Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 16 Februari 2018

Cara Cek Garansi Laptop Semua Merk, Mudah dan Praktis!

Saat ini memang banyak sekali varian laptop yang bisa kita beli di toko komputer atau toko online. Dari yang murah hingga mahal, semuanya tersedia. Kita hanya perlu menyesuaikan dana dan kebutuhan saja agar sesuai dengan ekspektasi kita.

Ketika kita membeli laptop baru, maka kita akan disuguhkan kartu garansinya agar sewaktu-waktu bisa langsung ditangani. Lain halnya jika membeli laptop bekas yang biasanya garansinya sudah tidak beres lagi. Alih-alih menginginkan laptop bergaransi yang ada malah kamu ditipu dan harus merogoh kocek lagi untuk perbaikan. Tentu hal ini tidak ingin kamu alami bukan?

Cara Cek Garansi Laptop Semua Merk

Berbicara mengenai garansi, kita juga perlu mengetahui garansi distributor dan garansi resmi. Garansi resmi maksudnya laptop diimpor langsung dari perusahaan yang ditunjuk oleh produsen dan memiliki service center sendiri. Misalnya laptop Acer oleh perusahaan Dragon, Pazia dan Inovasi. Produk Asus oleh Astrindo, Datascript dan Metrodata.

Sedangkan garansi distributor yaitu kalau laptop diimpor oleh perusahaan tertentu tanpa ditunjuk oleh produsen namun mereka memiliki service center sendiri. Kartu garansi distributor bentuknya sama untuk semua laptop, bentuknya itu-itu saja.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara mengecek garansi laptop, simak beberapa langkah berikut ini:

Cara Cek Garansi Laptop ASUS, Lenovo, Toshiba, Acer, HP, Dell dan Lain Sebagainya

Oke langsung saja, mari kita bahas satu per satu…

Lihat Tanggal Pembelian Laptop

Hal yang harus pertama kali yaitu melihat tanggal pembelian laptop karena ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengecek garansi laptop. Kalau kamu beli laptop bekas dan ternyata sudah dipakai selama 3 tahun sejak pembelian, maka garansi laptopnya sudah hangus. Hal ini karena garansi laptop biasanya hanya sampai 1-2 tahun saja, tidak lebih dari itu.

Periksa nota pembelian dan kartu garansinya. Garansi ini umumnya diberikan oleh pihak penjual yang menjadi penghubung dengan pihak vendor secara langsung.

Cek Garansi Laptop dengan Melihat Serial Number

Untuk teknis pengecekannya yang lain, kamu bisa mengecek garansi laptop melalui serial number (SN) pada bagian luar produk/dushbook.

Kamu bisa melihat nomer serial sekitar 10-15 digit yang terdapat pada barcode. Selain itu, kamu juga bisa melihat tulisan Warranty pada sisi sticker, kalau ada kode 2 M maka artinya masa garansi laptop yaitu 2 tahun sejak tanggal pembelian.

Cek Garansi Laptop Melalui Situs Online

Kalau sebelumnya dilakukan secara manual, maka cara ini bisa dilakukan secara online. Kamu bisa mengunjungi situs resmi vendor laptopmu dan mendaftar akun di sana. Setelah itu, kamu login menggunakan akun yang sudah dibuat tadi. Kemudian masukkan nomer serial laptopmu di form yang sudah disediakan.
  • Mengecek Garansi Laptop Asus
Coba buka situs resmi Asus dan daftar keanggotaan di sana. Setelah itu, cek garansi laptop Asus-mu dengan memasukkan Serial Numbernya.
  • Mengecek Garansi Laptop Lenovo
Klik situs Lenovo warranty kemudian masukkan IMEI atau nomor seri laptopmu lalu klik opsi cek masa garansi. Nah setelah itu akan kelihatan langsung data produk dan masa garansinya.
  • Mengecek Garansi Laptop Dell
Buka halaman Dell warranty lalu masukkan service tag dan klik submit. Selanjutnya, masukkan kode captcha dan submit lagi. Setelah itu semua, maka produk akan muncul beserta gransi laptopnya.
  • Mengecek Garansi Laptop Acer
Klik website resmi Acer lalu masukkan serial number laptopnya. Terakhir, klik submit dan akan muncul data produk berupa part nomor dan serial number.
  • Mengecek Garansi Laptop Toshiba
Buka halaman Toshiba warranty lalu masukkan serial number dan model laptopnya. Klik tombol search maka akan muncul data produk beserta masa garansinya.
  • Mengecek Garansi Laptop Apple
Klik situs resmi Apple, berikutnya masukkan serial number dan kode captcha. Setelah itu klik continue, maka akan muncul data laptop dan masa garansinya.
  • Mengecek Garansi Laptop HP
Klik situs Hewlett Packard warranty lalu masukkan nomor serial beserta asal negaranya. Selanjutnya klik tombol check warranty dan akhirnya muncul masa garansi laptop.

Nah itulah beberapa cara mengecek garansi laptop dengan mudah dan cepat. Kamu bisa melakukan cara ini pada semua merk laptop seperti ASUS, Lenovo, Toshiba, Acer, HP, Dell dan lain sebagainya. Intinya sesuaikan saja dengan model laptopmu agar bisa mengetahui garansi laptop dengan benar.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top