Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 22 Februari 2018

√ Peranan TIK dalam Bidang Pendidikan dan Manfaatnya

Sadar atau tidak, sistem pendidikan kita ternyata sudah mulai menggunakan peranan TIK dari berbagai sisi. Kamu mungkin sudah terbiasa menggunakan proyektor, Wi-fi, laptop atau komputer di lingkungan sekolah. Kalau bukan kamu, setidaknya gurumu sudah mulai mengajar dengan bantuan laptop untuk menerangkan materi menggunakan slide powerpoint.

Peranan TIK dalam Bidang Pendidikan dan Manfaatnya

Selain itu, kalau kamu sudah SMA biasanya sudah diperbolehkan untuk membawa smartphone. Hal ini diperbolehkan pihak sekolah karena biasanya siswa SMK itu udah lebih dewasa jadi bisa tahu sikon (situasi dan kondisi). Dengan adanya smartphone ini, kamu bisa menggunakannya sebagai sarana belajar dan mencari berbagai informasi di Google.

Sampai sini, sudah tahu kan betapa besar peranan TIK dalam bidang pendidikan?

Perananan TIK dalam Bidang Pendidikan

1. Membantu Tugas Para Staff Administrasi dan Guru

Seiring perkembangan zaman, teknologi dalam dunia pendidikan terus mengalami kemajuan. Awalnya, komputer memang dimanfaatkan sekolah untuk menunjang pekerjaan administrasi untuk para staff tata usaha, staff perpustakaan dan para guru.
Berbagai tugas dan pekerjaan harus diselesaikan dengan tepat waktu, untuk itu dibutuhkan perangkat penunjang seperti laptop dan komputer.

Kemajuan teknologi ini juga sangat memudahkan para guru untuk mengajar siswa. Dengan berbekal Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Word, para guru sudah bisa menyampaikan berbagai materi dengan terstruktur. Guru tinggal menerangkan dan siswa menyimaknya. Hal ini tentu tampak lebih mudah dan efisien jika dibandingkan metode lama.

2. Mendukung Proses Pembelajaran Siswa

Seperti yang kita ketahui bersama, proses pembelajaran di sekolah mengalami sedikit kemajuan dengan pengenalan TIK di lingkungan sekolah. Hal ini juga didukung dengan mata pelajaran khusus TIK yang akan menambah wawasan siswa dalam menggunakan perangkat teknologi.

Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning(kemampuan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh) yang semakin memudahkan proses pendidikan. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtualatau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

Selain itu, ada juga metode pembelajaran yang didesain dengan konsep e-learning dimana kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dari jarak jauh. Kemajuan teknologi juga bisa mengembangkan kelas virtual sehingga tidak mengharuskan guru dan siswa berada dalam satu ruangan/kelas. Contoh penggunaan e-learning yaitu Edmodo dan GeSchool.

Penerapan TIK seperti internet memungkinkan seseorang berinteraksi dengan sangat mudah dan murah karena memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara real time (saat itu juga). Jadi, para siswa dan guru bisa dimudahkan ketika ingin diskusi bersama. Misalnya saja berbagi informasi di grup facebook, whatsapp atau telegram. Semua bisa berkomunikasi, sharing dan diskusi seputar pelajaran.

3. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Percaya atau tidak, ternyata TIK juga bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam hal ini, para siswa diharapkan mampu menggunakan perangkat teknologi tersebut untuk aktivitas belajar, bekerja sama, riset, presentasi, dan mencari sumber informasi di internet.

Dengan begitu, para siswa mampu mengembangkan daya kreativitas, imajinasi dan eksplorasi dalam dirinya.

Melalui internet, para siswa bisa menggali potensi dirinya dengan lebih baik. Misalnya kalau siswa tersebut hobi bermain bola bisa mencari referensi tips menendang bola yang keras, kalau suka desain maka bisa mencari contoh desain yang menarik, suka nulis cari tahu bagaimana cara menulis yang baik dan sebagainya. Intinya, internet bisa menjadi referensi komplit mengenai berbagai hal. Kita bisa lihat-lihat website, blog atau youtube.

