Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 02 Februari 2018

√ Cara Mengatasi Lupa Password pada Laptop/PC Windows

Cara mengatasi lupa password pada laptop dan PC. Di zaman yang serba canggih dan digital ini, banyak sekali tindak kejahatan melalui dunia teknologi. Kita dituntut untuk selalu mawas diri terhadap berbagai hal terutama untuk data-data pribadi yang penting.

Karena kalau tidak dijaga dengan baik, bisa saja ada oknum yang menyalahgunakan data tersebut dengan cara yang tidak baik.

Cara Mengatasi Lupa Password pada Laptop/PC Windows

Alternatifnya, kita memerlukan sebuah pengaman khusus untuk mengamankan hal-hal yang bersifat privasi. Salah satunya yaitu memberi kata sandi (password) pada laptop atau komputer yang kita gunakan.

Dengan memberi password, laptopmu bisa terhindar dari tangan-tangan usil yang ingin mencoba membuka dan mencari tahu isi laptop kesayanganmu. Cara yang seperti ini sepertinya yang paling mudah agar laptop tidak mudah untuk dibuka atau diakses oleh orang lain.

Akan tetapi, mungkin kamu mengalami  hal yang tidak diinginkan. Password yang kamu gunakan malah lupa dan salah melulu. Akhirnya kamu juga tidak bisa masuk untuk mengakses laptopmu sebagaimana mestinya. Kalau yang belum paham soal beginian, kamu akan panic dan takut seandainya laptop tidak bisa diakses lagi.

Sebenarnya masih ada beberapa cara mengatasi laptop yang lupa password dan membukanya kembali tanpa kendala yang berarti. Bahkan, kondisi lupa password login juga bisa dipraktikkan untuk segala jenis Windows apapun entah itu Windows 7, Windows 8 bahkan Windows 10.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop

Berikut adalah beberapa cara mengganti password pada laptop atau komputer yang sangat mudah untuk kamu praktikkan:

Dengan kemunculan Windows 10, mungkin saat ini pengguna Windows 7 semakin berkurang tidak sebanyak dulu. Seperti yang kita tahu, Windows 7 merupakan salah satu produk best seller dari perusahaan Microsoft. Sampai saat ini pun, masih banyak pengguna yang menggunakan sistem operasi ini karena sangat user friendly.

Bagi yang pengguna Windows yang mengamankan laptopnya dengan password namun lupa, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah sebagai berikut:

Masuk Windows dengan Mode Aman (Safe Mode)

Salah satu cara mengatasi laptop lupa password yaitu dengan login melalui safe mode.  layak kamu coba dengan menggunakan built in administrator. Dengan tools satu ini, kamu bisa membuka password dengan lebih mudah. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Nyalakan laptop kesayanganmu lalu tekan F8 (bisa juga beda tergantung vendor laptop) saat laptop masih dalam proses booting.
  2. Setelah itu, Laptop akan menampilkan Advanced Boot Option pada layar. Pilih menu safe mode lalu tekan enter dan laptop akan menyala dalam keadaan safe mode.
  3. Dalam tampilan layar, kamu bisa melihat beberapa akun. Selanjutnya pilih Administrator (built-in). Secara defaultnya, Windows tidak membutuhkan password lagi. Jadi kamu bisa masuk Windows tanpa adanya kolom password yang harus diisi.
  4. Kalau laptop sudah dalam kondisi safe mode sepenuhnya, coba klik start lalu cari control panel.
  5. Masuk pada menu All Control Panel Items lalu pilih User Accounts.
  6. Klik Manage Another Account lalu pilih akun Windows yang ingin dirubah passwordnya.
  7. Pilih change the password lalu masukkan password baru sebanyak dua kali. Yang satu untuk pengenalan dan yang satunya lagi untuk proses verifikasi password. Kalau tidak cocok berarti ulangi lagi dari awal.
  8. Setelah itu klik change password lalu restart laptop kesanganmu.
Terakhir akan muncul form password lagi, cobalah untuk memasukan kata sandi dengan benar seperti yang sudah kamu tulis sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa masuk (login) Windows tanpa masalah.

