Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 06 Februari 2018

Laptop Windows vs Macbook, Mana yang Lebih Bagus?

Manakah yang lebih bagus, laptop Windows atau Macbook? Banyak sekali orang yang memperdebatkan mana yang terbaik diantara keduanya. Wajar sih, soalnya kedua jenis laptop tersebut merupakan yang paling banyak digunakan saat ini. Dari sisi ekonomis nya juga sama-sama bermanfaat, terlebih laptop sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang berbagai aktivitas.

Kedua perusahaan software raksasa ini mungkin sedang menguasai pasar saat ini, kita bisa melihatnya dari banyak sekali masyarakat yang menggunakannya. Untuk laptop laptop berbasis Linux mungkin masih jarang kita temui, hanya sebagian orang saja yang tertarik untuk menggunakannya.
Laptop Windows atau Macbook

Hal ini mungkin dikarenakan berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh Windows dan Mac lebih user-friendly daripada Linux (bisa jadi). Dalam hal ini, keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Keunggulan dan kekurangan tersebut perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih laptop impianmu. Untuk memilih laptop dengan sistem operasi yang sesuai, kamu tentu harus memikirkannya matang-matang. Jangan sampai kamu salah memilih laptop dan ujung-ujungnya malah menyesal telah membelinya.

Bagi yang sudah menggunakan atau merasakan keduanya, tentu akan memiliki kesan tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa Windowslah yang terbaik, ada juga yang mengatakan macbooklah yang terbaik. Pendapat ini tentu subjektif, tergantung sudut pandang orang yang berkomentar.

Parahnya lagi, ada sebagian orang yang sangat fanatik terhadap sesuatu bahkan sampai mea menjelek-jelekkan merk dagang lainnya. Menurut mereka, jenis laptop pilihan merekalah yang terbaik dan tiada duanya.

Mungkin mereka akan bilang "Windows gampang kena virus, macbook tahan banting" dan sebaliknya "Macbook mahal padahal spesifikasinya gitu-gitu aja". Nah, komentar-komentar seperti ini tentu perlu kita luruskan karena hal ini tentu bisa merusak citra suatu merek dagang.

Dalam hal ini, kamu harus bisa memilih laptop secara selektif sesuai ekspektasimu. Beberapa hal berikut mungkin bisa menjadi pertimbanganmu saat memilih laptop.

1. Windows Lebih Cocok untuk Gaming

Bila kamu ingin membeli laptop dengan tujuan untuk bermain game, ada baiknya yang kamu memilih laptop berbasis Windows. Setelah dicoba oleh banyak gamer, windows ternyata bisa berjalan lebih fleksibel dibanding macbook.

Kita bisa menambah spesifikasi seperti RAM, Harddisk, Kartu Grafis dan perangkat lainnya dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa memainkan game dengan lebih leluasa dan menyenangkan.

Hal ini tentu berbeda sekali dengan Mac yang tidak memiliki banyak opsi sehingga hanya terbatas untuk game yang itu-itu saja.

Rekomendasi dari saya, coba belilah laptop ASUS ROG. Karena dibanding dengan yang lain, performanya mungkin lebih terasa untuk bermain game-game berat.

2. Apple Sangat Cocok untuk Desain Grafis

Bagi kamu yang suka berkecimpung dengan desain grafis, kamu sebaiknya memilih laptop berbasis Mac. Hal ini dikarenakan Mac mempunyai kualitas layar yang lebih tajam, bersih dan detail dibanding Windows. Resolusi layar Mac biasanya amat tinggi sehingga sangat cocok untuk membuat desain grafis.

Selain itu, body Mac yang tipis dan stylish membuat perangkat ini lebih banyak digandrungi para desainer. Meskipun begitu, harga laptop Mac yang relatif mahal membuat para desainer berpikir dua kali untuk membelinya. Terlebih laptop Windows juga sudah ada yang mendukung untuk desain grafis dan tentu harganya lebih murah.

Tapi tetap saja, bagi yang sudah punya budget lebih bisa memilih Mac untuk keperluan desain grafis. Kamu juga bisa memilih laptop desain grafis lain yang menurutmu paling pas di hati.

3. Windows Punya Banyak Hardware dan Mac Lebih Aman

Bila kamu ingin memakai Windows, kamu tentu bisa memilih berbagai merek yang siap digunakan sebut saja Lenovo, Samsung, Toshiba, HP, Acer dan Asus. Pilihlah laptop yang menurutmu paling pas di hati dan pas di kantong.

Memilih jenis laptop sesuai selera dan kebutuhan juga bisa membuat hati lebih 'enjoy' daripada memaksakan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita.

Apabila kamu memilih Mac, kamu hanya bisa memakai hardware atau software dari perusahaan Apple itu sendiri. Terlepas dari itu semua, nyatanya Mac lebih aman dari serangan virus. Jarang sekali ada pengguna Mac yang mengalami keluhan mengenai virus.

4. Windows Lebih Murah dan Mac Lebih Tahan Banting

Yaps, harga laptop windows memang sangat variatif. Kamu bahkan sudah bisa membeli laptop windows seharga 2 sampai 5 jutaan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan harga yang ditawarkan Mac karena cukup merogoh kocek.

Meskipun begitu, ada harga tentu ada kualitas. Dulu saya pernah lihat salah satu channel youtube yang membanting Macbook lalu setelah dicek ternyata laptopnya masih berfungsi dengan baik. Amazing!

Kalau laptop Windows mungkin saja bisa langsung rusak total atau sebagian perangkat ada yang tidak berfungsi. Namun tentu saja, kita perlu kembali ke pernyataan 'setiap merek punya kelebihannya masing-masing'.

Kelebihan laptop Macbook dan laptop berbasis Windows bisa kamu nikmati sensasinya sesudah kamu menggunakannya.

Jangan terlalu memikirkan pendapat banyak orang mengenai siapa yang terbaik. Tapi pilihlah laptop sesuai seleramu dan gunakan laptop dengan sebaik-baiknya.

So, kamu mau pilih yang mana? Laptop Windows atau Mac?

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top