Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 06 Februari 2018

Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!

Kapan kamu membersihkan laptop? Seberapa sering? Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop. Padahal yang namanya laptop kotor tentu tidak nyaman untuk digunakan, apalagi hal ini bisa menyebabkan laptop menjadi lebih panas.

Penyebab Laptop Kotor

Cara Membersihkan Laptop

Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop kotor, beberapa diantaranya yaitu:
  • Pemilik malas membersihkan laptop secara rutin.
  • Pemilik kurang merawat laptopnya.
  • Pemilik laptop teledor dan tidak berhati-hati sehingga banyak debu, remah-remah makanan, rambut rontok atau serpihan rokok.
Kalau dari pemiliknya sendiri sudah malas membersihkan laptop maka bisa saja di lain hari terdapat kerusakan yang tidak diduga-duga. Nah, untuk mengantisipasi hal itu kita perlu merawat laptop dan membersihkan nya secara berkala.

Persiapan Membersihkan Laptop
Cara Membersihkan Laptop - pembersih
Cairan Pembersih Khusus Laptop
Sebelum kamu membersihkan laptop kesayanganmu, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:
  • Siapkan cairan khusus pembersih untuk laptop.
  • Sediakan kompresor kecil untuk membersihkan laptop sampai seluk-beluknya.
  • Sediakan kain pembersih yang lembut dan halus tanpa serabut. Usahakan kain tersebut dalam kondisi lembab dengan cairan pembersih namun tidak terlalu basah.
  • Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati total dan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Untuk lebih amannya lagi, cobalah untuk melepas baterai laptop dengan hati-hati.
Perlu diperhatikan juga, saat proses pembersihan kamu tidak boleh menyemprotkan cairan pembersih secara langsung. Komponen laptop memang ternyata sangat sensitif terhadap kontaminasi air karena bisa menyebabkan kongslet dan kerusakan yang fatal.

Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih ke kainnya saja, bukan ke komponen laptop.

Mari kita bahas satu per satu…

Membersihkan Laptop Bagian Luar

Seperti yang kita tahu, laptop bagian luar merupakan bagian yang bertatapan langsung dengan lingkungan sekitar. Hal ini tentu membuat bagian ini rentan sekali mengalami kotor karena debu. Kalau sampai bagian ini terlihat kotor, maka laptopmu seperti kurang terawat dengan baik.

Untuk itu, kamu sebaiknya membersihkan bagian luar ini secara rutin agar selalu terlihat bersih. Ini beberapa caranya:

1. Membersihkan Laptop Bagian Body Casing

Bagian casing laptop nampaknya harus kamu perhatikan setiap saat, pasalnya bagian ini akan sangat kelihatan bersih tidaknya. Untuk cara membersihkan body laptop, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.
  • Pertama, bersihkan laptopmu dengan memakai kain pembersih untuk menghilangkan laptop dari debu yang menempel. Pada tahap ini, kamu masih bisa menggunakan kain biasa.
  • Selanjutnya kamu perlu membersihkan casing agar lebih mengkilap dengan kain yang agak lembab (disertai cairan pembersih). Usahakan permukaan kain lembut dan tidak memiliki serat, hal ini untuk menghindari goresan pada casing. Kamu bisa mengelapnya pada bagian yang kotor dan susah dihilangkan.
  • Terakhir, kamu bisa membiarkannya dingin sendiri atau mengelap dengan kain kering yang bersih. Sampai tahap ini, casing laptopmu pasti akan lebih bersih dari sebelumnya.

2. Membersihkan Laptop Bagian Layar LCD

Setelah kamu membersihkan casing laptop, selanjutnya kamu bisa membersihkan layar LCD. Cara membersihkannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membersihkan casing, hanya saja kamu harus lebih berhati-hati saat membersihkan layar LCD.

Tahu sendiri kan layar LCD laptop itu sensitif? Nah maka dari itu kamu perlu hati-hati. Kalau kamu penasaran bagaimana cara membersihkannya, silahkan baca panduan berikut ini:
  • Untuk langkah awal, kamu harus membersihkan debu-debu yang menempel terlebih dahulu dengan kain biasa. Namun tidak perlu ditekan-tekan, cukup mengusapnya saja.
  • Berikutnya, lap layar LCD menggunakan kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kalau kain yang kamu gunakan tadi tidak terlalu kotor, kamu bisa menggunakannya kembali. Sebaliknya, kalau kain itu kotor kamu wajib membersihkannya atau menggantinya dengan kain yang lain.
  • Saat mengelap, usahakan menggunakan pola pembersihan yang searah agar hasilnya lebih optimal. Dan ingat, kamu tidak perlu menekannya cukup di usap-usap saja.

