Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Rabu, 06 Desember 2017

√ Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih beserta Penyebabnya

Penyebab dan cara memperbaiki layar laptop blank putih - Perangkat komputer atau laptop saat ini dapat mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan seseorang. Kemajuan teknologi saat ini menjadikan seseorang lebih banyak bekerja di depan layar komputer, terutama bagi Anda yang bekerja sebagai pekerja kantoran. Banyak berkas yang harus diketik dan diselesaikan.

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih beserta Penyebabnya
Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih beserta Penyebabnya

Tidak hanya pekerja kantoran, laptop juga sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan tentunya mengerjakan tugas akhir yaitu skripsi. Komputer atau laptop tentu sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan informatika atau mengambil jurusan teknik komputer.


Laptop atau komputer menjadi bawaan wajib mereka. Namun apa jadinya jika laptop Anda menjadi ngeblank saat tenga digunakan di waktu yang sangat tidak tepat? Pastinya ada perasaan marah, khawatir, kesal dan sebagainya saat Anda membutuhkan laptop tapi laptop Anda malah blank di tengah jalan.

Anda mungkin pernah mengalami layar laptop menjadi blank dan yang muncul hanya layar berwarna putih pada LCD laptop Anda. Permasalahan ini merupakan permasalah umum yang biasanya dialami oleh para pengguna laptop atau komputer.

Dibandingkan dengan kerusakan lain sepertinya rusak kipas pendingin laptop, hardsik yang rusak atau kerusakan pada motherboard, layar putih pada LCD laptop masih tergolong ke dalam kerusakan yang ringan. Lalu apa penyebab layar laptop menjadi blank putih? Hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada kabel flexible laptop Anda yang terletak pada lipatan sendi laptop Anda.

Selain itu, faktor yang menyebabkan layar laptop Anda menjadi blank putih adalah karena kurangnya sirkulasi udara pada laptop Anda. Salah satu penyebab kurangnya sirkulasi udara pada laptop adalah karena kemungkinan Anda sering menaruh atau meletakkan laptop di atas kasur atau di atas bantal.

Kebisaan tersebut sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan laptop Anda. Untuk menjaga kesehatan laptop Anda, sebaiknya Anda menggunakan fan atau kipas khusus laptop jika Anda memang ingin menaruh di atas bantal atau kasur.

Namun sebaiknya Anda menggunakan fan laptop saat meletakkan laptop di mana pun untuk menjaga agar sirkulasi pada laptop Anda tetap stabil.

Tidak hanya masalah tempat peletakkan, getaran yang berlebih pada laptop juga dapat menyebabkan laptop Anda menjadi blank putih.

Jika Anda ingin pergi atau keluar dengan membawa laptop, sebaiknya jangan menggunakan tas longgar atau akan lebih baik jika Anda menggunakan tas khusus laptop sebagai wadah laptop Anda. Penempatan laptop pada wadah yang pas dapat mengurangi terjadinya getaran pada laptop.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan layar laptop blank putih, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi layar laptop blank putih. Biasanya kerusakan terjadi pada LCD laptop Anda. Jika kerusakan yang terjadi belum parah, brikut adalah cara mengatasi layar laptop blank putih.

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih

Berikut adalah beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan:
  1. Bila kerusakan belum terlalu parah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Fn + F2 pada keyboard laptop atau komputer Anda. Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan sampai mgambar LCD muncul pada layar laptop Anda.
  2. Jangan gerakkan laptop Anda selama proses tersebut selesai. Getaran atau gesekan pada laptop dapat menambah kerusakan pada kebel fleksibel laptop Anda.
  3. Usahakan janga terlalu sering membuka tutup laptop Anda.
Apabila ketiga langkah di atas telah Anda lakukan dan layar laptop Anda masih blank putih. Maka dapat dipastikan bahwa kerusakan pada layar laptop Anda sudah parah. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengikuti langkah berikut jika kerusakan pada layar laptop Anda sudah parah.
  1. Biasanya kerusakan terjadi pada LCD. Langkah pertama adalah Anda perlu untuk membongkar bagian LCD laptop Anda. Buka penutup baut pad LCD, lepaskan baut yang tertanam, buka casing laptop Anda dengan menggunakan obeng min (-), sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam membongkar bagian LCD laptop agar tidak menyebabkan kerusakan pada casing laptop Anda.
  2. Setelah bagian casing LCD sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah melepas bagian LCD. Kemudian buka penahan LCD yang terdapat pada bagian kiri dan kanan, terdapat 4 penahan LCD yang perlu Anda buka. Tarik dan lepas dengan perlahan, letakkan di atas keyboard Anda. Perhatikan bagian belakang LCD, di bagian tersebut terdapat beberapa kabel di antaranya kabel antena WiFi, kabel kamera, dan kabel iverter.
  3. Lepaskan solasi atau plester, tarik kabel sampai terlepas dari socketnya. Setelah itu bersihkan bagian pin konektornya, pasang kembali kabel kemudian ganti plesternya dengan yang baru agar lebih kuat. Hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan atau pergesekan saat Anda membuka atau menutup laptop.
  4. Setelah laptop Anda kembali normal. Pasang kembali LCD laptop Anda. Sebelum memasang casing laptop, sebaiknya Anda coba untuk membuka dan menutup laptop Anda, lakukan berkali-kali untuk mengecek apakah laptop Anda sudah kembali normal atau belum. Jika sudah normal, berati permasalahan sudah selesai dan hanya terletak pada bagian kabel LCD yang longgar. Jika sudah, maka pasang kembali casing laptop Anda.
  5. Namun apabila layar laptop Anda masih kembali blank putih, berarti ada sambungan kabel yang putus pada LCD laptop Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah melepas kabel LCD dan menyambung kabel yang putus atau yang paling baik adalah mengganti dengan kabel LCD yang baru.
Itulah beberapa tips dan cara untuk mengatasi layar laptop blank putih yang bisa Anda lakukan apabila Anda mengalami layar laptop blank putih. Artikel ini bisa sangat membantu Anda ketika laptop Anda mengalami masalah seperti ini.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top