Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Sabtu, 09 Desember 2017

Tips Membeli Garskin/Sticker Laptop dan Cara Memasangnya

Garskin merupakan istilah lain dari sticker laptop. Banyak pengguna laptop yang menggunakan garskin untuk mempercantik notebook atau laptop kesayangannya. Dengan hal ini, mereka akan lebih percaya diri ketika menggunakan laptop di tempat-tempat publik seperti café, restoran atau kampus.

Selain itu, garskin juga bisa menjadi pembeda dengan laptop lainnya dan bisa menjaga laptop dari goresan.

Tips Membeli Garskin/Sticker Laptop dan Cara Memasangnya

Akan tetapi tidak semua orang menyukai garskin atau sticker laptop ini, sebagian ada yang tetap memilih untuk biasa-biasa saja. Intinya sih, sesuai selera kamu saja. Kalau ingin pakai ya beli, kalau tidak ya jangan beli.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membeli garskin dan memasangnya pada laptop, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan…

1. Ukuran

Hal yang pertama kali diperhatikan saat membeli garskin adalah ukurannya. Masing-masing laptop tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung dari model laptopnya. Kamu harus memprioritaskan hal ini sebelum memutuskan untuk membeli, jangan sampai garskinnya tidak pas dipasang pada laptop. Entah itu terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Bahan

Bahan akan sangat menentukan hasil saat garskin dipasang. Semakin bagus kualitas bahannya, maka semakin bagus pula untuk dipandang. Dari sini, kamu bisa melihat apakah laptopnya semakin cantik atau malah menjadi jelek. Karenanya, kamu harus mempertimbangkan bahan dengan sebaik-baiknya.

3. Desain
Kamu membeli garskin pasti memiliki niat untuk memperindah laptop. Kalau kamu suka desainnya, otomatis kamu akan semakin suka sama laptopmu itu. Untuk masalah ini, kamu tentu bisa memilihnya sesuai selera.

4. Lem Perekat

Pilihlah garskin yang tidak mudah mengelupas akan tetapi tidak melekat terlalu kuat. Hal ini bisa menjadi pertimbangan saat kamu ingin melepas garskin atau menggantinya dengan yang baru sehingga tidak mengalami kesulitan saat melepasnya.

Garskin atau stiker laptop ini bisa kamu beli di toko aksesoris komputer dengan beraneka ragam desain, baik itu logo, pemandangan, dekoratif, abstrak, motif polos, bahkan batik.

Selain menerima sticker yang sudah jadi, beberapa toko juga menerima pemasangan stiker polos aneka warna, harganya variatif antara 25 ribu – 50 ribu rupiah (biasa) dan yang lebih bagus berkisar 60 ribu – 80 ribu rupiah.

Ada juga pilihan untuk pemasangan stiker polos biasa dengan bahan yang cukup mahal seperti 3m, karbon dan lain sebagainya. Harga pemasangannya tentu relatif lebih mahal yaitu sekitar 140 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Dengan adanya berbagai pilihan, kamu bisa menggantinya dengan motif atau gambar apapun pada cover laptop. Kamu juga tidak akan cepat bosan karena tampilan laptopmu sudah berubah, “gak gitu-gitu aja”.

Nah, kalau kamu ingin lebih hemat, kamu sebenarnya bisa mencoba memasang sendiri. Lumayan, kamu bisa hemat biaya sekitar 20-50 ribu untuk pemasangan nya. Cara memasangnya juga sebenarnya cukup mudah, namun bagi yang belum paham biasanya tidak bagus.

Mungkin ada beberapa bagian yang tidak rapi, menggelembung dan lipatan. Ini tentu malah membuat laptop mu terkesan jelek dari sebelumnya Maka dari itu, simak cara memasang garskin berikut ini:
  1. Beli sticker sesuai dengan seleramu. Cara lengkapnya sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Silahkan dipraktikkan.
  2. Bersihkan cover laptop sampai bersih, jangan ada kotoran atau debu yang menempel. Jika ada kotoran yang membandel, kamu bisa mengusapkankan kain yang sudah dibasahi cairan pembersih atau minyak kayu putih.
  3. Setelah itu, lepaskan lapisan dasar pada garskin dengan hati-hati. Tempelkan garskin tersebut pada cover laptopmu secara perlahan dan gunakanlah penggaris agar hasilnya lebih rapi dan rata. Jika kamu masih takut miring saat menempelnya, semprotkan sedikit air sampo/sabun pada cover laptop sebelum ditempel. Sedikit saja, jangan terlalu banyak.
  4. Air tersebut bisa digunakan untuk menggeser garskin apabila posisinya kurang pas dan tidak menceng. Kalau kamu lebih memilih tidak menggunakan air sampo, maka kamu harus mengangkatnya kembali baru direkatkan kembali hingga posisinya sesuai. Akan tetapi, garskin bisa saja rusak dan lem jadi kurang rekat pada laptop.
  5. Selanjutnya, gunakan hairdryer dan arahkan di pinggiran garskin sekaligus diusap-usap dengan tangan. Hal ini bisa membuat sticker lebih rekat dan bisa mengikuti lekuk pada cover laptop. Kalau kamu belum punya hairdryer, kamu bisa menggunakan korek api sebagai alternatif. Namun ingat, jangan terlalu lama dipanaskannya agar garskin tidak rusak atau meleleh karena terbakar.
Sampai langkah ini, garskin atau sticker sudah bisa terpasang dengan baik di laptopmu. Dengan begitu, pembahasan kita kali ini sudah berakhir.

Beberapa penjelasan mengenai tips membeli garskin/stiker laptop dan memasangnya sudah kami jelaskan step by step. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu mu untuk memilih garskin yang bagus dan berkualitas.

Oke, selamat mencoba!

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top