Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Kamis, 08 Februari 2018

√ Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Kedokteran dan Kesehatan Terbaik

Daftar harga dan spesifikasi laptop terbaik yang cocok untuk mahasiswa kedokteran. Seperti yang sudah banyak orang tahu, fakultas kedokteran merupakan salah satu prodi yang cukup keren bagi para mahasiswa. Jurusan ini juga mempunyai segudang aktivitas di lapangan seperti presentasi, praktikum, praktik lapangan, magang atau kegiatan lainnya.

Agar bisa meraih IPK yang tinggi, mahasiswa kedokteran dituntut untuk selalu up-to-date mengikuti segala informasi terkait jurusan kedokteran.

Laptop untuk Mahasiswa Kedokteran

Untuk menunjang aktivitas itu semua, mahasiswa kedokteran wajib hukumnya untuk memiliki laptop agar tugas-tugasnya bisa terselesaikan sesuai deadline. Dalam hal ini, koneksi internet sangat memengaruhi kualitas belajar mereka. Pasalnya, mereka sering mengumpulkan data penelitian, kirim email maupun sharing data melalui internet.

Terlebih, mereka juga akan magang ke instansi tertentu yang mungkin saja membutuhkan laptop untuk mendukung rutinitas sehari-hari.

Meski standar laptop jurusan kedokteran tidak secanggih jurusan teknik informatika, namun dari sisi kenyamanan juga harus tetap diperhatikan. Laptop dengan kualitas baik tentu bisa meningkatkan kualitas belajar mahasiswa dan mendukung kegiatan perkuliahan. Kapasitas RAM dan prosesor mungkin bisa menjadi prioritas sebelum memilih laptop yang kamu sukai. Beberapa kriteria laptop ini mungkin cocok untuk mahasiswa kedokteran sepertimu:

Desain Stylish dan Minimalis

Mobilitas seorang mahasiswa kedokteran tentu sangat padat, apalagi kalau menjelang masa-masa praktikum, ujian, presentasi ataupun saat magang. Kamu perlu laptop yang praktis, dinamis dan minimalis agar mudah dibawa bepergian kemana pun kamu mau. Laptop dengan desain minimalis ini juga tidak akan memakan tempat memang sepertinya sangat cocok untuk mahasiswa kedokteran. Laptop ultrabook yang memiliki layar bisa diputar 360 derajat juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Tahan Baterai

Agar kamu bisa mengoperasikan laptop dengan tenang, ada baiknya memilih laptop dengan daya baterai yang tahan lama. Mungkin saja kamu membutuhkan laptop untuk digunakan saat kerja lapangan dalam waktu yang lama. Kalau ternyata tempat magangmu sumber listriknya belum memadai maka kamu harus benar-benar siap melakukan backup baterai atau mengantisipasinya dengan baterai laptop yang awet.

Dalam pemilihan baterai ini, sebaiknya gunakan baterai merek Li-ion yang sudah terbukti ketahanannya. Selain itu, banyak juga pastinya kegiatan yang membutuhkan dokumentasi dan data analisis misalnya rekam data medis.

Sesuaikan juga dengan kebutuhanmu agar memori penyimpanan bisa menyimpan seluruh file dan data penting yang kamu butuhkan. Meski sekarang penyimpanan Cloud sudah popular, namun menyimpan data pada laptop juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Laptop untuk Mahasiswa Kedokteran Paling Murah

1. ASUS TRANSFORMER FLIP TP301UJ-DW081D

Mengusung laptop ultrabook, ASUS TRANSFORMER FLIP TP301UJ-DW081D saya rasa sangat cocok untuk digunakan para mahasiswa kedokteran. Dengan desain yang minimalis dan ramping, laptop ini tentu sangat mudah untuk dibawa saat magang.

Untuk spesifikasinya sendiri, laptop besutan Asus ini ditenagai Intel Core i5-6200U, VGA GT920M 2GB, HDD 1 TB dan RAM 4GB DDR4. Spesifkasi tersebut menandakan bahwa laptop ini benar-benar bisa menunjang segala aktivitas perkuliahan jurusan kedokteran.

Kalau kamu pengin beli laptop ini, kamu bisa mengeluarkan dana sekitar Rp 9 jutaan. Sebandinglah dengan spesifikasi laptop yang ditawarkan.

2. ASUS E202SA-FD113D

Masih di laptop Asus, kali ini ada laptop keren dengan desain yang sangat stylish dan ringan. Mengusung layar ukuran 11.6 inch, laptop ini ternyata dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup lumayan. Dengan ditenagai prosesor N3060, harddisk 500 GB dan RAM 2 GB DDR4, laptop ini cocok untuk kamu yang tidak suka ribet masalah biaya. Harganya juga sangat murah, hanya Rp 3,2 jutaan saja.

