Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Sabtu, 17 Februari 2018

√ Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop Paling Mudah

Cara mengaktifkan/menggunakan fingerprint pada laptop √ Seperti halnya pada smartphone android, laptop juga ternyata bisa digunakan untuk fingerprint (pemindai sidik jari). Dengan adanya fitur ini, sebuah perangkat bisa melakukan pengamanan dengan membaca Biometric pada jari manusia.

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop

Penggunaan fingerprint pada laptop ini bisa digunakan sebagai alternative password ketika kamu ingin login Windows. Dibandingkan memasukkan karakter sandi, pengamanan sidik jari ini tentu memiliki tingkat keamanan yang lebih terasa dan powerfull. Karena pada dasarnya, fingerprint menggunakan karakter sidik jari dan seperti yang kita tahu jari manusia tidak ada yang sama. Kalau seorang pengguna sudah mengatur sidik jari, maka hanya pengguna itulah yang bisa membukanya.

Kalau laptopmu ada fitur Touch Finger, maka kamu bisa menggunakannya dengan cara-cara yang sudah ada. Kamu bisa mencoba beberapa metode berikut ini:

Persiapan

Sebelum mengatur dan mengaktifkan fingerprint laptop, kita dituntut untuk mempersiapkan beberapa hal yang nantinya akan diperlukan. Yang pertama coba buatlah PIN untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10, untuk Windows 7 tidak perlu. Caranya juga sangat mudah, buka saja Setting > Accounts > Sign-in Options > Create PIN. Untuk membuat PIN ini, kamu memerlukan akses internet agar benar-benar berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop - Add PIN

Setelah proses pembuatan PIN jadi, cobalah untuk mengecek driver hardware laptopmu. Coba buka Device Manager lalu periksa apakah Driver Fingerprint sudah terinstall atau belum. Kalau drivernya belum terinstall, maka tombol fingerpint tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Maka dari, kamu perlu menginstallnya terlebih dahulu. Untuk laptop Lenovo, driver fingerprint-nya biasanya bernama EgisTech. Kalau laptop merek yang lain bisa menyesuaikan, asal laptopmu ada fingerprint maka artikel ini bisa membantumu.

Cara Menggunakan Finger Print Laptop

Sesudah tahap persiapan beres, selanjutnya kamu periu setup fingerprint di Sign-In Options. Akan tetapi kamu hanya bisa memasukkan 1 sidik jari saja. Kalau kamu ingin memakai 10 jari langsung, maka kamu bisa mengunduh aplikasi untuk penggunaan Fingerprint ini.

Bagi yang pengguna Lenovo, kamu bisa mengunduh Lenovo Smart Fingerprint. Setelah itu, install softwarenya dan tunggu hingga selesai.

Setelah itu, masukkan Password atau PIN laptopmu dan klik OK. Habis itu, akan tampil gambar 2 tangan. Klik salah satu ujung jarinya misalnya jempol. Kemudian masukkan password laptopmu lagi untuk memaksimalkan hasil pengamanan.

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop - Sign Password

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop - Sentuh Jari

Selanjutnya, gesek ke atas atau ke bawah jari jempolmu pada Fingerprint, gesek hingga berulang kali sampai ada gambar centrang/checklist.

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop - Centrang

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada 9 jari lainnya. Dengan begitu, kamu bisa membuka lock-screen dengan jari yang mana saja, bisa jempol, telunjuk, kelingking, tengah atau jari manis.

Cara Menggunakan Fingerprint pada Laptop - Opsi 10 Jari

Coba cek dengan merestart laptopmu, kalau ada opsi lock-screen coba gesekkan jari yang sudah disubmit tadi. Pada beberapa model laptop, mungkin mengharuskanmu untuk menekan Windows key + L lalu gesekkan jari di fingerprint. Kalau sudah begitu maka lock-screen akan terbuka dan kamu bisa masuk Windows dengan mudah.

Tutorial lainnya: Cara Mengecek Garansi Laptop, Mudah dan Praktis!

Yaps, cara menggunakan fingerprint laptop memang cukup mudah. Tinggal klik, tempel dan gesek saja. Dibanding memasukkan karakter kata sandi, menggunakan fingerprint tentu lebih aman dan efisien waktu. Hanya dengan menggesekkan jarimu, maka lock-screen sudah bisa dibuka dengan mudahnya. 

Sayangnya, hanya beberapa model laptop saja yang menggunakan laptop dengan fingerprint. Harga laptopnya juga lebih sering ditemukan di level bisnis yaitu sekitar 4-8 jutaan.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top