Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 22 September 2017

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising

Penyebab kipas (fan) laptop/notebook/netbook berbunyi dan berisik - Saat kita menggunakan laptop terlalu lama, sering kali kita mendengar suara bising pada laptop kita. Bunyi ini ternyata berasal dari kipas atau fan yang berputar.

Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Bising dan Cara Mengatasinya

Parahnya lagi, ada beberapa laptop yang mengeluarkan bunyi  berisik ketika pertama kali dinyalakan. Sama seperti laptop yang saya gunakan dulu.

Suara bising ini cukup mengganggu pikiran dan pendengaran. Malu juga pastinya ketika menggunakan laptop di tempat umum. Namun, sebenarnya apa penyebab laptop berbunyi bising/berisik? Mari kita simak ulasan berikut ini.

#1. Processor


Penyebab :

Processor merupakan komponen yang paling vital pada laptop. Bisa diibaratkan juga sebagai otak dan jantungnya sebuah laptop. Jika rusak, pasti akan memengaruhi komponen lainnya.

Meskipun tidak terdapat kerusakan, processor ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa laptop berbunyi bising.
Pada saat tertentu, suhu laptop akan meningkat dari suhu normal. Misalnya saja saat Anda sedang bermain game yang cukup berat atau melakukan editing video menggunakan CGI.

Keadaan seperti itu akan memaksa processor bekerja lebih extra. Jika spesifikasi laptop kurang memadai, processor bisa mengalami overload. Jika sudah begitu, kipas yang berguna untuk mengurangi panas juga akan bekerja lebih keras dari biasanya. Putarannya jauh lebih kencang dan menimbulkan bunyi bising.

Cara mengatasinya :

Cobalah untuk menjalankan program dengan efisien. Pastikan processor sanggup menjalankan program yang berat maupun multitasking. Cek juga spesifikasi laptop Anda, apakah sesuai dengan software atau tidak.

#2. Kipas Kotor


Penyebab :

Bila Anda tidak membuka program yang berat-berat tapi laptop masih bising, kemungkinan kipas laptop Anda kotor.

Fungsi kipas laptop untuk menyalurkan sirkulasi tentu akan membawa debu dari luar. Lama-lama, debu itu semakin banyak dan menumpuk.


Hal ini akan menghambat laju putaran kipas dan saat itu pula kipas menjadi lebih bising. Bisa jadi karena gesekan antara kipas dengan debu. Sirkulasi udara pun terganggu dan menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Solusi mengatasinya:

Jika Anda punya pengalaman dan ilmu tentang membongkar laptop, maka cobalah untuk mengecek bagian ini dengan hati-hati. Bersihkan kipas dan heatsinknya hingga benar-benar bersih. Anda bisa membersihkannya dengan cotton bud, kuas atau mini vacuum cleaner.

Risiko juga sebenarnya ada, apalagi jika laptop masih baru. Bila laptop dibongkar, garansi pada laptop Anda akan hilang otomatis.

#3. Kipas Rusak


Penyebab:

Kipas laptop yang rusak sebenarnya bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu sebabnya mungkin karena pemasangan yang kurang benar dan tidak bekerja dengan semestinya. Seandainya memang begitu, pantas saja kipas akan berbunyi bising.

Selain pemasangan, usia kipas atau komponen lain juga akan memengaruhi kerusakan.

Cara mengatasinya:

Jika Anda kurang yakin untuk mengatasinya, lebih baik Anda membawanya ke teman atau saudara Anda yang lebih ahli. Mungkin saja karena masalah yang sepele dan bisa ditangani sendiri. Kalau gagal, bawa saja ke tempat reparasi.

Namun tentu membutuhkan biaya lebih. Apalagi jika ternyata kipas itu benar-benar harus diganti dengan yang baru. Anda bisa mencarinya secara online atau datang langsung ke toko komputer terdekat. Lalu pasang kan dengan hati-hati.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop berbunyi bising. Pastikan juga Anda merawat laptop dengan baik untuk meminimalisir permasalahan yang akan timbul.
 
Back To Top