Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 22 Februari 2018

√ Peranan TIK dalam Bidang Industri dan Manufaktur beserta Contoh

Hai teman-teman, kembali lagi di blog Golepi. Sajian renyah kita kali ini akan membahas peranan TIK dalam industri dan manufaktur. Seperti yang kalian tahu, teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat.

Teknologi sudah memasuki berbagai bidang sampai-sampai hampir semua hasil inovasi teknologi memanfaatkan perangkat teknologi informasi.

Peranan TIK dalam Bidang Industri dan Manufaktur
Peranan TIK dalam Bidang Industri dan Manufaktur
Kemajuan yang kita rasakan saat ini tentu terbentuk dengan jangka waktu yang panjang, mengalami perubahan dan inovasi dari waktu ke waktu.

Berbagai kemajuan teknlogi bisa kita lihat dan gunakan bersama, tidak seperti zaman dahulu yang mungkin apa-apanya serba susah. Berkat kemajuan teknologi khususnya TIK, kita bisa merasakan betapa mudahnya melakukan berbagai aktivitas.

Berkat perkembangan TIK, dunia industri juga turut terbantu. Hal ini juga bisa menegaskan bahwa peranan TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangatlah penting.

Lebih lengkapnya lagi, kamu bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Peranan TIK dalam Industri dan Manufaktur

Dalam industri dan manufaktur, kita biasanya sering merencanakan dan mendesain sebuah produk baru yang akan dirilis ke publik. Dulu, pekerjaan yang berhubungan dengan hal ini mungkin sangat ribet dan melelahkan.

Beda dengan sekarang yang sudah serba otomatis, perusahaan bisa menggunakan bantuan komputer dan mesin-mesin berteknologi canggih untuk memproduksi produk secara masal.

Selain itu, TIK juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengambilan, pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penyajian dan penyebaran informasi. Beberapa tugas dari teknologi bisa sangat membantu dalam bidang industri seperti manajemen data, rekayasa hardware komputer, bahasa program, database, software beserta administrasi sistem secara menyeluruh.

Setidaknya, beberapa contoh peranan TIK dalam bidang industri ini bisa menambah pemahamanmu.

1. Peranan TIK dalam Industri Otomotif

Dalam proses perancangan produk ini, kita juga akan dimudahkan dengan berbagai aplikasi seperti Computer Aided Design (CAD). Dengan aplikasi ini, kita bisa merancang sebuah produk dengan mudah, cepat dan efisien. Selain itu, hasil yang ditawarkan juga memiliki tingkat keakuratan dan detail yang cukup tinggi.

Sebagai ilustrasi, mari kita contohkan suatu perusahaan yang memproduksi motor. Untuk membuat satu sketsa/desain motor, mereka tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalau hal ini dikerjakan secara manual, maka pekerjaan terasa lebih berat dan proses pengerjaannya menjadi lebih lama.

Namun dengan bantuan aplikasi CAD seperti AutoCAD, blender atau Google SketchUP, semua pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan durasi pengerjaan yang singkat. Kalau product designer tersebut sudah mahir menggunakan aplikasi tersebut, hasilnya pasti akan sangat memuaskan dibanding mendesain secara manual.

Selain itu, mereka juga bisa membuat desain dengan bentuk 3D sehingga memungkinkan seseorang untuk melihatnya dari berbagai sisi. Ada juga yang menggunakan teknologi untuk uji coba kelayakan sebuah kendaraan menggunakan simulasi komputer.

Itu hanya baru satu contoh, bagaimana dengan yang lain? Mari kita bahas contoh berikutnya.

2. Peranan TIK dalam Industri Pakaian

Dalam hal ini, TIK bisa memudahkan suatu perusahaan pakaian untuk mendesain dan memproduksi berbagai model pakaian. Untuk urusan desain, sebuah perusaan bisa memanfaatkan aplikasi editor seperti Corel Draw, Photoshop dan Adobe Ilustrator. Dengan begitu, prosesnya akan jauh lebih cepat dan hasilnya menjadi lebih mudah dikoreksi.

Untuk proses produksi, bisa juga menggunakan mesin produksi otomatis yang nantinya akan disempurnakan oleh para penjahit. Dengan melakukan mekanisme yang baik, sebuah pekerjaan akan lebih cepat rampung sesuai deadline.

3. Peranan TIK dalam Industri Makanan dan Minuman

Seperti yang kita tahu, perusahaan-perusahaan besar pasti menggunakan TIK dalam alur kerjanya. Dengan jumlah produksi yang sangat besar, mereka pasti akan kewalahan jika mengerjakannya secara manual.

Berkat perkembangan dunia teknologi, mereka bisa memproduksi makanan dan minuman secara masal menggunakan bantuan mesin. Bahkan, ada juga yang menggunakan robot yang dikontrol dengan program CNC (Computer Numerical Control) atau CAM (Computer Aided Manufacture).

Dengan begitu, hampir semua prosedur dapat dilakukan dengan otomatis baik itu pengaturan suhu, lama pembuatan, pengemasan dan sebagainya.

Selain dapat menekan angka pengeluaran, perusahaan juga bisa memproduksi dengan sangat cepat dan rapi.

Untuk contohnya mungkin cukup itu saja, contoh yang lain bisa kamu amati di sektor lainnya. Misalnya dalam industri perangkat teknologi (smartphone, laptop), industri listrik, industri bahan bangunan dan masih banyak lagi.

Kami harap kamu bisa menganalisa sendiri, bagaimana sebuah industri/manufaktur memanfaatkan kemajuan teknologi.

Selebihnya, mari kita simpulkan peranan TIK dalam bidang industri dan manufaktur secara singkat.

TIK sebagai sarana untuk mempermudah proses pembuatan produk. Dengan mekanisme yang sudah ada, sebuah perusahaan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, mudah dan efisien. Hasilnya juga biasanya jauh lebih memuaskan ketimbang harus membuatnya secara manual.

Dengan TIK, proses produksi bisa dikerjakan secara otomatis melalui sistem yang sudah diberlakukan. Ini juga bisa menekan pengeluaran perusahaan untuk menggaji tenaga kerja. Selain itu, penggunaan mesin dan komputer juga akan mengurangi risiko kecelakaan yang akan membahayakan nyawa manusia.

Bagaimana brother, sampai sini sudah paham kan? Peranan TIK dalam bidang industri dan manufaktur setidaknya bisa menyadarkan kita bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat berpengaruh untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain bermanfaat di bidang industri, TIK juga ternyata sangat berguna di bidang lain seperti pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Love you brother!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top