Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Minggu, 17 Desember 2017

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan Laptop, Notebook dan netbook - Dulu di awal tahun 2000-an, kita mungkin masih jarang orang-orang yang menggunakan perangkat komputer. Tapi sekarang, hampir semuanya sudah memilikinya. Perkembangan dan kemajuan teknologi ternyata mengubah sistem komputerisasi ini menjadi lebih praktis dan instant.

Komputer meja yang dulu di idam-idamkan, sekarang mungkin sudah teralih kan dengan adanya perangkat mobile seperti laptop, tablet dan smartphone.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Nah, berbicara mengenai berbagai perangkat tersebut, kita tentu sering mendengar istilah laptop, netbook dan notebook. Banyak orang yang kurang paham dan tidak tahu, apakah laptop, notebook dan netbook itu sama? Atau ada perbedaan diantara ketiganya? So, mari kita simak pembahasannya.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook


Laptop, Notebook dan Netbook sebenarnya sama-sama perangkat yang menggunakan sistem komputasi modern. Namun ketiga istilah tersebut bukan untuk satu nama yang sama, terdapat perbedaan diantara ketiganya.

1. Pemanggilan Nama

Mungkin banyak yang mengira bahwa istilah “laptop” berasal dari Bahasa Indonesia, namun sebenarnya Bahasa Indonesia dari laptop yaitu Komputer Jinjing. Tapi apakah pernahkah kamu mendengar seseorang yang mengatakan “komputer jinjing”? Saya rasa sangat jarang yang mengucapkannya.

Kita malah lebih familiar dengan istilah “laptop” karena mungkin ikut-ikutan pembawaan dari negara asing. Akhirnya orang-orang di Indonesia lebih mudah mengatakan “laptop” untuk pemanggilan semua Komputer portable.

Saking familiarnya istilah laptop, banyak dari kita yang tidak mengetahui perbedaannya dengan notebook dan netbook. Banyak juga orang yang memanggil notebook atau netbook dengan istilah laptop.

Jika kita menganggapnya sama, sebenarnya ini cukup keliru juga. Toh sebenarnya kita bisa melihat fisiknya secara langsung. Karena dengan melihatnya saja, kita bisa mengetahui perbedaan yang sangat mencolok.

2. Perbedaan Ukuran

Perbedaan antara laptop, notebook dan netbook bisa kita amati dari ukuran layarnya. Lazimnya, notebook dan netbook memilki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding laptop.

Netbook biasanya mempunyai ukuran layar antara 6-13 inch, lalu Notebook mempunyai ukuran sekitar 13-18 inch dan laptop memiliki layar yang tebal dengan ukuran lebih dari 18 inch.

Akan tetapi banyak dari kita yang menganggap ukuran itu tidak terlalu penting dalam pemanggilan nama. Saya saja kalau melihat komputer portable yang kecil (6-13 inch) saya akan memanggilnya notebook. Sedangkan yang ukurannya sedang/besar saya anggap itu laptop (14-18 inch). Kalau kamu bagaimana? 

3. Perbedaan Spesifikasi Grafis

Karena ukuran yang berbeda dari segi layar, tentu saja grafis yang digunakan berbeda. Kartu grafis pada laptop biasanya lebih besar dibanding notebook dan netbook agar bisa mendukung performa grafis yang lebih overkill.

Meskipun begitu, ada beberapa produsen yang memang menyediakan performa grafis yang lebih besar pada sebuah notebook. Untuk netbook sepertinya sangat jarang ditemui menggunakan kualitas grafis yang bagus, mentok-mentok paling di level standar saja.

4. Perbedaan Ukuran Memori RAM

Perbedaan lainnya antara laptop, netbook dan notebook yaitu ukuran memori RAM-nya. RAM (Random Access Memori) merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Tanpa adanya RAM, perangkat komputasi ini tentu tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Semakin cepat RAM yang dimiliki suatu perangkat, maka semakin bagus pula kinerjanya.

Untuk ukuran RAM laptop biasanya lebih besar dibanding notebook dan netbook. Akan tetapi, pada merek notebook tertentu sudah ada yang mampu mengimbangi kapasitas RAM dari sebuah laptop.

5. Keberadaan CD/DVD-ROM

CD/DVD-ROM sangat penting jika digunakan untuk keperluan install driver atau membaca file dari CD/DVD. Biasanya, hampir semua laptop sudah didukung dengan CD/DVD-ROM untuk mendukung kebutuhan penggunanya.

Sedangkan untuk notebook dan netbook biasanya belum tersedia. Mungkin saja karena spesfikasinya kurang memadai atau body terlalu tipis sehingga tidak bisa ditambahkan DVD-ROM.

Akan tetapi, notebook versi terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini untuk menunjang kebutuhan pengguna. Setidaknya, ini bisa mengimbangi sebuah laptop.

Jangan terlalu risau bila perangkatmu belum ada fitur ini, kamu masih bisa mengakalinya dengan membeli DVD-ROM eksternal yang dihubungkan melalui port USB.

6. Perbedaan Daya Tahan Baterai

Karena laptop ukuran dan performanya membutuhkan pasokan daya yang besar, maka biasanya daya tahan baterai bisa bertahan lebih lama. Akan tetapi, mungkin daya tahan dari notebook dan netbook tidak akan selama laptop dalam kondisi pemakaian normal.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara laptop, notebnook dan netbook. Semoga bisa membantu mu untuk memahami lebih dalam tentang perbedaan dari ketiganya.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top