Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Minggu, 03 Desember 2017

Macam-macam Aksesoris Laptop beserta Harga dan Fungsinya

Macam-macam aksesoris laptop sebenarnya sering kita jumpai, namun sepertinya kita jarang sekali membahasnya. Maka dari itu saya akan sedikit mengulasnya agar banyak orang yang tahu fungsi dari aksesoris/perangkat ini.

Macam-macam aksesoris laptop
Macam-macam aksesoris laptop

Berhubung laptop merupakan perangkat yang cukup sensitif dan terbatas penggunaannya, kamu harus melengkapinya dengan perangkat lain yang mendukung. Berbagai jenis perangkat tambahan yang mendukung aktivitas komputasi ini wajib kita ketahui penggunaannya.

Nah, berikut ini adalah berbagai aksesoris laptop beserta harga dan fungsinya. Simak ya!

1. Mouse


Meskipun laptop sudah memiliki touchpad untuk menggerakkan kursor, akan tetapi sepertinya ada yang terasa kurang. Kebanyakan dari kita merasa kurang nyaman saat kursor berada pada sudut yang sulit. Maka dari itu, kita tentu memerlukan sebuah perangkat yang bernama mouse. Mouse ini tentu lebih mudah digunakan mengingat ukurannya yang kecil dan pas digenggaman tangan.

Nah, bila kamu ingin membeli sebuah mouse, coba beli yang tanpa kabel/wireless. Dengan mouse wireless, kamu bisa lebih leluasa dalam menggerakkan mouse tanpa ada kabel yang menghalangi. Apalagi jika kamu itu gamer, pasti akan memberi kebebasan gerak saat bermain game.

Harga:   Rp 25.000 - 300.000

2. Keyboard


Komponen yang satu ini sebenarnya cukup penting, mengingat fungsi utamanya untuk mengetik atau memberi suatu perintah. Tanpa adanya keyboard, kegiatan komputasi tentu menjadi kurang lancar.Dengan adanya keyboard, aktivitas seperti mengetik tulisan, menyelesaikan tugas, atau bermain game dapat berjalan tanpa adanya kendala.

Banyak sekali penjual yang menawarkan keyboard ini. Meskipun laptopmu sudah mempunyai keyboard internal, namun kamu bisa saja menambahkan keyboard eksternal untuk menunjang kebutuhanmu. Yang penting fungsinya tetap sama, yaitu sebagai ‘masukkan’ dalam menjalankan perintah komputasi.

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, kamu bisa membeli keyboard dengan harga miring. Kamu bisa membelinya di marketplace seperti tokopedia atau datang langsung ke toko komputer terdekat.

Harga:   Rp 30.000 - 500.000

3. Printer dan Scanner


Aksesoris laptop yang selanjutnya adalah printer dan scanner. Dua perangkat ini akan sangat membantumu untuk mencetak dokumen atau gambar ke dalam lembaran kertas.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membeli printer jika rutinitasmu berhubungan dengan dokumen dan cetak mencetak.

Printer juga bisa kamu gunakan untuk mencetak berbagai tugas kuliah yang sedang numpuk. Sedangkan printer bisa kamu jadikan alat untuk memindai dokumen atau gambar ke dalam file digital.

Seiring berjalannya waktu, printer saat ini juga sudah mendukung fitur scan. Jadi, “printer” dan “scanner” sudah termasuk dalam satu paket. Ada juga printer kuno yang belum menyediakan fitur ini dan dijual terpisah bersama scanner.

Harga:   Rp 500.000 - 2.000.000

4. Headphone dan Speaker


Untuk menunjang aktivitasmu mendengarkan suara, kamu biasanya membutuhkan aksesoris laptop bernama headphone dan speaker. Dua aplikasi ini tentu akan memaksimalkan kebahagiaanmu ketika mendengarkan musik.

Headphone dan speaker bisa membuat aktivitas terasa lebih menyenangkan. Saat kamu main game atau menonton film, kamu tentu akan merasakan sensasi suara yang lebih terasa.

Untuk model, harga dan spesifikasi yang ditawarkan tentu variatif. Kamu bisa memilih headphone dan speaker yang paling sesuai dengan seleramu. Saat memakai headphone atau speaker, suaranya tentu terasa lebih baik dibanding speaker bawaan laptop.

5. Mikrofon


Jika kamu suka merekam audio video, kamu tentu membutuhkan mikrofon agar suaramu bisa terekam dengan jelas. Mikrofon ini juga sangat bagus jika kamu menggunakannya untuk berbicara secara live di facebook atau instagram.

6. Modem


Aksesoris laptop yang cukup penting selanjutnya adalah modem. Dengan perangkat ini, kamu bisa menikmati akses internet dimanapun kamu berada. Asal punya kuota data dan sinyal yang mendukung, kamu bisa berselancar di internet sepuasnya.

Saat ini, banyak sekali model dan spesifikasi modem untuk menunjang aktivitasmu. Harganya pun variatif sesuai spesifikasinya. Semakin bagus spesifikasinya tentu semakin mahal pula harganya.

Berhubung sekarang sudah ada akses jaringan 4G, kamu bisa memilih modem yang mendukung jaringan tersebut. Kalau bisa, pilihlah modem Mifi agar lebih fleksibel dalam penggunaannya.

7. Storage : Card Reader Flash Disk dan Harddisk Eksternal


Selanjutnya ada card reader, flashdisk dan harddisk eksternal. Ketiganya merupakan sarana untuk memudahkan kita dalam menyimpan data-data penting.

Card reader bisa kamu gunakan untuk memasukkan kartu memori hp untuk dibaca laptop sehingga kamu bisa melakukan transfer data dengan lebih mudah. Sedangkan flashdisk dan harddisk eksternal bisa kamu gunakan untuk menyimpan data-data eksternal.

8. USB Transfer Data


Nah, aksesoris ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer data antara laptop dengan smartphone. Aksesoris ini bisa menjadi alternatif jika kamu tidak ingin ribet dengan card reader. Tinggal colok seperti mau ngecas, kamu sudah bisa transfer gambar, music atau video dengan cepat.

9. Laptop Stands


Laptop stands merupakan alat yang bisa memudahkanmu dalam mengoperasikan laptop. Dengan alat ini, kamu bisa meletakkan laptop sesuai dengan posisi atau arah pandang mata. Hal ini tentu akan membuatmu semakin nyaman dan rileks.

10. Laptop Desk atau Cooling Pad


Aksesoris yang satu ini bisa menjadi alas untuk tatakan laptop. Laptopmu juga bisa terhindar dari panas yang berlebihan (overheating). Hal ini mungkin dikarenakan alat ini bisa meminimalisir debu dan menambah sirkulasi udara.

11. Tas Laptop


Jika kamu termasuk orang yang suka bepergian, maka tidak ada salahnya jika kamu membeli sebuah tas laptop. Dengan adanya tas laptop, kamu bisa melindungi laptop dengan berbagai benturan. Untuk memilih tas laptop yang sesuai, kamu harus mempertimbangkan bahan dan sirkulasi. Pilihlah tas laptop yang ringan, minimalis dan memiliki pelindung yang tebal.

Nah itu dia ulasan singkat mengenai macam-macam aksesoris laptop yang perlu kamu tahu. Dengan adanya aksesoris ini, kamu tentu bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan lebih maksimal.

Untuk harganya sendiri sebenarnya sangat varitatif, kamu bia mengeceknya di toko computer terdekat atau melalui situs jual beli online.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top