Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Senin, 11 Desember 2017

√ Urutan Processor Intel dari Terendah Sampai Tertinggi

Tingkatan generasi, jenis-jenis, dan urutan processor Intel dari terendah sampai tertinggi - Bagi kamu yang paham dan berkecimpung di dunia teknologi khususnya dalam bidang informatika dan teknik komputer, pasti sudah memahami tentang processor yang terdapat dalam laptop atau PC.

Laptop atau PC memiliki suatu sistem utama atau yang bisa dikatakan sebagai otak yang mengatur aktifitas laptop atau PC. Komponen ini dikenal dengan istilah processor atau mikro procssor. Processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer atau laptop.

Urutan Processor Intel dari Terendah Sampai Tertinggi
Urutan Processor Intel dari Terendah Sampai Tertinggi

Mengapa? Karena fungsi dari processor adalah untuk mengolah data dan informasi. Selain itu, processor juga bisa dikatakan sebagai penerjemah data yang di input dan data output pada komputer.

Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan kemajuan teknologi, maka processor komputer atau laptop pun ikut mengalami perubahan dan kemajuan. Tidak heran jika telah banyak inovasi processor yang telah dihasilkan.

Selain itu, processor pun semakin mengalami perkembangan dan semakn canggih mengikuti kebutuhan teknologi di era yang serba digital seperti sekarang. Tidak heran jika banyak perusahaan teknologi yang mulai bersaing dalam menonjolkan keunggulan dari produk yang mereka hasilkan. Beberapa perusahaan processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan lain sebagianya.

Bahkan perusaaan processor yang memiliki banyak penggemar dan yang paling terkenal adalah intel. Bagiamana tidak, Processor Intel dikenal sebagai salah satu pioner dalam dunia teknologi dunia. Jika Kamu perhatikan, sebagian laptop yang Kamu gunakan menggunakan teknologi processor dari intel.

Processor intel banyak dikenal dengan sebutan intel atom atau intel core. Intel core semakin mengalami perkembangan.

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kapan intel core yang tertanam dalam laptop atau komputer mu dibuat? Ada beberapa jenis dari processor intel, mulai dari Pentium, Intel Core, Intel Xeon, Celeron, Intel Quark, Intel Atom dan Itanium. Bahkan saat ini jenis processor intel yang paling tinggi adalah intel core i7 ectreme dan intel core M.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui urutan processor intel dari yang terendah sampi yang tertinggi, berikut adalah urutan daftar jenis processor intel. Seri processor intel terbagi ke dalam tiga periode, yaitu periode 1980-1990, periode tahun 2000-an dan terakhir periode tahun 2010-an sampai sekarang.

Urutan Processor Intel dari Terendah Sampai Tertinggi beserta Tingkatannya

1.    Intel Processor Periode tahun 1980 sampai dengan tahun 1990

-    Processor seri MCS4
-    Processor 8 bit i8008
-    Processor 8085
-    8086-8088 Micoprocessor
-    286 Micoprocessor
-    Intel 386 Micoprocessor
-    Intel 486 DX CPU Micro processor
-    Intel Pentium Processor
-    Intel Pentium Pro Processor
-    Intel Pentium II Processor
-    Intel Pentium II Xeon Processor
-    Intel Celeron Processor
-    Intel Pentium III Processor
-    Intel Pentium III Xeon Processor

2.    Intel Processor Periode tahun 2000-an

-    Intel Pentium $ Processor
-    Intel Xeon Processor
-    Intel Itanium Processor
-    Intel Itanium 2 Processor
-    Intel pentium M Processor
-    Intel Pentium M 735/745/755 Processor
-    Intel E7520/E7320 Chipsets
-    Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73 Ghz
-    Intel Pentium D 820/830/840
-    Intel Dual Core
-    Inte Core 2 Duo
-    Intel Core 2 Quad Q6600

3.    Intel Processor periode tahun 2010 sampai sekarang dan yang terbaru yang akan menggantikan intel i7

-    Intel Core i5 vPro Processor
-    Intel Core i5 vPro Processor
-    Intel Core i7 vPro Processor
-    Intel Core i7 vPro Processor
-    Intel Core i3 Processor
-    Intel Core i5 Processor
-    Intel core i7 Processor
-    Intel Core i7 Processor extreme edition
-    Intel core i9 processor X-series
-    Intel Core i9 Processor Extreme

Selain itu, ada beberapa jenis processor yang diproduksi oleh perusahaan intel yang digunakan untuk laptop dan komputer.

Jenis-jenis Processor Intel

1.    Intel Core
-    Intel Core M
-    Intel Core i7 Extreme
-    Intel Core i7 Generasi ke-7
-    Intel Core i5 Generasi ke-7
-    Intel Core i3Generasi ke-7
-    Intel Core vPro Generasi ke-6

2.    Intel Xeon

-    Rangkaian Intel Xon E7
-    Rangkaian Intel Xon E5
-    Rangkaian Intel Xon E3
-    Intel Xeon Phi
-    Intel Xeon D

3.    Intel Atom

4.    Pentium

5.    Celeron

6.    Itanium

Dari beberapa jenis dari processor intel, tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing bagi para penggunanya. Begitu pun dengan harga, biasanya semakin tinggi tingkatan processor yang digunakan semakin tinggi atau semakin mahal harga yang ditawarkan.

Hal pertama dan utama yang menjadi tolak ukur seseorang dalam membeli laptop adalah kecepatannya. Laptop yang lemot tentunya akan membuat jenuh para penggunanya.

Maka sebelum kamu membeli komputer atau laptop, sebaikya kamu memperhatikan dan memahami akan pentingnya sebuah processor yang tertanam dalam komputer atau laptop yang akan Kamu beli.

Saat ini memang tingkatan processor intel yang paling tinggi adalah intel core i7. Namun akan ada processor yang lebih tinggi yang akan menggantikan intel core i7 yaitu intel core i9. Saat ini memang intel core i9 belum ada karena baru akan dirilis.

Karena merupakan series terbaru, maka tidak heran jika masih banyak yang belum tahu tentang keunggulan dari intel core i9. Intel core i9 memiliki socket paling baru yatiu bernama LGA 2066, chipset nya adalah X299, untuk dapat menggunakannya, kamu perlu mengganti dengan motherboard yang kompatible.

Selain itu, intel core i9 memiliki jumlah core yang lebih banyak yaitu sekitar 18 core. Sudah dapat dibayangkan kecepatan dari yang dimiliki oleh intel core i9.

Nah itulah jenis-jenis dan urutan generasi processor Intel dari yang terendah hingga yang tertinggi. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu bisa terbantu untuk memahami berbagai model dan versi dari processor Intel.

1 komentar:

wah ternyata banyak juga ya jenis urutan processor intel itu, kirain mulai intel pentium 1 doang

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top