Peranan TIK dalam Bidang Pendidikan Berdasarkan Berbagai Aspek

1. TIK sebagai Infrastruktur Pembelajaran
  • Adanya format digital untuk bahan ajar
  • Belajar bisa dimana saja dan kapan saja
2. TIK sebagai Sumber Referensi dan Belajar
  • Siswa bisa menyerap ilmu lebih cepat
  • Wawasan para guru semakin meningkat karena keterbukaan sumber daya informasi
  • Tersedianya buku dan bahan ajar yang diperbaharui secara kontinyu dalam bentuk digital seperti e-book
  • Sistem pembelajaran lebih maju dan modern mengikuti perkembangan zaman
3. TIK sebagai Skill dan Kompetensi
  • Siswa mampu meningkatkan skill dan kompetensinya di tengah kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi
4. TIK sebagai Sistem Pendukung Keputusan
  • Tiap siswa bisa meningkatkan karakter, bakat dan kepribadiannya masing-masing dalam mengikuti proses pembelajaran
  • Guru bisa meningkatkan kompetensinya dalam berbagai bidang ilmu sehingga lebih baik dalam mengajar
  • Profil institusi pendidikan bisa dengan mudah diketahui oleh pemerintah misalnya dengan keberadaan website sekolah
5. TIK sebagai Sarana dan Fasilitas Pembelajaran
  • Siswa bisa mengeksplorasi terhadap pengetahuan yang dipelajarinya untuk mempercepat pemahaman materi
  • Interaksi antara siswa dan guru bisa menjadi lebih mudah
  • Penyampaian materi mempertimbangkan konteks dunia nyata
  • Memberikan contoh, studi kasus dan ilustrasi dari berbagai fenomena terkait materi yang diajarkan
6. TIK sebagai Pendukung Manajemen Pembelajaran

  • Guru dan siswa bisa belajar tanpa henti setiap harinya dengan lebih mudah
  • Kualitas layanan pada pengecekan dan pengelolaan administrasi bisa ditingkatkan
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di sekolah
Lumayan banyak yah?

Manfaat TIK dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan

Manfaat TIK dalam bidang pendidikan sebenarnya cukup banyak. Mari kita bahas satu per satu.
  • Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan TIK bisa dimanfaatkan dan diketahui oleh orang lain dengan lebih aman. Ini juga akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh pihak tertentu.
  • Adanya perpustakaan online yang menggunakan basis digital dengan menempatkannya pada internet. Pelajar dan para guru dapat mengakses berbagai sumber ilmu dengan mudah tanpa dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu.
  • Para pelajar dan guru bisa saling diskusi secara online dengan memanfaatkan akses internet. Hal ini tentu sangat memudahkan karena sifatnya lebih fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja.
  • Kemajuan IPTEK yang begitu signifikan memungkinkan para pelajar untuk kursus/bimbel secara online. Dengan begitu, akan ada materi baru yang akan menambah wawasan pelajar. Contohnya saja Ruangguru.com, Zenius.net dan Quipper.
  • Tersedianya kelas online yang bisa digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka dan SMP Terbuka. Bisa juga dimanfaatkan untuk diskusi oleh guru dan siswa.
  • Adanya sistem IT pendidikan yang memungkinkan kemajuan proses belajar mengajar.
Sepintas, mari kita simpulkan sejenak peranan TIK dalam bidang pendidikan dengan beberapa pergeseran metode belajar yang digunakan.
  • Fasilitas atau sarana fisik berubah menjadi fasilitas jaringan kerja
  • Proses belajar dari waktu siklus ke waktu nyata
  • Proses belajar melalui kertas bergeser ke proses belajar secara online/media interaktif
  • Proses pelatihan bergeser ke proses penampilan (misalnya pada pemaparan materi melalui powerpoint)
  • Proses pembelajaran yang biasa di dalam kelas sedikit berubah menjadi di mana dan kapan saja
Nah itulah beberapa peranan TIK dalam bidang pendidikan. Saya harap kamu tahu seberapa penting TIK itu untuk menunjang aktivitas belajar mengajar. Asal kita bisa menggunakannya dengan benar, maka teknologi bisa menjadi sarana penunjang yang luar biasa untuk digunakan. Nantinya, para siswa juga bisa bekerja di berbagai industri sehingga bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Semoga bermanfaat brother, sukses yah!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top