3. ACER ASPIRE ES1-132-C72S

Nampaknya, laptop ACER ASPIRE ES1-132-C72S ini juga perlu kamu lirik. Pasalnya, laptop ini memiliki desain yang mini dan sangat ringan. Harga laptop ini  juga cukup murah, hanya sekitar Rp 3,2 jutaan. Sangat murah bukan? Kalau kantongmu pas-pasan membeli laptop ini adalah salah satu pilihan yang cukup baik.

4. DELL INSPIRON 13-7359-CTO1.D X360

Diprakarsai otak Intel Core i3-6100U tidak membuatnya sombong. Dia selalu rendah hati berkat kecepatannya dalam mengakses sesuatu. VGA yang diusung juga Intel HD dimana memiliki daya tahan yang lebih lama.

Selain itu, penyimpanan dari laptop keren ini menggunakan 1 TB sata dan SSD 128 GB. Untuk memori, laptop besutan Dell ini menggunakan DDR4 4GB sedangkan layarnya sendiri masih menggunakan ukuran 13.3 inch. Buat yang ingin menikmati sensasi laptop ini, kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 3,2 jutaan.

5. HP Pav X360 Convert 11-n028TU

Berada di kelas entry level, laptop ini ternyata mampu menyuguhkan performa yang cukup baik. Laptop besutan HP ini menggunakan prosesor N2830, VGA Intel HD. Harddisk 500 GB dan RAM 4GB DDR4. Karena saking minimalisnya laptop ini, aksesoris seperti DVD-ROM menjadi tidak ada. Namun, kamu masih bisa mengakalinya dengan membeli DVD-ROM eksternal.

Laptop dengan layar 11.6 inch ini juga termasuk murah, harganya hanya Rp 4,5 jutaan saja. Pas lah di kantong mahasiswa sepertimu, gak kemurahan dan gak kemahalan. Cocok!

6. HP Pav x360 Convert 13-u173TU

Perlu kamu tahu, HP Pav x360 Convert 13-u173TU ini ternyata kalau dilihat-lihat cukup elegan. Selain itu, laptop ini juga dibekali spesifikasi yang cocok untuk mahasiswa kedokteran. Penggunaan VGA Intel HD juga turut memberi kesan bahwa laptop ini mengutamakan hemat daya baterai.

Dengan prosesor Intel Core i5-7200U dan RAM 8GB DDR4, laptop ini dibanderol dengan harga Rp 9,9 jutaan. Memang cukup mahal, namun ingat spesfikasinya benar-benar berkualitas.

7. LENOVO IP 310S-11IAP-80U400-1HID

Lenovo juga tidak mau ketinggalan, salah satu rekomendasi laptop untuk mahasiswa kedokteran dari brand Lenovo yaitu seri IP 310S-11IAP-80U400-1HID. Laptop ini kalau dilihat sekilas sangat mirip dengan macbook, pasalnya dari segi desain dan ketebalannya sangat ramping dan stylish.

Namun berbeda dengan Macbook, laptop ini ternyata memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 3,3 jutaan. Jadi, kalau kamu ingin beli Macbook tapi belum kesampeyan juga, tidak ada salahnya kalau membeli laptop keren yang satu ini.

8. LENOVO TP S1 YOGA 12 20DL-0011ID

Rekomendasi laptop yang terakhir yaitu Lenovo TP S1 Yoga 12 20dl-0011ID. Meski tidak seramping laptop yang sudah dibahas sebelumnya, namun laptop ini memiliki pesona yang cukup apik.

Hal ini juga diperbagus dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup mumpuni. Prosesor yang dianut sudah menggunakan Intel Core i5-5200U dan penyimpanan internalnya sudah menggunakan 1 TB HDD dan 16 GB SSD.

Selain itu, laptop ini juga sudah dibekali pre-installed Windows 8.1 yang bisa memudahkanmu dalam belajar. Kamu tidak perlu repot-repot untuk menginstall ulang sistem operasinya terlebih dahulu. Dengan spesifikasi yang begitu mantap itu, wajar jika harga laptop ini bisa mencapai Rp 15 jutaan. Kamu bisa menggunakan laptop ini dengan berbeagai keperluan medis yang sekiranya cukup berat.

Nah, itu dia daftar laptop terbaik untuk mahasiswa kedokteran. Biasanya, laptop yang cocok untuk jurusan kedokteran memiliki spesifikasi yang standar namun kualitasnya tetap oke. Desainnya praktis dan minimalis agar bisa dibawa kemana-mana serta daya baterai yang awet agar bisa dibawa kemana pun.

Baca juga:
Spesifikasi laptop juga harus diperhatikan baik-baik, jangan sampai over melebihi kebutuhan yang kamu perlukan. Coba saja pilih laptop yang sudah disebutkan tadi, niscaya kamu bisa lebih produktif menjalani kehidupan kuliah.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top