja membuat Anda menjadi lebih perhatian dalam merawatnya. Jika  Anda mampu merawat laptop dengan baik, otomatis Anda telah meminimalisir kerusakan pada laptop di kemudian hari.

Laptop yang baru yang dirawat dengan baik akan terasa lebih awet dan tahan lama. Dan merawat laptop adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan setelah Anda memiliki laptop baru.

Saya kira hal-hal di atas benar-benar harus dilakukan untuk laptop baru kesayangan Anda. Dengan memastikan dan memperhatikan cara penggunaan, Anda akan dapat merawat laptop dengan sepenuh hati. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Tunggu apalagi? Sekarang, cobalah!
 
Back To Top