3. Membersihkan Laptop Bagian Keyboard dan TouchPad
Cara Membersihkan Laptop - Keyboard
Bagian yang satu ini sepertinya sudah menjadi biang kotoran pada laptop. Entah kenapa, bagian yang satu ini terlihat begitu kotor dibandingkan yang lainnya. Oleh karena itu, kamu benar-benar harus membersihkan keyboard secara berkala.

Untuk cara pembersihannya sendiri, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:
  • Hilangkan debu dan kotoran pada keyboard menggunakan kompessor atau hairdryer mini. Kalau belum punya, kamu bisa membalikkan laptopmu lalu gerakkan secara halus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang bersarang dilaptopmu.
  • Kalau keyboardnya sangat kotor, kamu juga bisa membersihkannya dengan melepas tombol/tuts keyboardnya satu per satu. Namun, kamu perlu hati-hati jangan sampai tombolnya malah rusak. Sebelum melakukan cara ini, kamu juga perlu mengecek buku manual terlebih dahulu karena tidak setiap laptop tombol keyboardnya bisa dilepas. Setelah terlepas, coba bersihkan keyboardnya dengan hati-hati.
  • Apabila keyboard sudah selesai dibersihkan, kamu juga bisa membersihkan touchpad dengan memakai kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Membersihkan Laptop Bagian Dalam

4. Membersihkan Laptop Bagian Port dan Kipas

Cara Membersihkan Laptop - Port

Sebenarnya untuk membersihkan dua bagian ini bisa dilakukan dari luar, namun kamu juga bisa membersihkannya dari dalam agar hasilnya lebih maksimal. Begini caranya:
  • Seperti biasa, coba gunakan compressor untuk membersihkan debu yang berada pada bagian port dan kipas angin. Kamu bisa menyemprotkan angin dari sudut tertentu sehingga  debu yang menempel bisa keluar.
  • Berhati-hatilah saat kamu menyemprotkan angin, bisa saja angin yang berhembus mengeluarkan cairan. Hal ini tentu tidak baik karena cairan tersebut bisa masuk ke bagian dalam laptop dan akhirnya menjadi rusak. 
  • Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu juga bisa meniup-niup secara manual. Meski susah, namun cara ini bisa jadi lebih baik dari compressor. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan hairdryer atau vacuum cooler mini.
Lantas bagaimana cara membersihkannya dari dalam?
  • Tentu saja kamu harus membongkar laptopmu terlebih dahulu. Setelah itu kamu baru bisa membersihkan bagian-bagian ini dengan baik.
  • Caranya sama, kamu bisa gunakan kompessor atau vacuum cooler mini untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.
5. Membersihkan Komponen Penting dan Vital
Cara Membersihkan Laptop - Fan
Komponen penting dan vital yang saya maksud itu seperti motherboard, VGA, prosesor dan heatsink. Sama seperti bagian luar, bagian dalam laptop juga bisa saja kotor karena debu dan kotoran yang masuk melalui ventilasi.

Kalau tidak dibersihkan, bagian penting ini bisa saja mengalami penurunan performa dan akhirnya rusak. Kamu tidak mau sampai hal ini terjadi pada laptopmu kan? Untuk itu, bersihkan laptopmu dengan cara-cara berikut ini:
  • Pertama, kamu tentu harus membongkar laptopmu secara menyeluruh. Kalau bisa, bongkar setiap komponen yang dirasa perlu untuk dibersihkan.
  • Sewaktu pembongkaran, sebaiknya kamu menaruh komponen laptop dengan hati-hati jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga harus paham betul setiap komponen pada laptopmu agar tidak terjadi kesalahan teknis.
Akhirnya kita sampai pada akhir artikel ini. Seperti yang kita ketahui bersama, menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman.

Untuk itu dalam hal ini kita juga harus membersihkan perangkat pribadi kita seperti laptop secara rutin. Kalau laptop kita bersih, dilihat juga akan tampak lebih sedap dan segar.

Dilarang menaruh link aktif, OOT dan SPAM ya guys! Komentar seperti itu akan kami hapus.

 
Back To Top