Menghapus Password dengan Windows Password Recovery

Kalau kamu belum tahu, Windows Password Recovery ini merupakan alat canggih besutan Microsoft. Tools keren ini memiliki tiga versi yaitu Standard, Professional dan Ultimate dengan banderol seharga $19.95 hingga $44,95.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan Windows Password Recovery versi trialnya jadi gratis. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan sensasi nikmat dari tools ini untuk mengatasi berbagai masalah. Sekiranya, tool ini memiliki fitur berikut ini:
  • Mereset password Windows baik untuk mengubah atau menghilangkan password administratornya.
  • Proses reset sangat cepat dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.
  • Dapat mereset password Windows dengan bantuan USB flashdisk ataupun CD/DVD.
  • Mendukung sistem operasi Windows manapun baik itu Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan Windows 10.
  • Tidak ribet dan sangat mudah digunakan.
Ini cara mereset password menggunakan tools Windows Password Recovery:
  1. Langkah pertama, buatlah bootable CD/DVD atau USB flashdisk di laptop atau komputer yang masih bisa diakses. Kalau tidak ada, coba untuk pinjam teman atau ke warnet sebentar saja. Saran saya, gunakan flashdisk saja karena lebih simple dan tidak terlalu ribet. Flashdisk ini juga bisa menjadi alternative utama saat laptopmu tidak memiliki DVD-ROM.
  2. Selanjutnya, tancapkan flashdisk ke laptop lalu buka Windows Password Recovery. Pilih tab Advanced lalu pilih target sistem operasinya.
  3. Kemudian pilih tempat dimana kamu akan burning bootable image melalui Windows Password Recovery. Klik Next dan tunggu hingga selesai.
  4. Kalau sudah selesai, USB akan menjadi bootable dan kamu bisa menggunakannya untuk mereset password Windows. Coba tekan CTRL + ALT + DEL lalu pilih restart. Sebelum masuk Windows, cobalah untuk masuk booting terlebih dahulu. Setiap merk laptop berbeda-beda, kalau laptop Lenovo bisa tekan F2 (merk yang lain menyesuaikan).
  5. Setelah masuk mode booting, pilih USB HDD : Flashdiskmu lalu tekan enter.
  6. Sampai sini, kamu akan masuk jendela Windows Password Recovery. Pilihlah sistem operasimu, lalu ikuti perintah yang tertampil. Kamu bisa memilih 2 opsi yaitu Remove Windows Password untuk menghapus password Windows dan opsi Change Windows Password untuk mengubah password pada Windows. Selain itu, ada juga opsi untuk menghilangkan akun admin atau menciptakan akun admin yang baru.
Terakhir, klik Next dan tunggu proses reset-nya. Sekarang laptopmu sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Log-in Menggunakan Password Reset Disk

Kalau lupa password laptop, kamu juga bisa menggunakan fitur password reset disk. Caranya mirip dengan Windows Password Recovery namun kali ini lebih singkat dan cepat.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama, coba buat Password Reset Disk pada CD/DVD atau USB flashdisk dengan menggunakan laptop lain yang masih bisa diakses. Untuk caranya sendiri juga cukup mudah, tinggal ikuti saja instruksi yang tertampil pada jendela Password Reset Disk. Kalau sudah jadi, masukkan flashdik ke laptop kesayanganmu.
  2. Ketika kamu salah mengetikkan password, biasanya sistem operasi Windows akan memunculkan opsi “Reset password…” sebagai solusi permasalahan para pengguna. Kalau memang ternyata ada, klik saja tautan tersebut.
  3. Selanjutnya akan tampil “Password Reset Wizard” yang muncul pada layar laptopmu kemudian klik Next. Berhubung Flashdisk sudah terpasang, kamu sudah bisa mengetikkan password baru saat itu juga. Setelah itu klik Next lagi dan Finish.
Sampai langkah ini, seharusnya kamu sudah bisa membuka laptop atau komputermu menggunakan password yang baru saja dibuat.

Membuka Password dengan Administrator

Cara mengatasi lupa pasword di laptop yang satu ini bisa dilakukan jika menggunakan dua administrator. Kalau hanya satu administrator maka cara ini tidak bisa dipraktikkan.

Seandainya akun administrator yang satu tidak diberi password atau kamu ingat passwordnya, maka kamu bisa mengakses Windows seperti biasanya. Kamu bisa mengakalinya dengan mengutak-atik beberapa konfigurasi yang ada pada Windows.

Lantas bagaimana cara mengganti password pada leptop dengan cara ini? Mari simak pembahasan berikut ini:

Buka program “Run” dengan menekan tombol CTRL + R atau mencarinya secara manual melalui menu start. Setelah itu, ketikkan perintah “lusrmgr.msc” untuk membuka Local Users and Groups. Kalau jendela tertampil, cobalah pilih menu Users.

Cara Mengatasi Lupa Password pada Laptop/PC Windows


Setelah masuk, akan ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Carilah akun administrator yang ingin kamu ganti passwordnya lalu klik kanan dan pilih “Set password…”.

Akan muncul jendela peringatan, namun jangan khawatir. Klik saja “Proceed” kemudian buat password baru. Terakhir klik Ok.

Nah itulah sekiranya beberapa cara mengatasi lupa password laptop, komputer atau notebook. Kamu bisa memilih salah satu cara yang paling mudah untuk digunakan. So, selamat mencoba guys! Semoga berhasil.

Dilarang menaruh link aktif, OOT dan SPAM ya guys! Komentar seperti itu akan kami hapus.

 
Back To Top