Golepi

Situs yang Membahas Serba-serbi Teknologi | Laptop, Komputer, Smartphone, Harga, Review, Tips, dan Tutorial

Selasa, 12 Desember 2017

√ Cara Mengatur Cahaya Laptop (Brightness) Windows 7,8 dan 10

Cara mengatur cahaya laptop atau brightness pada windows 7, 8 atau 10 sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menekan kombinasi tombol atau mencari pengaturannya secara manual di control panel. Namun, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui cara mengaturnya.

Cara Mengatur Cahaya Laptop

Seperti yang kita ketahui, mengatur tingkat kecerahan pada layar laptop tentu saja membuat kita lebih nyaman saat berada di depan laptop. Kondisi mata kita tentu akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kecerahan pada laptop yang kita gunakan.

Misalnya saat kondisi gelap, maka redupkanlah layar agar cahayanya tidak terlalu silau. Sedangkan apabila kita di luar ruangan dan kondisi sekitar sangat terang, biasanya tampilan layar menjadi lebih gelap dan tidak jelas untuk dilihat. Karenanya, kita perlu mengatur layar menjadi lebih terang agar tingkat kecerahannya seimbang dengan kondisi sekitar.

Seandainya kita memaksakan untuk menggunakan layar yang terlalu cerah di dalam ruangan gelap, maka mata kita cenderung akan cepat perih dan sakit. Terlebih, jika kita berada di depan laptop terlalu lama itu bisa membuat mata kita menjadi mudah rusak.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya merawat mata kita dengan cara mengatur kecerahan layar. Bagaimana caranya? Simaklah beberapa langkah praktis berikut ini…

Cara Mengatur Kecerahan Layar dengan Tombol Keyboard

Perlu kamu perhatikan, setiap model laptop dan sistem operasi tentu memiliki sedikit perbedaan dalam pengaturannya. Pada laptop saat ini, banyak yang sudah mendukung pengunaan kombinasi tombol. Kamu bisa dengan mudah mengatur kecerahan layar dengan cara ini. Carilah tombol yang memiliki icon seperti matahari (brightness/kecerahan) dan tombol Fn.

Untuk tombol Fn sendiri biasanya terletak di bagian kiri bawah keyboard sedangkan tombol cahaya berada pada tombol arah kiri-kanan-atas-bawah. Kalau laptop saya (Lenovo), cara meredupkan bisa menekan  Fn + Bottom Arrow dan menerangkan layar dengan menekan tombol Fn + Top Arrow.

Mungkin saja tidak semua laptop menggunakan tombol Fn, seperti halnya HP Chromebook yang hanya menggunakan tombol khusus untuk pengaturan cahaya.

Cara Mengatur Cahaya Laptop atau Brightness pada Windows 7

Mengatur brightness pada Windows 7 sebenarnya sangat mudah, kamu cukup mencoba langkah berikut:

1. Klik menu start, lalu ketikkan “adjust screen brightness” pada kolom pencarian. Jika sudah muncul, langsung klik saja.

2. Akan tampil jendela baru, setelah itu geser ke kiri atau ke kanan slider pada settingan screen brightness.

3. Kamu bisa menyesuaikan apakah ingin tambah cerah atau gelap, kalau arahnya ke kiri biasanya akan meredup dan ke kanan tambah terang.

Cara Mengatur Cahaya Laptop di Windows 8 dan 8.1

Hampir mirip dengan Windows 7, cara ini mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur cahaya laptop:

1. Tekan Windows key + C pada keyboard laptop secara bersamaan untuk membuka Charms Bar.

2. Setelah itu, klik setting > pilih tombol brightness.

3. Tarik slider ke atas dan ke bawah untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar laptopmu. Kamu bisa menggunakan mouse secara langsung atau dengan tombol arah panah.

Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop pada Windows 10

Sebenarnya, pada Windows 10 ada beberapa cara untuk mengatur kecerahan layar. Metode ini bisa menggunakan taskbar icon baterai, mobility center dan menggunakan control panel. Mari kita bahas satu per satu.

Menggunakan Taskbar Icon Baterai

Kalau driver OS Windows-nya sudah terpasang semua, seharusnya sudah ada icon baterai pada taskbar. Jika belum, maka ada yang salah pada OS Windows 10 kamu. Nah, bagi yang sudah ada coba ikuti langkah simpel berikut.

1. Klik icon baterai pada taskbar.

2. Pada jendela yang muncul, klik saja logo yang ada simbol cahaya. Fungsi dari icon itu untuk memudahkan pengguna dalam mengatur kecerahan layar. Jadi, setiap kamu klik bagian itu, insensitas cahaya pada layar akan bertambah dan berkurang dengan kisaran 25%.

Mengatur Cahaya Layar dengan Windows Mobility Center

1. Biar lebih cepat, bukalah Mobility Center dengan menekan Windows Key + X secara bersamaan.

2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, klik mobility center atau tekan tombol B pada keyboard.

3. Pada jendela yang muncul, aturlah kecerahan layar pada bagian display brightness. Jika sudah selesai, kamu bisa close jendela tersebut.

Setting Cahaya Laptop dengan Control Panel

1. Buka control panel.
2. Pilih Appearance and Personalization > Display > Adjust brightness.

3. Setelah itu, geser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur pencahayaan.

Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop pada MacOS X

Tutorial kali ini bukan hanya membahas sistem operasi Windows saja, MacOS pun akan sedikit saya singgung. Ini dia beberapa cara mengatur cahaya laptop pada MacOS X.
  1. Dari menu Apple, pilih System Preferences.
  2. Setelah jendela terbuka, klik Displays.
  3. Seperti biasa, gunakan slider untuk mengatur kecerahan layar laptop. Apabila kamu ingin mengatur secara otomatis sesuai insensitas cahaya di sekitar, kamu bisa ceklist kotak yang menunjukkan keterangan “automatically adjust brightness

Setelah mengatur tingkat kecerahan dengan cara-cara di atas, sudah seharusnya layar laptopmu berubah secara otomatis.

Apabila cahaya laptopnya tidak berubah sama sekali, maka cobalah untuk mengecek kondisi driver pada laptop. Bila driver didiamkan saja begitu, mungkin akan menimbulkan problem lain seperti layar blank putih ketika dinyalakan.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai cara mengatur cahaya laptop. Semoga metode ini bisa membantu mu untuk mengatasi permasalahan yang selama ini belum kamu ketahui. See you next time guys!

3 komentar

Silakan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

 
Back To Top