Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 26 September 2017

√ Cara Mengatasi Laptop Hang, Macet Total dan Not Responding

Laptop yang sering hang tentu sangat menjengkelkan bagi kita. Saat sedang sibuk-sibuknya mengurus pekerjaan, kita malah dihadapkan dengan permasalahan lain yang membuat pikiran semakin gundah.

Kejadian laptop hang ini sebenarnya bukan hanya satu jenis permasalahan saja, namun ada banyak. Misalnya laptop hang saat baru dinyalakan, hang saat booting, atau hang saat digunakan ketika menjelajahi internet. Adakalanya, laptop yang hang ini akan memunculkan pesan not responding, kemudian kursor tidak bisa digerakkan sama sekali. Akhirnya, fix macet total.

Cara Mengatasi Laptop Hang, Macet Total dan Not Responding

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Golepi.com akan membahas bagaimana cara mengatasi laptop yang suka hang. Untuk cara mengatasinya sendiri tentu berbeda dengan mengatasi laptop yang lemot. Laptop yang hang sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, sedangkan lemot mungkin masih digerakkan. Jadi, lemot dulu habis itu hang.

Laptop yang hang bisa datang secara tiba-tiba tanpa kita duga sebelumnya. Hal ini bisa terjadi pada sistem operasi Windows manapun baik itu Windows 7, Windows 8 atau Windows 10 sekalipun, semuanya bisa mengalami hang kapan saja.


Lalu, bagaimana cara agar laptop tidak hang? Simak saja uraian berikut...


1. Pertolongan Pertama Mengatasi Laptop yang Sering Ngehang


Cara pertama ini akan saya jelaskan secara singkat, jika berhasil biasanya bersifat sementara dan bisa datang lagi sewaktu-waktu. Untuk itu, Anda bisa membaca poin berikutnya setelah poin ini selesai.

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasi laptop hang/not responding saat baru dinyalakan, saat booting maupun ketika sedang Anda gunakan.

a.) Mengatasi Masalah Laptop Hang saat Booting/Masuk BIOS
  1. Restart laptop Anda, lalu masuk ke mode BIOS dengan mengikuti perintah tombol BIOS di layar laptop Anda, kalau saya menggunakan F2 (laptop Lenovo). Untuk merek lain seperti ASUS, Acer, HP, Toshiba, Samsung, Dell dan lainnya, lebih baik sesuaikan saja dengan cara masuk BIOS-nya. Masing-masing vendor tentu memiliki pengaturannya sendiri.
  2. Setelah masuk BIOS, pilih Advanced BIOS Features lalu cari yang ada kaitannya dengan BIOS cache. Jika sudah, pilih disable.
  3. Simpan dengan menekan F10, lalu enter.

b.) Mengatasi Laptop Hang saat Baru dinyalakan (starting)

Saat startup dan saat masuk Windows, adakalanya laptop menjadi hang. Hal seperti ini mungkin disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:
  1. Program windows bermasalah, bisa jadi karena missing file system, corrupt dan virus. Coba scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan Antivirus.
  2. RAM dan kipas  kotor. Solusinya adalah membersihkannya. RAM menggunakan penghapus karet, fan menggunakan kuas atau vacuum cleaner. Jika ragu, bawalah ke teknisi.
  3. Kemungkinan lainnya bisa Anda tinjau ulang dengan lebih baik. Mungkin saja ini disebabkan oleh motherboard yang bermasalah. Untuk mengatasinya, sebaiknya bawa saja ke teknisi atau service center terdekat. Jika ingin mencobanya sendiri, bertanyalah kepada orang-orang yang lebih ahli terlebih dulu.

c.) Mengatasi Laptop yang Not Responding

Nah untuk cara cepat mengatasi problem ini, lakukan hal berikut :
  1. Tekan Ctrl + Shift + Esc, lalu pilih program yang not responding dan klik end task.
  2. Alternatif lain, coba tekan Ctrl + Alt + Del lalu pilih salah satu opsi. Jika ingin mematikan program, pilih saja Task Manager dan lakukan seperti penjelasan tadi. Namun, jika ingin menyudahi aktivitas secara keseluruhan, Anda bisa pilih Log-off atau Restart.
  3. Biasanya laptop sudah bisa kembali normal.

d.) Mengatasi Laptop yang Suka Hang saat Online/Internetan

Nah untuk kasus ini, sepertinya laptop Anda terkena virus atau malware. Saat Anda browsing, Anda tidak akan menduga ada virus yang masuk. Bisa jadi karena Anda mengunjungi situs ilegal atau mendownload program yang aneh-aneh.

Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan selalu melakukan scan dengan Antivirus terbaik. Kemungkinan lainnya adalah menumpuknya temporary file, cache dan history pada browser Anda. Coba bersihkan dengan aplikasi CCleaner.

