Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Minggu, 10 Desember 2017

Harga, Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad L412

Harga dan Spesifikasi Laptop/notebook Lenovo ThinPad L412 - Berbicara tentang varian Lenovo memang sangat menarik untuk kita bahas. Hal ini dikarenakan varian Lenovo memiliki model laptop (series) yang cukup banyak.

Semua series nya juga bisa dikatakan bisa memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Salah satu yang akan kita bahas kali adalah laptop Lenovo Thinkpad L412, cocok sekali digunakan untuk bisnis dan anak sekolahan.

Harga, Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad L412
Review Lenovo Thinkpad L412 - source image: zdnet.com
Laptop Lenovo Thinkpad L412 merupakan laptop yang cukup diminati masyarakat karena fiturnya bagus dan cocok untuk digunakan berbagai keperluan. Laptop ini sebenarnya sudah memiliki yang cukup bagus, harga laptop nya juga termasuk mudah di jangkau.

Spesifikasi laptop ini dibekali dengan  perangkat yang cukup gahar di kelasnya, prosesor yang disematkan sudah menggunakan Intel Core i3 seri 370M dan Intel Core i5-520M. Dengan kecepatan 2,4 GHz, prosesor ini bisa melahap beberapa game dan aplikasi yang mungkin cukup berat.

Dilihat dari segi tampilan, notebook ini memang tidak berbeda jauh dari seri lenovo Thinkpad lainnya. Yang menjadi pembeda dari seri ini adalah adanya tombol sebelah kiri untuk mengaktifkan/mematikan suara dan volume secara langsung.

Bentuknya di desain kotak persegi panjang agar lebih menarik dan mudah digunakan. Selanjutnya, pada bagian kanan tersedia lampu indikator yang menunjukkan kondisi WiFi, internet access, dan indikator CapsLock.

Keren nya lagi, pihak lenovo menambahkan tombol akses langsung ke ThinkVantage untuk memantau sistem. Akan tetapi, kamu perlu upgrade terlebih dahulu untuk mendapat aplikasi ThinkVintage yang baru. Namun sepertinya, thinkpad sudah otomatis, mau update atau tidak.

Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad L412

  • Layar dan Resolusi
Bila dibandingkan dari segi ukuran, laptop ini sedikit lebih panjang dan lebar dibanding seri Thinkpad X220. Lenovo Thinkpad L412 sudah mengusung layar dengan ukuran 14 inch tipe LED. Untuk reslosinya sendiri, notebook ini bisa mendukung sampai dengan 1366 x 768 pixel. Ketajaman dan warna dari layar juga sudah HD, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Hasil matte-nya mempunyai refleksi terbatas dan sudut pandang cukup luas untuk 3 orang yang duduk berdampingan. Untuk hasil gambar dan game bisa terlihat dengan bagus, namun untuk video hanya biasa-biasa saja. Mata bisa menjadi lebih nyaman dan aman meski warna yang ditampilkan layar cukup tajam.
  • Dimensi dan Desain
Sementara itu, ukuran dimensi notebook ini memiliki panjang sekitar 36 cm dan lebar 34,4. Dengan ukuran yang cukup standart, notebook Lenovo thinkpad L412 memiliki bobot yang tidak terlalu berat yaitu hanya 2,37 Kg saja. Keboardnya juga empuk seperti lenovo Thinkpad lainnya, akan tetapi masih di style “bevel key”.
  • Performa dan Penyimpanan Lenovo Thinkpad L412
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, notebook yang satu ini sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3-370M dan ada juga yang Intel Core i5-520M dengan memori RAM sebesar 2GB tipe DDR3. Selain itu, grafis laptop ini juga sudah dilengkapi dengan GPU dari Intel HD Graphics.

Dengan begitu, notebook ini bisa memberikan kecepatan sampai 2,4 GHz dan bisa dengan mudah untuk membuka beberapa game standar. Menggunakan beberapa aplikasi berat atau bermain game 3D sepertinya kurang mulus dijalankan menggunakan laptop ini. 

Untuk lebih memudahkan dalam penggunaannya, pihak Lenovo juga sudah langsung dibekali sistem operasi Windows 7 Professional NAL (National Academic License). Sehubungan dengan itu, media penyimpanan pada notebook ini menggunakan harddisk tipe HDD (Hard Disk Drive) yang masih terbilang standart dengan kapasitas 320GB saja.

Selain itu, fitur lain dari laptop ini yaitu sudah dilengkapi dengan DVD-RW, Web Camera depan, Realtek Gigabit Ethernet, dan Intel Integrated GMA
  • Baterai dan Konektivitas
Baterai pada notebook ini memiliki 6 cell dengan model Li-Ion yang umumnya bisa bertahan lebih dari 3 jam saat pemakaian normal. Hal ini tentu bisa memudahkanmu jika hendak keluar ruangan, karena tidak perlu sering isi daya baterai. Namun tentu saja, kamu harus merawat baterainya agar lebih awet dalam pemakaian jangka panjang.

Untuk konektivitasnya sendiri, notebook ini sudah mendukung jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Ini tentu bisa memudahkan pengguna untuk berhubungan dengan akses koneksi yang berada di sekitarnya.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi teknis dari lenovo Thinpad L412:

Prosesor............................... Intel Core i3-330M; Intel Core i5-520M
Memori................................ DDR3 2     GB (maksimal 8 GB)
Layar.................................... 14 inch HD, LED backlit
Grafis................................... Intel HD Graphics
Ruang Penyimpanan............ HDD 160 GB/250 GB/320 GB
Port......................................  Audio combo, 3x USB 2.0, Kensington lock, VGA, card reader, DisplayPort, RJ-45,  Express Card
Output.................................. 3.5 MM jack, USB
Konektivitas......................... Wireless 802.11 b/g/n, Gigabit Ethernet , Bluetooth 2.1
Baterai.................................. Li-ion, 6-cell
Dimensi (L x W x H)........... 3.6 x 34.4 x 23.3 cm
Berat..................................... 2,37 kg
Sistem Operasi...................... Windows 7

Isi 1 Paket Pembelian

  • Lenovo Thinkpad l412
  • Charger
  • Baterai
  • Manual Book
  • Kartu garansi (biasanya 1 tahungaransi spare-part dan service)

Harga Lenovo Thinkpad L412

Harga lenovo thinkpad L412 ini sebenarnya cukup terjangkau untuk dibeli. Saat pertama kali diluncurkan dipasaran, laptop ini di banderol dengan harga mulai 768 euro. Untuk saat ini, kamu bisa membelinya dengan rentang harga antara 3-6 juta rupiah.

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai harga, spesifikasi dan review lenovo thinkpad L412. Untuk bermain game atau membuka aplikasi yang berat, laptop ini mungkin agak sedikit kendala. Namun, untuk browsing, mengetik, manage data excel, menonton video atau mendengarkan tentu saja lancar. Semuanya aman terkendali!

Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa mencari yang bekas atau yang baru. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top