Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 23 Februari 2018

√ Cara Memberi Password pada WinRar/WinZip Paling Mudah

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan WinRar. Aplikasi yang digunakan untuk kompresi file/data ini sangat mudah untuk digunakan. Meski aplikasi WinRar ini berbayar, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali pengguna laptop yang menggunakan WinRar untuk berbagai keperluan seperti ekstrak atau kompres file.

Kalau kita kompres file, maka ukuran filenya bisa menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Cara Memberi Password pada WinRar

File yang bisa dikompres juga cukup banyak seperti .zip, .rar, .bin dan lain sebagainya. Dengan kompres file ini, kamu bisa menyimpan dan menyembunyikan berbagai file penting yang sifatnya rahasia. Aplikasi WinRar ini juga mampu melindungi dan memproteksi file dengan fitur penambahan kata sandi (password) yang sesuai dengan keinginanmu.

Cara Memberi Password pada WinRar untuk Melindungi File Zip Rar

Sekiranya, penjelasan singkat di atas sudah bisa membuatmu sedikit lebih paham. Sekarang, kamu bisa membaca dan mempraktikkan cara memberi password pada WinRar berikut ini.

Cara Memberi Password pada WinRar - Masuk


Pertama, pastikan kamu sudah install aplikasi WinRar di laptop atau komputermu. Setelah itu, lakukan kompresi data menggunakan WinRar. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu pilih dokumen yang akan dikompres > klik kanan > pilih Add to archive

Cara Memberi Password pada WinRar - Tambah Password

Selanjutnya akan muncul jendela baru. Masuk ke Tab General lalu Pada pilihlah format kompresi yang kamu inginkan pada archive format. Di sini saya akan menggunakan format Rar. Di bagian bawah jendela, coba klik Set password…

Kalau sudah klik, isilah password yang sesuai keinginanmu. Isi juga re-enter password untuk verifikasi, untuk memastikannya lagi kamu bisa klik Show password.

Selanjutnya, klik juga Encrypt file names. Jika semuanya dirasa sudah beres, klik Ok saja.

Cara Memberi Password pada WinRar - Masukkan Password

Setelah itu, biasanya tombol Set password akan berubah menjadi border biru. Hal ini menandakan bahwa proteksi berhasil, tinggal klik OK saja dan tunggu sampai proses selesai.

Cara Memberi Password pada WinRar - OK

Sekarang mari kit cek hasilnya. Coba buka file .rar yang sudah kamu kompres tadi, kalau tiba-tiba muncul enkripsi password (seperti gambar di bawah), maka tutorial kali ini sudah berhasil.

Cara Memberi Password pada WinRar - Coba

Uniknya, selain bisa memberi password pada dokumen WinRar yang belum dikompres, kamu juga bisa memberi password pada WinRar yang sudah jadi(berbentuk .zip, .rar, .bin dan sebagainya). Caranya juga sama, kamu hanya perlu klik kanan > pilih Add to archive > beri password dan Ok. Done!

Nah, itulah beberapa cara memberi password pada WinRar dengan praktis. Kalau semua dokumen pribadimu di beri password, maka kami yakin file pentingmu akan tetap aman terkendali. Cara ini sudah kami praktikkan dan terbukti work 100%.

Kalau kamu bingung, kurang jelas atau gagal dalam mempraktikkannya, coba tanyakan saja di kolom komentar.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top