e.) Mengatasi Laptop Hang saat Bermain Game

Ada beberapa penyebab laptop hang saat digunakan untuk bermain game, misalnya :
  • Spesifikasi laptop kurang memadai
  • Kipas laptop mati
  • Harddisk bermasalah
  • VGA Card dan Processor terlalu panas
  • Memori RAM atau VGA Card mengalami kerusakan
Cara mengatasinya :
  1. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall
  2. Pasang kipas (fan) tambahan atau ganti baru
  3. Periksa keadaan RAM dan VGA Card
  4. Uninstall game tersebut

f.) Mengatasi Laptop Hang yang Macet Total
  1. Tekan Ctrl + Alt + Del, akan muncul berbagai opsi. Dengan menggunakan arah panah pada keyboard, pilih Log-off untuk Windows 7 dan Sign-out untuk Windows 10.  Selain itu, Anda juga bisa memilih Restart atau Shutdown. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
  2. Bila setelah menekan Ctrl + Alt + Del tidak muncul, coba tutup layar laptop Anda. Biasanya pengaturan layar yang belum dirubah (default) akan melakukan mode sleep secara otomatis. Tunggu saja hingga beberapa menit. Setelah itu, nyalakan laptop Anda kembali. Cek keadaan, masihkah seperti tadi?
  3. Jika masih seperti tadi,  terpaksa Anda harus menekan tombol power selama 10 detik (dimatikan paksa). Memang cukup berisiko, tapi untuk sesekali mungkin tidak apa-apa. Saya bahkan sering mematikan laptop dengan tombol power, tapi Alhamdulillah masih normal-normal saja laptop saya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga sepertinya perlu membaca pembahasan berikutnya.

2. Scan dengan Antivirus


Apa sistem operasi yang Anda gunakan? Jika Windows, tentu laptop Anda akan rentan terkena virus. Bila ada virus yang bersarang, mungkin saja akan membuat laptop Anda hang secara tiba-tiba. Virus ini bisa saja merusak file sistem sehingga menjadi corrupt atau error.

Cara mengatasinya mudah. Pertama-tama, Anda harus memeriksa laptop dengan fitur safe mode. Saat pertama kali laptop dihidupkan (booting Windows), masuklah dengan menekan tombol F8 setelah itu pilih safe mode. Jika setelah itu laptop berjalan normal, berarti ada indikasi gangguan pada sistem operasinya.

Cobalah terlebih dahulu untuk melakukan scan dengan antivirus, karena mungkin saja ini ulah nakal dari virus. 

3. Uninstall Program


Jika laptop Anda hang tiba-tiba, mungkin itu dikarenakan banyaknya program yang terinstall. Jika Anda tidak terlalu menggunakannya dan terasa tidak penting, lebih baik hapus saja. Lebih baik menggunakan aplikasi yang penting-penting saja.

4. Restore Windows


Bila scan virus kurang efektif, cobalah untuk melakukan Restore Windows pada laptop Anda. Melakukan restore berarti mengembalikan ke keadaan sebelumnya.

Adakalanya sistem mengalami crash, mungkin karena tumpang tindih driver atau program aplikasi yang corrupt. Untuk itulah Anda perlu melakukan restore.

Cara praktisnya, tekanlah kombinasi tombol Windows Key + R. Setelah muncul jendela Run, ketik rstrui lalu akan muncul kotak dialog restore poin. Klik next > Pilih waktu/event yang ingin Anda restore > Next dan lakukan proses restore hingga selesai.

Sampai di sini biasanya laptop sudah berhasil dan berjalan tanpa hang.

Jika gagal, mari lanjut ke poin berikutnya…

5. Perbarui Driver


Mungkin saja ada beberapa driver yang menyebabkan laptop menjadi hang. Coba cari Device Manager pada Control Panel, setelah itu lakukan update pada driver yang diinginkan. Anda juga bisa mencopot (uninstall) terlebih dahulu lalu restart laptop Anda. Setelah itu, install kembali driver tersebut menggunakan CD Driver bawaan laptop. Kalau tidak ada CD, Anda bisa menggunakan Driver Pack Solution sebagai alternatif.

6. Install Ulang


Seperti yang kita tahu, laptop hang tidak melulu soal hardware, bisa saja karena softwarenya. Jika System Restore dan Update Driver tidak berhasil juga, mungkin Anda perlu install ulang sistem operasinya. Bisa jadi sudah banyak gangguan pada direktori sistem sehingga susah untuk diperbaiki. Coba install ulang Windows dan install driver sesuai vendor laptop Anda. Sebaiknya Anda gunakan CD Driver bawaan laptop agar lebih kompatibel.

7. Cek dan Upgrade RAM


Sudah install ulang dan tidak berhasil juga? Coba bersihkan RAM laptop Anda dari debu dan kotoran.

Anda juga bisa menggunakan RAM lain yang sejenis untuk dipasangkan pada slotnya. Nyalakan laptop Anda lalu periksa laptop, apakah masih hang atau tidak.

Jika Anda mengganti RAM dan ternyata berjalan normal, maka yang menjadi permasalahan sebenarnya terletak pada RAM yang Anda gunakan sebelumnya.

8. Ganti Harddisk


Harddisk yang rusak atau badsector bisa saja menyebabkan laptop menjadi hang ketika dinyalakan. Ini adalah kemungkinan terakhir. Harddisk yang badsector biasanya membuat laptop hang tanpa kita duga-duga sebelumnya.

Selain RAM dan Harddisk, Anda juga perlu mengecek komponen lain yang sekiranya masih berhubungan. Mungkin saja ada debu dan kotoran yang menyebabkan laptop menjadi hang. Siapa yang tahu?

Nah, jika Anda ingin memperbaiki atau membongkar laptop seorang diri, ada baiknya bertanya-tanya terlebih dahulu kepada yang lebih ahli. Dengan begitu, laptop Anda akan terhindar dari kerusakan yang lebih ekstrem lagi.

Oke, selamat mencoba bung! Semoga Sukses ya. :)
 
Back To Top