Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Jumat, 15 Desember 2017

Cara Melepas/Mengganti Keyboard Laptop dengan Mudah

Cara melepas atau membuka keyboard laptop/notebook sebenarnya gampang-gampang susah. Kamu bisa mencobanya sendiri tanpa harus membawanya ke service center. Kamu hanya perlu beberapa alat dan unsur ke hati-hatian dalam melepasnya.

Kalau tidak hati-hati, tentu saja keyboard atau komponen lain bisa rusak dengan mudahnya. Seperti yang kita tahu, keyboard merupakan salah satu komponen yang rentan sekali rusak.

Mungkin kerusakan itu berupa salah satu tombol tidak berfungsi, tombol terus menekan sendiri atau tidak tombol rusak total (tidak dapat digunakan sama sekali).

Cara Melepas/Mengganti Keyboard Laptop dengan Mudah

Mengganti keyboard laptop tentu menjadi solusi terakhir untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.  Kalau kamu memilih untuk membawanya ke tukang reparasi tentu membutuhkan biaya, maka akan lebih baik jika melepasnya sendiri.

Secara sederhana, berikut adalah cara mengganti atau melepas keyboard laptop…

1. Pastikan Dudukan Keyboard dan Konstruksi Casing


Setiap laptop atau notebook tentu memiliki struktur bagian yang berbeda-beda. Ada yang letaknya di kiri, ada juga yang di kanan. Termasuk juga untuk keyboard, ada strukturnya.

Untuk itu, cobalah untuk mengetahui posisi dudukan pada keyboard. Ini bisa memudahkanmu saat membongkar dan meminimalisir kerusakan fatal.

Kalau kamu asal dalam membongkarnya, maka bisa saja ada komponen yang rusak. Misalnya pada casing dan dudukan pengunci keyboard.

2. Jangan Dulu Membeli Keyboard


Sebelum menggantinya dengan yang baru, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa keyboardmu itu benar-benar rusak atau tidak. Ini hanya bentuk antisipasi, mungkin saja bukan keyboardnya yang rusak melainkan fleksibelnya. Dalam beberapa kasus, fleksibel yang kendor dan tidak terpasang dengan benar bisa memengaruhi kinerja keyboard.

3. Lepas Keyboard dengan Hati-hati


Sebelum kamu melepas keyboard, pastikan laptop dalam kondisi mati (shutdown). Agar lebih safety, kamu bisa melepas baterainya juga.

Setelah aman terkendali, lepaslah keyboard dengan hati-hati. Mayoritas keyboard dipasang pada casing bagian atas, untuk penguncinya kebanyakan terletak di samping atau bagian atas. Proses membuka pengunci bisa dilakukan dengan obeng minus kecil atau bekas kartu perdana (kalau belum punya obeng).

Akan tetapi, ada beberapa merk laptop yang memasang baut tambahan untuk mengunci keyboard. Kalau ternyata laptopmu juga begitu, pastikan letak penguncinya ada dimana. Biasanya sih model yang begitu ada di bawah laptop.

4. Hati-hati, Jangan Tarik Keyboard Langsung


Ini sangat penting untuk diperhatikan. Setelah pengunci terlepas, kamu jangan tarik/angkat keyboardnya secara langsung. Di balik keyboard tadi, ada fleksibel yang masih tersambung dengan motherboard. Maka dari itu, lepas dulu fleksibelnya baru angkat keyboard dari body laptop.

5. Bersihkan Area Dudukan Keyboard


Kamu bisa membersihkannya dengan kuas kering atau bisa juga dengan mini vacuum cleaner. Ini bisa membuat  laptopmu menjadi lebih terawat.

6. Pasang Fleksibel Keyboard Lama Kembali


Ini sebenarnya untuk memastikan sekali lagi, apakah keyboardnya benar-benar rusak atau tidak. Kalau ternyata jadi, maka fleksibelnya kendor atau tidak terpasang dengan benar. Sedangkan bila keyboard masih tidak berfungsi, maka benar-benar ada kerusakan. Kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

7. Ganti dan Pasang dengan Keyboard Baru


Kamu harus membelinya terlebih dahulu di toko komputer , tentunya perhatikan terlebih dahulu model dan tipe keyboardnya. Setelah itu, pasanglah keyboard dengan hati-hati. Pastikan posisi keyboard dan fleksibel sesuai tempatnya. Kunci kembali keyboardnya seperti keadaan semula.

8. Pasang Baterai, Lalu Nyalakan Laptop


Setelah semuanya sudah terpasang dengan baik, maka selanjutnya kamu harus menyalakan laptop. Cobalah cek dan periksa keseluruhan keyboard.

Harusnya, keyboard bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kalau ada yang bermasalah, segera lakukan komplain atau retur dengan yang baru kepada penjual.

Cara-cara itu merupakan gambaran sederhana dari melepas keyboard laptop. Untuk cara lengkap step by step sepertinya belum bisa kami ulas saat ini. Mungkin kami akan memperbarui langkah-langkahnya (beserta gambar) di kesempatan yang akan mendatang.

Itulah beberapa cara melepas/mengganti keyboard laptop, semoga bisa membantu menyelesaikan permasalahanmu kali ini.

Selamat mencoba, stay classy!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top